Sukses


8 Manfaat Buah Naga untuk Bayi, Cocok Jadi MPASI

Bola.com, Jakarta - Buah naga merupakan satu di antara buah yang mudah ditemui di Indonesia. Buah naga termasuk jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus yang berasal dari Meksiko.

Daging buah naga bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, sup buah, salad, atau sebagai perasa dan pewarna alami makanan. Ada dua jenis buah yang naga yang populer untuk dikonsumsi di Indonesia, yakni buah naga merah dan buah naga putih.

Buah naga merah memiliki warna keunguan yang khas, berbeda dengan daging buah naga putih.

Daging buah naga merah dan putih memiliki banyak kandungan nutrisi bagi kesehatan tubuh.

Buah naga mengandung kalori yang cukup rendah. Tetapi buah ini kaya akan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, polifenol, dan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti buah-buahan lainnya, buah naga menjadi pilihan makanan sehat bagi bayi. Buah ini bisa dijadikan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Kandungan vitamin c yang banyak akan membuat si kecil terjadi dari penykit flu dan batuk.

Berikut ini penjelasan beberapa manfaat buah naga bagi bayi, disadur dari Merdeka, Senin (22/2/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

1. Melindungi Jantung

Manfaat buah naga untuk bayi ketika dijadikan MPASI yang pertama adalah dapat melindungi jantung si kecil. Hal tersebut lantaran di dalam buah naga  kaya kandungan vitamin dan mineral sehingga mampu membuat jantung menjadi lebih kuat dan terlindungi.

Perlu diketahui, jika Anda memiliki buah hati yang cukup aktif, jantungnya memiliki risiko gangguan. Dengan memberikan buah naga sebagai MPASI, akan membantu memastikan agar jantung si kecil tetap dalam kondisi sehat.

2. Lindungi dari Radikal Bebas

Selanjutnya, buah naga memiliki kandungan antioksidan yang amat tinggi. Antioksidan ini dikenal sebagai fenol yang berguna untuk melindungi sel membran anak dari serangan radikal bebas.

Antioksidan yang ada dalam buah naga dipercaya mampu melindungi si kecil dari serangan ragam penyakit umum. Maka, pemberian buah naga pada si kecil sangat disarankan lantaran manfaatnya bagi kesehatan sangat baik.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

3. Kaya Serat

Buah naga memiliki kandungan serat yang begitu tinggi. Serat tersebut akan membantu si kecil agar memiliki sistem pencernaan yang sehat. Pencernaan sehat akan berguna untuk memerangi masalah sembelit.

Buah naga bermanfaat untuk bayi lantaran mengandung serat yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah serta membantu berat badan si kecil bertambah dengan tetap sehat.

4. Kandungan Vitamin C Tinggi

Kandungan vitamin C sangat diperlukan untuk perkembangan otot dan tulang serta gigi. Selain itu, vitamin C berfungsi membantu perkembangan pembuluh darah yang dimiliki oleh si kecil dalam masa pertumbuhan.

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga adalah sumber yang sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal oni merupakan manfaat buah naga yang sangat penting untuk dikonsumsi bayi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

5. Bangun Tulang Kuat

Kandungan mineral yang ada di dalam buah naga sangat bermanfaat bagi si kecil. Satu di antara mineral yang terkandung adalah potasium bersama denagn senyawa flavanoid serta fenolik lain. Hadirnya senyawa tersebut mampu membantu buah hati Anda membangun tulang yang kuat.

Selain itu, manfaat yang akan didapatkan si kecil dengan mengonsumsi buah naga akan melindunginya dari kecenderungan arthritis di masa depannya.

6. Jaga Kesehatan Ginjal

Manfaat selanjutnya yang dapat dipetik dari buah naga sebagai MPASI untuk si kecil adalah dapat menjaga kesehatan ginjalnya. Buah naga memiliki kemampuan detoksifikasi agar membantu tubuh terhindar dari serangan ragam jenis racun.

Dapat dipastikan bahwa manfaat buah naga adalah menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari elemen racun. Selain itu juga menjaga saluran kemih agar selalu tetap dalam kondisi yang sehat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

7. Lancarkan Pencernaan

Manfat buah naga untuk bayi berikutnya adalah dapat melancarkan pencernaan si kecil. Seperti dilansir dari Electronic Journal of Biotechnology, menyebutkan buah naga merupakan sumber prebiotik alami.

Prebiotik alami tersebut sangat penting untuk perkembangan bakteri baik di dalam usus sehingga melancarkan pencernaan.

Buah yang masih memiliki golongan sama dengan kaktus ini mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat melakukan pencegahan masalah sembelit pada si kecil.

8. Cegah Anemia

Balita akan sering mengalami anemia apabila kesulitan menyerap zat besi. Gangguan kesehatan ini juga dapat terjadi jika ia tidak mendapatkan asupan zat besi dari pola makan yang cukup.

Dengan buah naga ini akan membantu mencegah anemia pada si kecil karena dalam buah naga sudah terkandung kombinasi vitamin C dan zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian si kecil.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Billy Adytya. Published: 7/12/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer