Sukses


9 Manfaat Kangkung bagi Kesehatan, Menyehatkan Ginjal dan Jantung

Bola.com, Jakarta - Kangkung merupakan jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Sayuran dengan nama latin Ipomoea aquatica ini terkenal jika diolah dengan cara ditumis.

Dalam pertumbuhannya, kangkung membutuhkan banyak air.

Kangkung memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Sementara daunnya mengandung banyak vitamin dan kaya antioksidan serta mineral.

Namun, kangkung memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping tersebut adalah menyebabkan kantuk.

Efek samping tersebut berasal dari senyawa-senyawa yang menekan susunan syaraf pusat. Senyawa itulah yang menyebabkan efek sedasi atau anestesi.

Meski begitu, kangkung tetaplah sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan menjadi favorit, satu di antaranya lantaran harganya yang terjangkau serta mudah didapatkan di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan.

Berikut manfaat kangkung bagi kesehatan, disadur dari Merdeka, Rabu (24/2/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung bagi Kesehatan

1. Mengandung Iodium dan Seng Tinggi

Yodium dan seng dalam setiap 1 ons kangkung dapat mencapai hingga 2,2 mili gram. Dengan begitu, cukup potensial menjadi metode alternatif untuk menyembuhkan anemia.

Selain itu, dapat digunakan untuk menstabilkan darah hemoglobin sehingga Anda tidak merasa pusing atau lemah. Tekanan darah Anda akan selalu normal dan stabil ketika Anda memasukkan kangkung ke dalam menu harian Anda.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Untuk menghindari sembelit, akan jauh lebih baik bagi Anda untuk mengonsumsi banyak sayuran, terutama kangkung yang kaya serat dan vitamin. Kangkung memiliki lebih banyak vitamin dan serat yang sangat penting untuk memperlancar sistem pencernaan Anda.

Namun, Anda perlu memperhatikan masakan yang terbuat dari bayam termasuk bayam air/ kangkung lebih baik tidak dihangatkan setelah delapan jam sejak dimasak karena akan mengandung racun yang akan menginfeksi dan berbahaya bagi tubuh dan perut Anda.

3. Banyak Mineral untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Kangkung mengandung banyak air untuk membantu ginjal Anda menyaring darah. Air yang dikandung kangkung adalah sekitar 82 gram untuk setiap 100 gram. Sangat sehat dan baik bagi ginjal Anda untuk bekerja secara optimal dan menyaring darah di sepanjang pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung bagi Kesehatan

4. Sumber Vitamin

Vitamin sangat baik untuk kesehatan mata. Seperti sayuran lain yang mengandung vitamin A tinggi, kangkung mengandung beta karoten yang akan mencerahkan mata Anda.

Fungsi lainnya adalah menjaga mata agar tidak memiliki penglihatan yang rendah. Karena itu, mulailah masukkan kangkung ke menu harian Anda.

5. Pencegahan Radikal Bebas

Manfaat kangkung selanjutnya ialah mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang mengendap di dalam tubuh dan sel-sel dapat dihancurkan dengan banyak mengonsumsi kangkung.

Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari sebagai pilihan menu harian karena kandungan vitamin C dan antioksidan, yang akan membantu Anda menyerap racun dan membuangnya dari tubuh.

Jangan terlalu lama memasak kangkung, cukup kukus atau rebus saja. Cara itu secara alami akan membersihkan tubuh dari racun berat yang terkandung di dalam tubuh.

6. Daya Kekebalan Tubuh

Jika Anda atau keluarga Anda sering menderita demam atau mudah sakit, hal itu berarti sistem kekebalan Anda buruk. Untuk mencegahnya, Anda dapat memanfaatkan kangkung.

Kangkung dapat memperbaiki kekebalan tubuh karena mengandung vitamin B1, B2, B3, dan B6 yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh agar diregenerasi dengan baik.

Anda dapat mengonsumsi bayam air minimal empat kali seminggu untuk memiliki sistem kekebalan yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kangkung bagi Kesehatan

7. Mencegah Kanker

Menghindari lebih baik daripada mengobati. Ketika Anda masih muda dan sehat, Anda perlu mencegah diri supaya terhindar dari kanker dan tetap mempertahankan gaya hidup sehat.

Anda harus mengikuti peraturan kesehatan dan jangan mengabaikan efek kanker bagi tubuh Anda karena itu bukan penyakit yang mudah dan sederhana.

Manfaat kangkung di antaranya, dapat mencegah Anda terkena kanker karena mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan mineral yang akan mencegah kanker masuk ke tahap yang lebih buruk.

Kangkung diakui sebagai satu di antara sayuran terbaik untuk menyembuhkan dan mencegah kanker.

8. Menyehatkan Jantung

Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu serangan jantung dan membuat potensi yang lebih besar untuk menderita serangan jantung. Karena itu, mulai konsumsi kangkung setiap hari untuk menyembuhkan dan mencegah serangan jantung.

Kangkung memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan jantung dan menjaganya agar bebas dari penyumbatan kolesterol.

9. Mengurangi Tensi Darah Tinggi

Manfaat kangkung selanjutnya ialah mengurangi tekanan darah tinggi. Kangkung kaya akan kalium. Kangkung juga memiliki mineral seimbang yang sangat berguna untuk hipertensi dan stroke.

Asam folat yang dikandung kangkung akan membantu Anda mengurangi tekanan darah tinggi dan mengendurkan pembuluh darah yang akhirnya akan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 18/3/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer