Sukses


10 Manfaat Penting Susu untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Susu merupakan satu di antara sumber nutrisi. Produk olahan dari susu seperti keju, yoghurt, dan mentega juga sangat sering dinikmati oleh berbagai kalangan.

Susu telah dikenal sebagai bahan makanan atau minuman yang lezat dan bernutrisi semenjak ratusan tahun silam. Bangsa Eropa kuno sering menggunakan susu untuk menghilangkan dahaga dan diolah menjadi makanan pokok.

Ada berbagai jenis susu yang dapat dikonsumsi, mulai susu sapi, kambing, maupun domba. Bagi mereka yang alergi susu hewani, dapat mengonsumsi susu nabati, seperti susu almond dan susu kedelai.

Susu paling sering dikonsumsi sebagai campuran sereal saat sarapan pagi, sebagai campuran minuman, dan sebagai bahan pembuat roti.

Manfaat kesehatan yang diperoleh dari susu bisa didapatkan dengan meminumnya secara langsung atau mengonsumsi berbagai jenis olahan yang terbuat dari susu.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan meminum susu atau mengonsumsi produk olahannya, di antaranya menjaga kesehatan gigi dan kesehatan tulang.

Berikut 10 manfaat penting susu untuk kesehatan, seperti dikutip dari Lifehack, Rabu (3/1/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Susu untuk Kesehatan

1. Menguatkan Tulang

Susu yang kaya akan kalsium sangat baik diminum oleh anak-anak usia dini karena dapat membantu memperkuat tulang dalam masa pertumbuhan.

Meminum susu juga dapat dilakukan oleh orang yang lebih tua karena susu juga punya manfaat seperti memperkuat tulang, menjauhkan atau mengurangi risiko orang tua untuk terkena osteoporosis.

2. Menguatkan Gigi

Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Dengan meminum susu yang mengandung vitamin D secara rutin, dapat menguatkan gigi Anda. Selain dapat menguatkannya, kalsium yang terdapat dalam susu dapat mengurangi risiko gigi berlubang.

3. Membantu Pertumbuhan Otot

Selain memiliki kalsium yang sangat baik untuk tulang dan gigi, susu membantu pertumbuhan otot lantaran susu mengandung banyak protein.

Banyak kalangan meminum susu setelah melakukan latihan fisik karena protein yang terkandung dalam susu dapat membantu pemulihan tubuh setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Selan itu, susu yang diminum setelah melakukan latihan fisik dapat membantu mencegah nyeri otot dan mengisi kembali cairan yang hilang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Susu untuk Kesehatan

4. Mengurangi Stres

Susu dapat menjadi minuman penghilang stres karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Setelah seharian bekerja di kantor atau melakukan kegiatan di luar rumah, minumlah susu hangat yang dapat membantu meredakan ketegangan otot dan menenangkan saraf Anda.

5. Meredakan Sakit Perut

Jika Anda mengalami sakit perut yang diakibatkan beberapa hal, seperti salah makan atau memakan sesuatu yang pedas, segeralah meminum susu untuk meredakannya.

Susu dapat memberikan sensasi dingin dan segar saat diminum, dan komposisi susu yang kental dapat melapisi tenggorokan dan dinding lambung agar terhindar dari sakit perut.

6. Meredakan Gejala Menstruasi

Meminum susu secara rutin telah terbukti dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan saat menstruasi seperti sakit pada perut dan dapat membuat tubuh rileks.

Cobalah untuk meminum susu hangat saat perut terasa sakit, dan itu akan membuat perut Anda terasa lebih rileks.

4 dari 5 halaman

Manfaat Susu untuk Kesehatan

7. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mungkin susu dapat dimasukkan ke menu diet. Beberapa penelitian telah mengatakan wanita yang sering meminum susu, cenderung dapat menurunkan berat badan ketimbang wanita yang tidak meminum susu.

Jika Anda ingin memiliki camilan sehat, makanlah kue gandum dan segelas susu. Anda juga disarankan untuk meminum susu saat makan malam atau sebelum waktu tidur.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Susu telah digunakan sebagai bahan untuk menjaga kesehatan kulit, bahkan susu telah digunakan semenjak Mesir kuno. Konon Cleopatra sering berendam dalam air susu untuk menjaga kulitnya tetap terlihat mengilap.

Susu mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal, bercahaya, dan lembut. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Susu untuk Kesehatan

9. Penambah Energi

Ada kalanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari kita mengalami sedikit rasa lemas dan kurang berenergi. Untuk menganggulanginya Anda dapat mencoba meminum susu. Susu bagus untuk banyak hal, termasuk bagus untuk meningkatkan energi Anda.

Saat Anda berjuang untuk melewati hari dan Anda perlu sedikit semangat dan tambahan energi, ambillah segelas susu dingin. Anda akan merasa segar kembali dalam waktu singkat.

 10. Mencegah Munculnya Berbagai Penyakit

Selama beberapa dekade terakhir, para peneliti telah menemukan bahwa susu membantu mencegah berbagai penyakit. Hal ini termasuk kemampuan susu untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Selain itu, susu memiliki kemampuan untuk menurunkan produksi kolesterol oleh hati Anda, dan membantu meningkatkan penglihatan. Ada beberapa peneliti yang meyakini bahwa susu juga dapat mengurangi risiko terkena kanker jenis tertentu.

 

Sumber: Lifehack

 

Yuk, baca artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer