Sukses


10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Daun kemangi mungkin lebih dikenal sebagai lalapan yang menambah cita rasa makanan yang disantap. Aroma daunnya yang wangi dan khas, cocok disantap dengan berbagai jenis hidangan.

Namun, sebetulnya, daun kemangi juga punya manfaat lain. Tak hanya dijadikan lalapan, siapa yang sangka, Daun Kemangi ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Tentunya khasiat yang dimiliki daun kemangi ini tidak lepas dari berbagai nutrisi dan kandungan yang dimilikinya.

Di dalam daun kemangi, terdapat kandungan vitamin, protein, dan nutrisi lain yang sangat tinggi. Daun kemangi juga kaya kandungan antioksidan.

Satu di antara khasiat daun kemangi ialah baik untuk kulit wajah, terutama kulit wajah yang berjerawat.

Dilansir Spiceography, citral dan limonene yang terkandung dalam daun kemangi memiliki khasiat antiinflamasi, yang ampuh untuk mengatasi peradangan pada jerawat.

Daun hijau ini akan sangat baik digunakan secara teratur. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Berikut rangkuman manfaat kecantikan yang bisa kita dapatkan dari daun kemangi, dinukil dari Spiceography dan Gyanunlimited, Kamis (19/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

1. Antipenuaan

Sudah diketahui sejak awal, daun kemangi kaya kandungan antioksidan. Kandungan ini berguna dalam menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan efek buruk pada kulit.

Kerusakan radikal bebas pada kulit bisa menjadi penyebab utama penuaan. Daun kemangi bisa menjadi tanaman herbal untuk membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas.

2. Mengatasi jerawat

Daun kemangi memiliki kandungan antibakteri. Kandungan ini dapat menghambat bakteri penyebab jerawat.

Sebuah penelitian menyatakan, daun kemangi yang diolah menjadi minyak yang telah dicampur dengan beberapa bahan, seperti ekstrak jeruk, asam salisilat, dan asam asetat, mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

3. Meringankan penyakit kulit

Daun kemangi sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit. Kandungan antimikroba dan antibakteri yang ada dalam daun kemangi mampu mengatasi masalah ini.

Anda cukup membalurkan daun kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

4. Kulit menjadi bercahaya

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun kemangi dapat membantu menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda harus mengolahnya menjadi masker.

Cukup oleskan daun kemangi yang telah dihaluskan ke area wajah dan leher Anda. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

5. Menjaga kesehatan kulit

Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui jika daun kemangi memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Vitamin C yang ada di dalam daun kemangi dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

6. Menghilangkan noda

Memiliki kulit mulus tanpa noda merupakan impian setiap orang. Tetapi, kenyataan memang tak seindah impian. Anda tak perlu cemas, Anda  bisa memanfaatkan daun kemangi untuk menghilangkan noda di wajah.

Daun kemangi memiliki kandungan antioksidan yang dapat menyamarkan noda pada wajah.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daun kemangi dicampur dengan satu sendok bubuk cendana. Lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. Tunggu 10-15 menit, lalu basuh dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

7. Menyamarkan bekas luka

Anda bisa memanfaatkan daun kemangi jika Anda memiliki bekas luka. Daun kemangi diyakini mampu menyamarkan bekas luka tersebut.

Cukup haluskan beberapa lembar daun kemangi. Lalu tambahkan dengan satu sendok air lemon dan madu, aduk sampai rata. Oleskan ramuan tersebut pada area yang terdapat luka.

8. Mencegah kanker kulit

Daun kemangi diyakini ampuh mencegah kanker kulit. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan seperti citral, limonene, dan vitamin K yang tinggi.

9. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok memang menjadi kondisi yang memprihatinkan. Alih-alih menggunakan produk kimia, Anda dapat memanfaatkan daun kemangi sebagai perawatan rambut alami.

Daun kemangi sangat bagus untuk mencegah rambut rontok karena mengurangi rasa gatal di daerah kulit kepala serta meningkatkan sirkulasi darah di daerah kepala.

10. Mencegah rambut beruban

Penggunaan campuran daun kemangi, bubuk amla, dan minyak kelapa dapat membantu mencegah uban. Sebelum digunakan, ramuan ini  harus direndam semalaman. Gunakan minyak kelapa di dalamnya dan cuci rambut Anda menggunakan campuran tersebut.

 

Sumber:  Spiceography, Gyanunlimited

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer