Sukses


Pengertian Nabi dan Rasul, Persamaan serta Perbedaannya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Nabi dan Rasul merupakan manusia pilihan yang diutus Allah SWT untuk mengajarkan agama Islam. Hal tersebut yang membuat umat Islam menjadikan Nabi dan Rasul sebagai sosok yang dijadikan suri teladan.

Semua tingkah laku Nabi dan Rasul pantas dicontoh setiap manusia dalam menjalani kehidupan sehari. Umat Muslim wajib hukumnya meyakini keberadaan Nabi dan Rasul, kendati belum pernah bertemu sekalipun.

Walau hidup jauh di masa lampau, sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslim untuk meneladani sikap dan sifat para Nabi dan Rasul.

Memercayai adanya Nabi dan Rasul merupakan kewajiban setiap umat Muslim di dunia. Kendati demikian, tak sedikit yang memahami keduanya adalah sama.

Nabi dan Rasul jelas memiliki perbedaan yang perlu dipahami oleh umat Muslim supaya tidak keliru dalam mengartikannya.

Dengan mengetahi perbedaan Nabi dan Rasul, umat Islam bisa meneladani perilaku dan ucapan Nabi dan Rasul dalam kehidupan sehari-hari. Bagi umat Islam, penting untuk mengetahui dan memahami secara lebih jelas tentang Nabi dan Rasul.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian Nabi dan Rasul, persamaan serta perbedaannya, seperti dikutip dari laman Berpendidikan dan Liputan6, Selasa (26/1/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Nabi dan Rasul

Secara etimologi, kata 'Nabi' berasal dari kata 'naba' yang berarti 'dari tempat yang tinggi'. Sementara itu, pengertian Nabi secara umum ialah Hamba Allah SWT yang mendapat kepercayaan berupa wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri.

Jadi, wahyu yang diturunkan kepada Nabi kemudian tidak disampaikan kepada umatnya. Tetapi, wahyu yang didapat Nabi tersebut diamalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada kewajiban menyampaikan kepada umat atau kaumnya.

Sementara kata 'rasul' berasal dari kata 'risala' yang berarti 'penyampaian'. Rasul adalah seseorang yang diberikan wahyu dan kepercayaan oleh Allah SWT, yang kemudian diamalkan dan berkewajiban menyampaikan wahyu tersebut kepada umat-Nya.

3 dari 5 halaman

Persamaan Nabi dan Rasul

1. Pertama, Nabi dan Rasul adalah utusan Allah kepada siapa wahyu diberikan. Yang didasarkan pada firman Allah SWT di QS. Haji AL: 52

2. Setiap Nabi dan Rasul yang dikirim oleh Allah adalah laki-laki karena Al-Qur'an juga menjelaskan bahwa tidak ada Nabi dan Rasul wanita.

3. Ketika Nabi dan Rasul dilahirkan ke dunia sampai kematiannya, dia tidak memiliki sifat tercela karena nabi dan rasul memiliki sifat yang diselamatkan dari dosa.

4. Shiddiq atau benar, yang berarti bahwa semua kegiatan atau hal yang dilakukan oleh Nabi dan Rasul adalah benar.

5. Dapat dipercaya atau amanah untuk memberikan wahyu yang diterima Nabi dan Rasul dapat dipercaya.

6. Cerdas atau fathonah yang berarti bahwa Nabi dan Rasul adalah makhluk pintar dan cerdas dalam menyampaikan hukum Islam.

7. Menyampaikan atau tabligh yang berarti bahwa Nabi dan Rasul diutus oleh Allah SWT untuk memberikan wahyu kepada umat-Nya.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Nabi dan Rasul

Untuk jumlah Nabi dan Rasul ada yang berpendapat, jumlah Nabi sebanyak 124 ribu orang, sedangkan jumlah Rasul ada 312. Namun, dalam Al-Qur'an hanya ada beberapa nama Nabi dan Rasul yang disebutkan, seperti penjelasan yang tercantum dalam surat Al-Ghafir ayat 787 berikut:

"Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang Rasul membawa suatu mukjizat melainkan dengan seizin Allah." (Qs. Al-Ghafir: 787)

Sementara itu, terdapat 25 Nabi dan Rasul dalam Al-Qur'an dan Hadits yang wajib dipercayai setiap Muslim. Nabi dan Rasul yang perlu diketahui antara lain:

Adam AS, Idris AS, Nuh AS, Hud AS, Saleh AS, Ibrahim AS, Luth AS, Ismail AS, Ishak (Ishaq) AS, Yaqub AS, Yusuf AS, Syu'aib AS, Ayyub AS, Dzulkifli AS, Musa AS, Harun AS, Daud AS, Sulaiman AS, Ilyas AS, Ilyasa' AS, Yunus AS, Zakaria AS, Yahya AS, Isa AS, Muhammad SAW.

Perbedaan Nabi dan Rasul juga dapat dilihat dari keteguhan hati yang sangat mengagumkan.

Dari 25 nama-nama Nabi, terdapat lima nabi yang mempunyai sifat Ulul 'Azmi, yaitu para nabi yang mempunyai keteguhan hati sangat mengagumkan, tabah luar biasa, kesabarannya tidak terbatas, meski mereka mendapatkan berbagai macam ujian dari Allah SWT.

Saat mendapat cobaan, para Nabi tersebut tetap teguh, sabar, dan senantiasa bertawakal dalam menyampaikan ajarannya kepada umat-Nya. Kelima Nabi tersebut ialah Nuh AS, Ibrahim AS, Musa AS, Isa AS, dan Muhammad SAW.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Nabi dan Rasul

Berikut beberapa perbedaan Nabi dan Rasul yang bisa dipahami:

1. Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT untuk disampaikan kepada umat-Nya.

2. Nabi diutus kepada kaum yang sudah beriman, sedangkan Rasul diutus kepada kaum yang belum beriman (kafir).

3. Perbedaan Nabi dan Rasul ada pada jumlahnya. Jumlah Nabi sangat banyak yaitu kurang lebih 124.000 sedangkan jumlah Rasul adalah 312.

4. Semua Nabi tidak berarti Rasul, namun Rasul sudah pasti Nabi.

5. Perbedaan Nabi dan Rasul berdasarkan cara turunnya wahyu. Nabi hanya mendapatkan wahyu melalui mimpi, sedangkan Rasul dapat menerima wahyu melalui mimpi maupun melalui malaikat serta dapat melihat dan berkomunikasi secara langsung dengan malaikat.

6. Ada nabi yang dibunuh oleh kaumnya, namun seluruh rasul yang diutus Allah SWT selamatkan dari percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh kaumnya.

 

Sumber: Berpendidikan, Liputan6.com (Reporter: Yunisda Dwi Saputri, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 18/1/2019)

Video Populer

Foto Populer