Sukses


Arti Sila Kedua Pancasila, Kemanusian yang Adil dan Beradab

Bola.com, Jakarta - Sila kedua Pancasila berbunyi 'Kemanusiaan yang adil dan beradab'. Sesuai bunyinya, sila kedua memiliki makna yang memuat segala bentuk unsur kemanusiaan yang adil dan beradab dalam kehidupan.

Sebelum membahas tentang makna sila kedua, penting mengetahui pengertian dari Pancasila. Pancasila adalah dasar serta pilar ideologi bagi segenap Bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan buah pikiran, musyawarah, dan mufakat yang dilakukan para tokoh penting pada masa perjuangan kemerdekaan.

Dalam Pancasila, ada lima sila atau pedoman yang perlu diketahui. Kelima prinsip yang ada dalam Pancasila tersebut kali pertama dicetuskan oleh Presiden RI, Soekarno, pada 1 Juni 1945.

Hal tersebut juga yang menjadi dasar Presiden Joko Widodo pada 2016 menetapkan 1 Juni sebagai Hari Pancasila.

Adapun lima prinsip yang dijadikan sila dalam Pancasila tersebut ialah Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Setiap sila tersebut mempunyai arti tersendiri yang harus dipahami masyarakat Indonesia, termasuk sila kedua yang berbunyi 'kemanusiaan yang adil dan beradab'.

Tanpa memahami maknanya, susah untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut ini arti sila kedua Pancasila, 'kemanusiaan yang adil dan beradab', seperti dilansir dari lamanĀ Yuksinau dan GuruPPKN, Selasa (18/5/2021).

2 dari 4 halaman

Makna Sila Kedua Pancasila

1. Kesadaran

Makna sila kedua Pancasila yang pertama ialah kesadaran. Kesadaran perilaku setiap rakyat Indonesia akan disesuaikan dengan nilai-nilai moral dan tuntutan hati nurani yang ada pada sanubari setiap pribadi masing-masing.

Atas kesadaran tersebut, diharapkan bisa memberikan peran dari masing-masing lembaga masyarakat Indonesia untuk melakukan atau melaksanakan pembangunan sesuai kapasitasnya.

2. Hak Asasi Manusia

Makna sila kedua yang berikutnya ialah serangkaian pengakuan serta menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) antarindividu, yang sejatinya dimiliki seseorang ketika ia baru dilahirkan dari rahim ibunya.

3 dari 4 halaman

Makna Sila Kedua Pancasila

3. Kemanusiaan

Makna sila kedua Pancasila yang selanjutnya adalah mengembangkan atau menumbuhkan sikap saling mencintai antarsesama makhluk, atas dasar kemanusiaan.

Jika bisa melaksanakan hal di atas, tentu saja tindakan manusia mempunyai batasan yang akan mengurangi jumlah tindak kejahatan.

4. Keadilan

Makna sila kedua pancasila yang keempat adalah proses untuk bisa menerapkan kehidupan yang adil dan beradab.

Makna yang satu ini sangat penting, mengingat pembangunan yang ada harus merata serta harus dilakukan dengan terus mempertimbangkan jumlah penduduk, wilayah, dan hal-hal lainnya.

5. Tengang rasa

Pengalaman dalam mewujudkan sikap yang terkandung dalam sila kedua Pancasila ini bisa memberikan dorongan dalam memunculkan dan mengembangkan sikap tenggang rasa atau saling hormat menghormati dalam hubungan sosial, baik antarinvidu maupun kelompok masyarakat.

4 dari 4 halaman

Arti Simbol Sila Kedua

Arti Simbol Sila Kedua

- Rantai emas merupakan lambang dari sila kedua yang berbunyi 'Kemanusiaan yang adil dan beradab'.

- Mata rantai dalam simbol tersebut berbentuk persegi dan lingkaran yang saling mengaitkan.

- Mata rantai berbentuk persegi empat merupakan lambang laki-laki, sedangkan mata rantai lingkaran menggambarkan perempuan.

- Kemudian, mata rantai yang saling mengaitkan melambangkan hubungan timbal balik antarumat manusia, baik laki-laki maupun perempuan.

Ā 

Sumber: Yuksinau, GuruPPKN

Video Populer

Foto Populer