Sukses


10 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, Superfood Penjaga Jantung dan Mata

Bola.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, buah plum masih dianggap kurang familier di Indonesia. Hal itu dikarenakan plum masih berstatus impor. Namun, kini plum sudah lebih 'merakyat' sehingga bisa dikonsumsi semua kalangan.

Dengan begitu, makin banyak yang bisa menikmati manfaat plum, khususnya bagi kesehatan.

Plum atau dalam bahasa Indonesia bernama 'prem', termasuk keluarga Rosaceae, yang terdiri dari buah persik, aprikot, dan nectarine. 

Pohon buah satu ini memang jarang dijumpai di Indonesia, namun tetap bisa dibudidayakan di iklim tropis, selama tidak di daerah yang cukup kering.

Buah plum bisa dinikmati setelah matang. Buah ini juga bisa dikeringkan dan menjadi satu di antara camilan sehat.

Buah plum berukuran sedang, dengan bentuk bundar hingga agak oval. Rasanya manis, asam, dan berair dengan biji di dalamnya. Kulit buah plum bermacam-macam, ada yang hitam, keunguan, kemerahan, hingga kuning cerah.

Ada beberapa jenis buah plum, seperti plum mirabelle, damson, victoria, yellowgage.

Buah plum memiliki manfaat kesehatan berkat kandungan zat dan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, Vitamin C dan K, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, mangan,  seng, dan kaya serat serta antioksidan.

Banyaknya kandungan bermanfaat dalam plum membuat buah ini masuk daftar superfood atau makan super yang layak dikonsumsi secara rutin dengan cara tepat.

Berikut ini penjelasan perihal Manfaat Buah plum bagi kesehatan, disadur dari Liputan6, Senin (21/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Buah plum berpengaruh dalam penurunan kolesterol. Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut. Bukti medis selama ini melaporkan asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol.

Asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran.

Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat plum, hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar. Serat larut juga bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah plum bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk mencegah sembelit. Buah plum terkenal dengan kandungan serat alami yang sangat tinggi.

Kandungan serat dalam buah plum ini bermanfaat untuk memadatkan feses dan melancarkan proses pembuangannya. Hal ini dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir.

Sementara itu, serat tidak larut pada plum bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar sehingga membantu melestarikan populasinya.

Hal ini dapat menjadi bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya. Bakteri ramah tersebut juga memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

3. Menjaga kesehatan jantung

Buah plum memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung. Plum adalah sumber kalium baik, yang dapat membantu berbagai fungsi tubuh vital. Mineral tersebut membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke.

Rutin mengonsumsi plum dapat membantu mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh. Terlebih lagi, zat pewarna alami buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

4. Menjaga kesehatan mata

Buah plum berpengaruh terhadap mata. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A dan Beta Karoten yang dibutuhkan mata. Buah plum segar mengandung vitamin A yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5%. Jadi, Anda dapat mengonsumsi buah plum ini secara rutin untuk menjaga kesehatan mata.

5. Menjaga kadar gula darah  

Manfaat buah plum selanjutnya adalah untuk menjaga kadar gula darah. Meski tinggi karbohidrat, mengonsumsi buah plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berlebihan.

Hal ini karena buah plum mampu meningkatkan kadar adinopektin, yaitu hormon yang berperan untuk mengatur kadar gula darah. Serat alami di buah plum juga berperan untuk menghambat penyerapan karbohidrat di dalam usus.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

6. Mencegah anemia

Buah plum dapat mencegah anemia. Hal ini karena plum merupakan sumber zat besi yang hebat dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi.

Anemia terjadi saat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk membuat sel darah merah yang sehat, tubuh membutuhkan cukup asupan zat besi. 250 gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi tubuh.

7. Mencegah osteoporosis

Buah plum juga baik untuk tulang. Hal ini karena kandungan boron di dalamnya bisa memperpanjang daya tahan vitamin D dan estrogen dalam tubuh. Boron juga dapat membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot.

Sedangkan buah plum kering kaya kandungan vitamin K, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat buah plum untuk kesehatan tulang juga termasuk melawan proses hilangnya kepadatan tulang akibat radiasi pada sumsum tulang.

8. Menurunkan berat badan

Manfaat buah plum selanjutnya untuk menurunkan berat badan. Plum kaya akan serat dan indeks glikemiknya rendah. Padatnya serat buah plum, lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, buah plum termasuk buah yang rendah kalori dan mengandung asam lemak tak jenuh. Buah ini juga kaya vitamin C, dan vitamin A. Berkat kandungan ini, buah plum baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

9. Kaya antioksidan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, buah plum mengandung antioksidan yang melimpah. Hal ini tentunya juga memengaruhi manfaat buah plum untuk kesehatan. Plum mengandung fitonutrien unik yang tergolong sebagai fenol, yaitu asam neochlorogenic dan chlorogenic.

Fenol adalah antioksidan yang ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya yang disebut radikal anion superoksida.

Fenol bahkan juga dapat membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel otak dan molekul seperti kolesterol sebagian besar tersusun dari lemak, sehingga penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada lemak.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah plum memiliki manfaat dalam sistem kekebalan tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya sehingga bila dikonsumsi secara rutin, buah plum dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Rizky Mandasari. Published:13/4/2020)

5 Atlet Indonesia di Thomas dan Uber Cup yang Punya Followers Instagram Terbanyak

Video Populer

Foto Populer