Sukses


10 Manfaat Tidur Siang yang Penting untuk Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Tidur siang merupakan aktivitas sepele, namun memiliki manfaat yang luar biasa. Tidur siang merupakan solusi paling tepat ketika rasa kantuk melanda di siang hari.

Tidur siang biasanya banyak dilakukan oleh anak-anak demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan waktu istirahat yang cukup.

Manfaat tidur siang juga bisa diperoleh orang dewasa, hanya belum banyak diketahui karena dianggap mengganggu aktivitas, atau disebabkan tidak ada waktu yang cukup.

Tidur pada siang hari sering kali dihadapkan kepada stigma sosok yang malas atau kurang antusias dalam bekerja. Padahal, tidur siang bisa meningkatkan daya ingat dan kinerja sehingga Anda bisa lebih produktif.

Menurut penelitian, tidur siang jauh lebih efektif untuk mengatasi kelelahan dibandingkan menambah jam tidur pada malam hari.

Tidur siang mampu merelaksasi tubuh dari seabrek aktivitas yang dikerjakan dan dapat menenangkan saraf-saraf tegang akibat berbagai kegiatan. Banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk tidur siang selama 30 menit saja per hari.

Selain manfaat di atas, ada beberapa manfaat lain dari tidur siang yang perlu Anda ketahui. Berikut manfaat tidur siang yang penting untuk Anda, dilansir dari Klikdokter, Senin (27/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang

1. Memperbaiki Memori

Tidur siang mampu membuat Anda lebih mudah mengingat apa yang telah dipelajari di siang hari, setara dengan tidur tanpa terganggu di malam hari.

Dengan tidur siang, Anda akan terhindar dari lupa, persepsi indra, serta ingatan verbal.

2. Lebih Mudah Menghubungkan Fakta

Tidur siang membuat Anda lebih mudah menyambungkan fakta-fakta yang baru dipelajari. Anda pun lebih mudah menangkap konsep secara keseluruhan.

Ditemukan bahwa mereka yang tidur siang lebih mudah menyatukan informasi yang didapat di siang hari.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Mungkin tak disadari, tetapi satu di antara manfaat tidur siang adalah untuk memperbaiki suasana hati. Jadi, ketika Anda merasa sedih, cobalah untuk tidur siang agar suasana hati dapat meningkat.

Tidur siang atau bahkan beristirahat dengan berbaring saja akan mampu memperbaiki mood Anda di sisa hari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang

4. Lebih Baik dari Kafein

Tidur siang lebih efektif dibanding kafein saat Anda merasa lelah di saat harus tetap bekerja atau belajar. Dibandingkan dengan kafein, tidur siang lebih membawa manfaat pada ingatan yang lebih baik.

5. Mengurangi Stres

Ketika berada di bawah banyak tekanan, tidur siang mampu mengurangi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh. Para ahli percaya bahwa tidur siang selama 30 menit dapat mewujudkan hal ini.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Tidur siang selama 45-60 menit mampu menurunkan tekanan darah setelah mengalami suatu stres psikis. Dengan tidur siang, tubuh Anda dapat pulih kembali dari situasi yang menekan, baik yang mengganggu fisik maupun psikis.

7. Jadi Lebih Kreatif

Pernahkah Anda terbangun dengan ide yang cemerlang? Tidur fase REM atau rapid eye movement mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan pencitraan dan mimpi.

Tidur siang dengan fase REM dapat membantu Anda menggabungkan ide baru atau jawaban yang Anda butuhkan. Fase ini biasanya dimulai 70-90 menit setelah Anda terlelap.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang

8. Lebih Mudah Tidur di Malam Hari

Meski terkesan tidak logis, manfaat tidur siang ternyata mampu membantu lansia memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

Studi menunjukkan, tidur siang selama 30 menit, antara pukul 13-15 siang, yang digabungkan dengan latihan aerobik intensitas sedang seperti berjalan atau peregangan di malam hari, dapat memperbaiki kualitas tidur di malam hari. Kesehatan fisik maupun psikis juga mampu meningkat.

9. Penting untuk Anak

Tak hanya untuk dewasa, tidur siang penting untuk balita karena penting untuk pembelajaran dan perkembangan di usia tersebut.

Balita yang tidur siang secara rutin lebih mudah mengingat apa yang sudah dipelajari. Lantaran memori jangka pendek terbatas di usia tersebut, balita masih membutuhkan lebih banyak tidur agar memori dapat lebih melekat ke otak.

10. Mengurangi Kantuk di Siang Hari

Pada dewasa muda, memiliki kebiasaan tidur siang ternyata mampu mengurangi rasa kantuk di siang hari. Mereka juga cenderung memiliki performa berpikir dan pengaturan emosi yang lebih baik.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/11/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer