Sukses


Vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNTech Siap Dilepas ke Publik, Tingkat Efektivitas Mencapai 95 Persen

Bola.com, Jakarta - Kabar terbaru datang dari penelitian vaksin COVID-19 yang dikembangkan perusahaan asal Jerman, BioNTech dan mitranya asal Amerika Serikat, Pfizer. Tingkat efektivitas vaksin sudah mencapai 95 persen dan siap dilepas ke publik dalam waktu dekat.

BioNTech dan Pfizer mengonfirmasi, uji coba fase ketiga yang dilakukan mereka telah rampung. Hasilnya menemukan, vaksin COVID-19 yang dikembangkan lebih efektif dari yang diperkirakan pada penelitian sebelumnya yakni menunjukkan angka 95 persen.

"Hasil studi ini menandai langkah penting dalam perjalanan selama delapan bulan bersejarah ini untuk menghasilkan vaksin yang mampu membantu mengakhiri pandemi ini," kata CEO PFizer, Dr. Albert Bourla, seperti dikutip NBC News, Rabu (18/11/2020).

BioNTech dan Pfizer mengklaim dalam beberapa hari ke depan akan mengajukan izin kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat untuk mengedarkan vaksin COVID-19. Tujuannya adalah untuk penggunaan darurat dan diharapkan bisa memproduksi 50 juta vaksin sampai akhir 2020 mendatang.

"Dengan ratusan ribu orang di seluruh dunia yang terinfeksi setiap hari, kita membutuhkan vaksin yang aman dan efektif untuk dunia," tegas Albert Bourla.

Sejauh ini tidak ada efek samping yang serius dari 41.135 orang dewasa yang menerima dua dosis vaksin BioNTech dan Pfizer. Reaksi yang paling umum dirasakan adalah 3,7 persen dari sukarelawan vaksin mengalami kelelahan dan 2 persen lainnya mengalami sakit kepala.

Meski demikian, para ahli tetap mendesak agar masyarakat untuk tidak terlalu berharap pada vaksin COVID-19 buatan BioNTech dan Pfizer. Hal itu dikarenakan penelitian masih berlanjut dan belum banyak hasil penelitian yang dirilis ke masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer