Sukses


9 Macam Cabang Olahraga Atletik, Penyumbang Banyak Medali

Bola.com, Jakarta - Atletik merupakan cabang olahraga yang terdiri dari berbagai macam-macam olahraga fisik, seperti lari, lompat, lempar dan jalan. Itulah mengapa, cabor atletik termasuk satu di antara olahraga yang mempertandingkan banyak nomor dalam pertandingan.

Bahkan dalam event internasional, atletik merupakan cabor wajib yang harus dipertandingkan. Maka dari itu, atletik menjadi olaharaga yang kerap dipelajari di bangku sekolah.

Atletik berasal dari bahasa Yunani, yakni 'Athlon' yang artinya berlomba atau bertanding.

Olahraga atletik bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, koordinasi, dan kemampuan biomotorik lainnya.

Namun, masih banyak orang yang belum paham macam-macam olahraga apa saja yang masuk cabor atletik.

Berikut rangkuman macam-macam cabang olahraga atletik, dikutip dari laman Perpustakaan.id, Kamis (4/3/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik

1. Tolak Peluru

Satu di antara olahraga yang masuk cabang-cabang olahraga atletik adalah tolak peluru. Olahraga ini sudah familier di kalangan masyarakat karena olahraga ini juga diajarkan di bangku sekolah.

Tolak peluru merupakan olahraga yang menggunakan bola pejal, yang terbuat dari besi sebagai sarananya. Dalam melakukan olahraga tolak peluru ini ada beberapa cara atau teknik yang bisa diterapkan agar dalam melakukannya tidak akan mengalami cedera.

2. Lempar Lembing

Lempar lembing merupakan satu di antara olahraga yang masuk kategori olahraga atletik. Lempar lembing merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara melemparkan lembing yang berbentuk seperti tongkat dan bila lembing yang dilemparkan memiliki jarak yang jauh, nilainya juga tinggi.

Intinya, makin jauh jarak lembing yang dilempar maka makin banyak pula nilai yang didapatkan. Untuk melakukan olahraga ini tentunya ada ketentuan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi, seperti berikut ini:

Untuk Perempuan:

  • Lembing yang dipakai harus memiliki panjang 2,2 sampai 2,3 meter.
  • Berat minimal lembing yang digunakan adalah 600 gram.
  • Pusat gravitasinya terletak pada jarak 0,8 sampai 0,92 meter.

Untuk Laki-laki:

  • Lembing yang dipakai harus memiliki panjang sekitar 2,6 sampai 2,7 meter.
  • Berat minimal dari lembing yang digunakan adalah 800 gram.
  • Pusat gravitasinya terletak pada jarak 0,9 sampai 1,06 meter.

3. Lempar Cakram

Lempar cakram merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara melemparkan cakram yang berbentuk seperti piringan dan dilakukan dengan menggunakan lapangan yang berkriteria khusus.

Untuk melakukan olahraga yang termasuk cabang-cabang olahraga atletik ini, kamu harus terlebih dahulu mengetahui cara dan teknik yang tepat .

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik

4. Lompat Tinggi

Lompat tinggi ini termasuk olahraga atletik. Pasti sudah banyak yang mengetahui olahraga ini karena jenis olahraga ini juga diajarkan saat di sekolah.

Teknik dalam melakukan olahraga ini adalah dengan cara melompati bilah yang telah diletakkan pada tiang yang telah disediakan dan telah memiliki ukuran tinggi.

Makin tinggi jarak yang bisa Anda lompati maka makin baik nilai yang didapat. Selain itu, dalam olahraga ini memperhatikan cara dalam mendarat setelah melakukan lompatan tersebut. Hal itu juga masuk penilaian pada cabang olahraga ini.

5. Lompat Galah

Lompat galah ini sebenarnya hampir sama dengan lompat tinggi karena sama-sama melompati bilah dalam ukuran tinggi yang telah ditentukan.

Namun, yang sedikit membedakan dari kedua cabang olahraga ini adalah lompat galah tidak menggunakan kaki ketika melakukan lompatan melainkan dengan menggunakan galah sebagai sarana untuk melakukan lompatan tersebut.

Olahraga yang masuk cabang-cabang olahraga atletik ini merupakan olahraga yang sering dilombakan dalam olimpiade. Jadi, olahraga ini menjadi satu di antara olahraga yang banyak dikenal oleh masyarakat.

6. Lompat Jauh

Lompat jauh adalah cabang-cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melakukan lompatan sejauh mungkin, dengan memperhitungkan pijakan yang telah ditentukan.

Maksudnya, kamu harus melakukan lompatan dengan menginjak batas yang telah ditentukan. Jika kamu tidak menginjak batas tersebut maka lompatan yang dilakukan tidak dihitung.

Biasanya dalam melakukan olahraga ini menggunakan tempat yang memiliki pasir sebagai tempat mendarat, seperti yang telah dipraktikkan di sekolah-sekolah.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik

7. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek merupakan jenis olahraga lari yang menempuh jarak yang relatif lebih pendek, yaitu hanya 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. lari jarak pendek ini merupakan cabang-cabang olahraga atletik yang memperhitungkan kecepatan dalam mencapai finis.

Jadi intinya adalah makin cepat mencapai finis maka makin baik pula hasilnya. Biasanya dalam melakukan olahraga ini menggunakan start jongkok.

8. Lari Jarak Jauh

Satu di antara olahraga yang masuk cabang olahraga atletik lari ini merupakan olahraga lari yang menempuh lintasan yang memiliki jarak yang cukup jauh yaitu 5000 meter, 3000 meter dan 10000 meter.

Olahraga yang juga biasa disebut sebagai lari maraton ini dilakukan menggunakan teknik yang berbeda dengan lari jarak pendek.

Jika pada lari jarak pendek, pelari disarankan untuk berlari sekencang-kencangnya, pada lari maraton ini mengharuskan pelari untuk bisa mengatur tempo larinya agar nantinya pelari tidak kehabisan tenaga.

Sebelum melakukan lomba maraton ini sebaiknya para pelari melatih pernapasan karena hal ini sangat berguna dalam perlombaan ini.

9. Lari estafet

Lari estafet dilakukan oleh satu kelompok yang terdiri dari beberapa pelari. Dalam hal ini, perlombaan ini dilakukan dengan cara lari sambung yang menggunakan tongkat kecil sebagai medianya.

Jarak tempuh dari lari estafet ini adalah 400 meter dan juga 1600 meter. Dalam melakukan lari estafet ini sangat membutuhkan kerja sama tim sehingga hasil yang didapatkan tidak mengecewakan.

 

Sumber: Perpustakaan.id

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer