Sukses


10 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan: Cocok untuk Diet dan Mengatasi Stres

Bola.com, Jakarta - Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan daun mint. Daun Mint biasanya sering dijumpai sebagai bahan campuran pasta gigi, obat kumur, permen, dan aromaterapi.

Daun mint memiliki rasa pedas yang khas dan aroma yang menyegarkan. Di balik sensasi rasanya yang dingin dan menyegarkan, daun mint memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. 

Daun mint merupakan satu di antara herbal populer yang banyak diminati. Daun mint termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh.

Tanaman ini kali pertama ditemukan di Eropa dan mulai tersebar ke Jepang sekitar tahun 1870. Menurut sebuah penelitian, kandungan daun mint yang utama adalah mentol (Mentha piperita L), metil asetat, dan menthone.

Dalam dunia kedokteran, mentol sering digunakan sebagai obat penenang dan antispasmodic, kandungan yang terdapat dalam obat batuk.

Daun mint juga merupakan satu di antara tanaman sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, daun mint sangat kaya akan antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Daun mint kaya kandungan minyak mentol dan asiri, flavonoida, saponin, dan polifenol.

Daun mint juga mengandung fitonutrien, klorofil, vitamin C, kalsium, besi, fosfor, potassium dan serat.

Berikut sederet manfaat daun mint untuk kesehatan yang sayang dilewatkan, dirangkum dari Alodokter dan Healthline, Senin (24/8/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

1. Cocok untuk diet

Daun mint memiliki kandungan kadar kalori yang rendah dan kaya akan serat. Kandungan serat yang ada di daun mint dapat membantu merancang enzim pencernaan.

Hal ini berguna sebagai pelarut lemak dan dapat menyediakan nutrisi secukupnya bagi tubuh. Agar program diet Anda lebih lancar, minum olahan teh mint sehari dua kali, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

2. Mengatasi sakit kepala

Manfaat kedua dari daun mint, yakni bisa mengatasi sakit kepala. Sakit kepala disebabkan oleh otot-otot kepala yang tegang sehingga neuron tertarik dan menyebabkan sakit yang tidak tertahan.

Penyakit ini biasanya muncul ketika kita sedang merasa stres atau letih. Sebuah penelitian di Kanada menyatakan penggunaan aroma dari daun mint bisa menjadi solusi.

Kandungan daun mint serta aromanya yang terapeutik dapat melancarkan aliran darah ke otak dan melemaskan otot yang tegang.

3. Menjaga kesehatan gigi

Mungkin Anda tak asing ketika menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang memiliki rasa mint. Daun mint dapat memberikan efek segar pada mulut dan pernapasan.

Selain itu, pasta gigi dan obat kumur yang terdapat kandungan daun mint bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menempel di gigi, gusi, dan dinding mulut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

4. Kaya akan antioksidan

Daun mint memiliki kandungan antioksida yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif, yang merupakan kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Daun mint juga mengandung alkohol perillyl yang dianggap mampu menghentikan pembentukan atau penyebaran kanker. Antoksidan lain, seperti asam rosmarinic yang ada di daun mint mampu membantu mencegah dan mengobati alergi tertentu.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat selanjutnya dari daun mint adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Daun mint bertindak sebagai karminatif yang bisa membantu mengurangi perut bergas dan gejala-gejala gangguan saluran pencernaan lain.

6. Pereda nyeri

Daun mint adalah obat alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pereda nyeri alami. Penggunaan ekstrak daun mint terbukti bisa sebagai obat luar untuk meningkatkan ambang batas nyeri pada manusia.

Mengonsumsi olahan daun mint, seperti teh, terbukti efektif sebagai pereda nyeri dengan efek seperti aspirin.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

7. Menjaga kesehatan rambut

Daun mint populer digunakan sebagai perawatan rambut, khususnya untuk mengatasi ketombe dan gatal rambut.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan merendam daun mint dalam air dan diamkan selama seminggu. Setelah itu gunakan sebagai kondisioner setelah keramas.

8. Menjauhkan rasa stres

Selain mengatasi sakit kepala, daun mint dapat menghilangkan stres. Mengonsumsi atau mengoleskan minyak ekstrak daun mint pada area di samping mata dapat memberikan efek relaksasi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

9. Meredakan gejala demam

Daun mint diketahui memiliki kandungan mentol. Kandungan ini sangat efektif untuk memperlancar saluran pernapasan dan pencernaan sehingga gejala demam akan mereda.

10. Membantu mengatasi asma

Bagi Anda yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma, tak perlu khawatir. Daun mint dipercaya bisa mengatasi gangguan pernapasan ini.

Asma merupakan gangguan pernapasan yang sangat mengganggu. Kandungan mentol pada daun mint akan membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung antiinflamasi.

Selain itu, antibakteri yang ada berperan mengobati infeksi akibat serangan bakteri pada saluran pernapasan. Semua kandungan tersebut yang membuat daun mint berguna bagi pengidap asma karena mampu melonggarkan saluran pernapasan dan bisa mengatasi hidung tersumbat akibat flu.

 

Sumber: Alodokter, Healthline

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer