Sukses


16 Manfaat Mengagumkan Teh Celup untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Teh celup sudah akrab dalam kehidupan sehari-hari. Teh celup hadir untuk menjawab tantangan kepraktisan dalam dunia yang makin modern.

Teh celup ialah teh yang dikemas dalam kantong (kertas saringan) untuk sekali hidangan dengan mencelupkannya dalam air panas di gelas atau cangkir.

Di Indonesia, teh celup tersedia dalam berbagai merek. Ada pula yang telah menyertakan gula di dalamnya sehingga ketika dicelupkan sudah terasa manis tanpa perlu repot-repot menambahnya dengan gula lagi.

Seperti halnya teh pada umumnya, teh celup memiliki berbagai jenis, seperti teh celup melati, teh celup hijau, teh lavender, teh chamomile, dan lain sebagainya.

Teh celup memiliki banyak manfaat, seperti untuk kecantikan. Teh celup yang sudah diseduh kaya vitamin, mineral, antioksidan, antibakteri, kafein, flavonoid, dan tanin.

Kandungan yang dimiliki teh celup baik untuk menjaga kecantikan kulit, mata, dan bibir. Teh celup dengan campuran seperti minyak essensial dan lemon, bisa dijadikan toner, scrub, pelembap, masker, dan untuk mengompres.

Anda penasaran apa saja manfaat teh celup untuk kecantikan?

Berikut ini beberapa manfaat teh celup untuk kecantikan, disadur dari Liputan6, Jumat (15/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

1. Meremajakan Kulit

Teh celup hijau bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan wajah secara alami. Teh ini dapat membuat kulit lebih elastis atau membantu proses peremajaan.

Teh hijau mampu meremajakan kulit, menghilangkan polusi yang menempel, flek hitam, dan mencerahkan kulit, seperti laporan sebuah riset oleh Medical College of Georgia pada 2003.

Cara: Siapkan 2 kantung ampas teh hijau dan keluarkan isinya. Campurkan ampas dengan perasan lemon. Balurkan pada wajah sebagai masker alami. Tunggu sekitar 15 menit. Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

2. Mencerahkan Kulit

Antioksidan yang dimiliki daun teh dalam teh celup dapat membantu meningkatkan cahaya kulit. Untuk bisa merasakan manfaatnya, teh celup bisa dijadikan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

Cara: setelah menggunakan kantong teh, biarkan kantong teh mengering. Potong kantong teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajah dengan lembut dalam gerakan melingkar dengan ujung jari selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.

3. Mencegah Penuaan Dini

Teh celup bekas dapat mencegah penuaan dini. Hal ini masih berkaitan dengan kandungan antioksidan. Antioksidan dalam teh bukan hanya bisa mencerahkan kulit, tetapi juga melawan radikal bebas yang memicu penuaan dini.

Rajin menjadikan teh celup sebagai masker bisa mengurangi munculnya garis atau kerutan wajah. Teh celup ini cocok digunakan bagi yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan. Terkena polusi, radikal bebas, dan cahaya matahari.

4. Menenangkan Kulit

Kantong teh celup seperti chamomile menjadi solusi terbaik jika Anda mengalami iritasi kulit atau peradangan. Membantu menenangkan kulit gatal, kemerahan, dan bercak bersisik pada kulit penyebab iritasi.

Cara: rendam kantong teh chamomile dan oleskan pada area yang terkena dampak setiap hari sampai melihat perubahannya. Jika tidak memiliki kantong teh, bisa menggunakan daun teh chamomile sebagai gantinya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

5. Eksfoliasi Kulit

Antioksidan dalam daun teh membantu meningkatkan cahaya kulit. Untuk bisa merasakan manfaatnya, teh celup dapat dijadikan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

Cara: Potong kantong teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajah dengan lembut dalam gerakan melingkar. Gunakan bagian ujung jari selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.

6. Noda atau Bekas Luka

Daun teh mengandung asam tanat yang membantu menghapus noda dan menyejukkan kulit terbakar. 

Cara: Seduh teh celup dan saring. Biarkan teh menjadi dingin, kemudian celupkan handuk atau kapas ke dalam teh dan oleskan pada daerah yang terkena.

Biarkan selama 30 menit dan kemudian basuh wajah dengan air dingin. Bisa juga dengan langsung mengoleskan kantong teh di wajah. 

7. Toner Alami

Ampas yang ada pada teh celup bisa digunakan sebagai pengganti toner. Ampas teh akan membantu membersihkan kotoran yang menyumbat di pori-pori, mengecilkannya, dan menjaganya agar tetap terhidrasi.

Cara: Seduh teh hijau menggunakan air hangat. Diamkan dalam suhu ruangan hingga dingin. Tambahakan beberapa tetes minyak essensial yang sesuai jenis kulit Anda. Tuang cairan dalam botol spray yang bersih.

Semprotkan larutan pada wajah atau dioleskan menggunakan kapas. Bisa disimpan dalam kulkas supaya lebih tahan lama dan cocok digunakan pada wajah dalam keadaan dingin tersebut.

8. Jerawat

Teh celup dapat membantu menyembuhkan jerawat. Daun teh yang sudah diseduh dalam bentuk halus bisa dijadikan masker wajah. Penggunaannya secara teratur bisa membantu menyembuhkan jerawat.

Teh bersifat mengurangi inflamasi dan anti bakteri sehingga sangat ampuh meredakan pembengkakan atau jerawat meradang. Dengan menerapkan masker teh, akan lebih cepat membersihkan wajah dari jerawat beserta bekasnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

9. Bibir Pecah-Pecah

Teh celup bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan bibir. Satu di antaranya mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Bibir yang pecah-pecah perlu hidrasi secara teratur.

Teh hijau adalah jenis yang paling cocok dijadikan sebagai pelembab alami. 

Cara: Celupkan teh hijau ke dalam air hangat dan oleskan pada bibir. Diamkan selama 5-10 menit, ulangi setidaknya dua kali sehari untuk merawat bibir yang pecah-pecah.

10. Kantong Mata

Kantong mata bisa dihilangkan dengan teh celup. Teh celup yang direkomendasikan adalah teh hijau. Saat diseduh, kantong teh akan melepaskan vitamin dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan warna alami kulit wajah.

Teh mengandung kafein yang mengecilkan pembuluh darah dan mengobati lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh bisa membantu dalam merawatnya.

Cara: Masukkan teh hijau bekas ke kulkas setelah selesai digunakan, lalu biarkan semalaman. Aplikasikan kantong teh ini di atas mata tertutup selama 10-15 menit untuk relaksasi, meredakan stres dan otot mata yang lelah, serta menghilangkan kantung mata.

11. Melembapkan Mata Kering

Mata yang kering sangat butuh dilembapkan. Kelembapan mata bisa didapat dari manfaat teh celup untuk kecantikan. Penerapannya juga sangat mudah dan bisa memakai teh hitam.

Mata kering biasanya terjadi pada orang-orang yang sering melakukan perjalanan. Terutama yang menggunakan kendaraan roda dua atau seharian bekerja di ruangan ber-AC.

12. Mata Panda

Mata panda yang memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata cukup mengganggu penampilan dan memperlihatkan mata tidak sehat. Untuk bisa menghilangkan, teh celup bisa menjadi pilihan.

Lingkaran hitam di sekitar mata biasanya muncul saat seseorang kurang tidur, sering menatap layar, dan kelelahan. Teh hitam atau teh hijau mengandung kafein untuk melancarkan kembali pembuluh darah sekitar mata. Ketika pembuluh darah lancar, lingkaran hitam yang muncul di sekitar mata akan tersamarkan dengan sendirinya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

13. Mata Bengkak

Teh celup memiliki kandungan flavonoid yang dapat memulihkan mata bengkak. Kandungan ini termasuk antioksidan dan tanin yang memiliki efek positif untuk mata bengkak. Selain mata bengkak, teh celup turut membuat area di sekitarnya kencang secara alami.

Pada dasarnya, kafein bisa menyempitkan pembuluh darah dalam jaringan sehingga mengurangi pembengkakan. Tidak hanya teh celup biasa, tetapi teh chamomile bisa dijadikan pilihan. Teh ini akan menenangkan mata yang meradang.

14. Mata Lebam

Lebam, bengkak, atau memar pada mata bisa diobati dengan teh lavender dan teh chamomile. Teh jenis ini membantu meredakan perdarahan dalam serta menenangkan kulit iritasi dan meredakan nyeri.

Cara: kompreskan teh celup pada mata. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

15. Mata Bintitan

Mata bintitan ditandai dengan munculnya benjolan kecil di tepi pelupuk mata. Warnanya merah, terkadang nyeri, dan mengganggu penampilan.

Teh celup seperti varian hitam dan chamomile bisa membantu meredakannya. Sifat antibakteri yang dimilikinya bisa mengempiskan dan meredakan iritasi yang terjadi.

16. Mata Merah

Teh calendula, teh chamomile, dan teh adas memiliki potensi meredakan gejala mata merah. Teh celup jenis ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang mengalir dari mata, sekaligus mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Manfaat teh celup untuk kecantikan mata didapat dari teh hijau. Teh ini memiliki khasiat antimikroba yang bisa menangkal bakteri penyebab iritasi dan kemerahan. 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Tyas Titi Kinapti. Published: 10/12/2020)

Video Populer

Foto Populer