Sukses


8 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan, Buah dengan Kandungan Lemak Nabati

Bola.com, Jakarta - Alpukat merupakan buah dengan tekstur lembut seperti krim yang tumbuh di iklim hangat. Alpukat satu di antara buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan.

Alpukat juga makanan padat nutrisi alami yang mengandung hampir 20 vitamin dan mineral.

Melansir Medical News Today, sejumlah penelitian telah menemukan pola makan nabati yang didominasi makanan seperti alpukat dapat membantu mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan sekaligus meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Mengonsumsi alpukat juga bisa dinikmati dengan berbagai macam olahan. Bisa dicampur dengan kopi atau susu.

Di pasaran telah banyak beredar produk dengan bahan dasar alpukat. Produk-produk tersebut juga menyantumkan beberapa manfaat dari buah ini.

Berikut manfaat alpukat bagi kesehatan, dikutip dari Healthline, Sabtu (30/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat bagi Kesehatan

1. Mengandung Kalium yang Banyak

Kalium membantu menjaga gradien listrik dalam sel tubuh dan melayani berbagai fungsi penting. Alpukat sangat tinggi kalium. Paket porsi 3,5 ons (100 gram) 14% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA), dibandingkan dengan 10% pada pisang, yang merupakan makanan khas kalium tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

2. Menyehatkan Jantung

Alpukat adalah makanan berlemak tinggi. Sebanyak 77 persen kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya satu di antara makanan nabati paling berlemak.

Alpukat dan minyak alpukat kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal, asam lemak penyehat jantung yang diyakini menjadi satu di antara alasan utama manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat bagi Kesehatan

3. Sarat dengan Serat

Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya akan alpukat.

Bahan tumbuhan yang tidak dapat dicerna dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah dan sangat terkait dengan risiko lebih rendah dari banyak penyakit.

4. Menurunkan Kadar Lolesterol dan Trigliserida

Sejumlah penelitian telah menunjukkan makan alpukat dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung seperti total, LDL "buruk" dan kolesterol HDL "baik", serta trigliserida darah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat bagi Kesehatan

5. Membantu menyerap nutrisi dari makanan nabati

Penelitian telah menunjukkan makan minyak alpukat atau alpukat dengan sayuran dapat secara dramatis meningkatkan jumlah antioksidan yang Anda konsumsi.

Jadi, alpukat tidak hanya bergizi tinggi, tetapi juga dapat secara dramatis meningkatkan nilai gizi dari makanan nabati lain yang Anda makan.

6. Melindungi Mata

Alpukat mengandung antioksidan tinggi, termasuk lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mata dan menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Oleh karena itu, makan alpukat harus bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Alpukat bagi Kesehatan

7. Membantu Mencegah Kanker

Ada bukti terbatas bahwa alpukat mungkin bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan kanker.

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa itu dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit manusia.

8. Membantu Program Diet

Alpukat dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat Anda kenyang lebih lama dan membuat Anda makan lebih sedikit kalori. Mereka juga tinggi serat dan rendah karbohidrat, yang dapat menurunkan berat badan.

 

Sumber: Medical News Today, Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer