Sukses


9 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Menyehatkan Mata dan Usus

Bola.com, Jakarta - Jagung merupakan satu di antara makanan populer di dunia. Produk olahan jagung banyak beredar di pasaran mulai dari camilan hingga makanan sehat.

Jagung mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Bahkan olahan jagung seperi popcorn dan jagung manis tetap mengandung nutrisi penting.

Jagung juga mengandung sejumlah senyawa tanaman bioaktif yang beberapa di antaranya dapat meningkatkan kesehatan Anda. Senyawa tersebut seperti Asam ferulat, Zeaxanthin, dan Lutein.

Jagung juga dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, bisa mengatasi konstipasi, dan bahkan untuk menjaga berat badan.

Berikut manfaat jagung bagi kesehatan, dikutip Klikdokter, Sabtu (30/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Mata

Jagung memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Antioksidan lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid yang berperan dalam hal ini.

Kandungan ini bekerja dengan melindungi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh cahaya biru. Jadi, dapat menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

Degenerasi makula adalah sebuah masalah pada bagian retina yang disebut makula dan dapat menyebabkan penurunan penglihatan hingga kebutaan.

2. Mencegah Divertikulosis

Jagung mengandung banyak serat, sehingga dapat membantu mencegah divertikulosis. Divertikulosis adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya kantung di dinding usus besar.

Kondisi ini dapat menyebabkan gejala kram, perut kembung, perdarahan, hingga infeksi. Nah, kandungan serat yang banyak pada jagung dapat membantu kerja sistem pencernaan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

3. Menjaga Kesehatan Usus

Mengonsumsi jagung atau produk dari jagung utuh dapat membantu menjaga kesehatan usus, dibandingkan dengan makanan yang diproses dari tepung.

Kandungan serat di dalam jagung dapat menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Jadi, dapat membantu melindungi Anda dari kanker usus besar. Serat mampu membuat Anda tetap kenyang di antara jadwal makan.

4. Melindungi dari Penyakit Kronis

Jagung kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan penting. Vitamin ini bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

5. Menurunkan Risiko Anemia

Jagung mengandung asam folat, vitamin B12, dan zat besi yang mampu membantu pembuatan sel darah merah di dalam tubuh.

Semua kandungan itu bisa membantu menurunkan risiko anemia. Caranya, dengan menyediakan cukup nutrisi yang diperlukan dalam produksi sel darah merah yang baru.

6. Penambah Energi

Jagung memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini dicerna dalam waktu yang lebih lambat. Pencernaan karbohidrat yang lebih lambat akan menguntungkan, karena dapat menyediakan energi untuk jangka waktu lebih lama.

Apabila gemar berolahraga, Anda dapat menyertakan jagung ke dalam menu makanan.

7. Menurunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah

Minyak jagung dan jagung manis membantu melancarkan aliran darah, mengurangi penyerapan kolesterol, dan mengatur kerja insulin. Asupan ini bisa menjadi opsi yang baik untuk para pengidap diabetes dan kolesterol.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

8. Mendukung Kesehatan Kehamilan

Karena kaya asam folat dan zeaxanthin, jagung dapat membantu menurunkan risiko terjadinya cacat lahir. Jagung pun bisa melindungi janin dari masalah fisiologis dan degenerasi otot.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada jagung dapat menolong ibu hamil yang sering mengalami konstipasi.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Jagung memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat mendorong produksi kolagen dan mencegah efek buruk sinar UV yang merusak kulit.

Walaupun memiliki banyak manfaat, ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi jagung. Seperti biji-bijian serealia lainnya, jagung mengandung asam fitat.

Asam fitat dapat mengganggu penyerapan mineral makanan, seperti zat besi dan seng. Hal ini biasanya tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang mengikuti pola makan seimbang.

Namun, dapat menjadi masalah serius bagi yang mengonsumsi jagung sebagai makanan pokok. Untuk menurunkan kadar fitat, Anda dapat merendam dan memfermentasi jagung.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer