Sukses


6 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Senam irama merupakan satu di antara jenis olahraga yang menggunakan irama atau latar lagu dalam setiap gerakannya. Setiap gerakannya sudah didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan tertata rapi.

Senam irama cukup populer di kalangan banyak orang. Bahkan sudah jadi aktivitas rutin yang dilakukan setiap minggu di sekolah-sekolah, kantor, hingga rumah sakit.

Senam irama digagas oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18. Kemudian, Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau mengembangkan gerakan ini hingga jadilah senam irama yang kita kenal sekarang.

Gerakan senam irama terdiri dari pemanasan, inti, dan pendinginan. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi, keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama.

Senam irama juga bisa dilakukan dengan alat lainnya, seperti ganda, simpai, tongkat, bola, dan topi, serta bisa juga dilakukan tanpa menggunakan alat.

Jenis senam ini memiliki kelebihan tersendiri karena di samping berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, kita bisa bisa mengekspresikan diri, yang baik baik untuk mental maupun fisik.

Berikut manfaat yang didapat ketika kamu melakukan senam irama, seperti dirangkum dari Dokter Sehat, Sehat Q, dan Hello Sehat, Kamis (9/7/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan

1. Membakar lemak dan kalori

Sama seperti senam pada umumnya, manfaat yang ada pada senam irama bisa membantu membakar kalori dan lemak yang berlebih. Di setiap gerakannya membutuhkan keluwesan, keseimbangan fisik, serta kelincahan para pesenam supaya sesuai dengan irama lagu yang mengirinya.

Ketika melakukan senam irama, fisik selalu bergerak dan hampir tidak terputus dari gerakan senam satu ke gerakan senam lainnya.

2. Menguatkan Otot

Senam irama mampu menguatkan jaringan otot pada tubuh. Melakukan senam irama, secara otomatis mampu membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat.

Ketika otot menjadi lentur dan kuat, mampu meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan

3. Mengoptimalkan fungsi otak

Senam irama bisa mengoptimalkan dan merawat fungsi otak. Gerakannya yang diiringi dengan alunan lagu diklaim efektif menurunkan kadar hormon epineprin dan kortisol.

Kedua hormon ini adalah penyebab pemicu timbulnya stres untuk kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin. Selain itu, kamu dapat terhindar dari penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

4. Mengatasi stres

Stres adalah kondisi alamiah, namun bisa menimbulkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh. Stres tidak bisa dihindari dan semua orang pasti pernah mengalaminya.

Penyebab stres cukup beragam, entah karena urusan pekerjaan, keluarga, asmara, dan sebagainya. Jika kamu mengalami stres berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan.

Melakukan senam irama bisa menjadi opsi pilihan mengatasi stres. Ketika melakukannya, kamu akan mendapatkan suasana riang dan penuh energi yang dihasilkan dari kegiatan senam irama sehingga stres yang dialami mereda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan

5. Menyehatkan kerja jantung

Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Ada kalanya lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh.

Sebaliknya, saat musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakan senamnya seimbang antara pelan dan cepat.

Pasalnya, jantung akan memompa darah lebih cepat jika gerakan senam lincah, dan sebaliknya. Itulah mengapa, biasanya orang yang melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial akan memiliki kesehatan jantung yang baik.

6. Menyehatkan tulang

Ketika melakukan senam irama, secara langsung akan melatih kekuatan dan kesehatan tulang. Memiliki tulang yang kuat dan sehat berguna untuk menopang beban beratmu dalam menjalani aktivitas harian.

Jika kamu memiliki masalah pada tulang, kemungkinan di masa yang akan dirimu mendapatkan sejumlah masalah kesehatan.

Saat melakukan gerakan senam irama, kamu dapat terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

 

Sumber:  Dokter Sehat, Sehat Q, Hello Sehat

Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Liontin Evangelina Setiawan Soal Tren dan Tips Aman Bersepeda

Video Populer

Foto Populer