Sukses


13 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Yoga telah dikenal semenjak dahulu sebagai cara untuk melakukan meditasi. Saat ini yoga telah dikenal sebagai olahraga yang bisa memberikan segudang manfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya kesehatan fisik semata, melakukan yoga secara rutin juga bisa menyehatkan mental Anda, seperti menghilangkan stres dan kecemasan.

Yoga bisa dilakukan oleh siapa saja, laki-laki maupun perempuan. Anda juga bisa melakukannya di mana saja, kendati tempat yang paling direkomendasikan adalah tempat yang tenang.

Manfaat mengagumkan yoga bisa didapatkan oleh berbagai kalangan di segala usia. Jika dilakukan secara rutin, olahraga jenis ini juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut 13 manfaat mengagumkan yoga untuk kesehatan fisik dan mental, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (5/1/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

1. Mengurangi Stres 

Yoga dikenal dengan kemampuannya meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa jenis olahraga ini dapat menurunkan produksi kortisol, yaitu hormon stres di dalam tubuh.

Manfaat yoga tersebut bisa dioptimalkan apabila dikombinasikan dengan teknik relaksasi lain, seperti meditasi. 

2. Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas

Yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas bagi orang yang rutin melakukannya. Pasalnya, ada beberapa pose yoga yang memang menargetkan khusus manfaat tersebut.

Ada banyak penelitian yang telah membuktikannya. Satu di antara studi yang melibatkan peserta lansia untuk melakukan yoga selama setahun melaporkan bahwa fleksibilitas tubuh partisipan meningkat hampir empat kali lipat.

3. Meredakan Rasa Cemas

Yoga dapat meredakan rasa cemas. Bahkan, ada cukup banyak penelitian yang mendukung manfaat yoga yang satu ini.

Meski tidak sepenuhnya jelas bagaimana yoga mampu mengatasi gangguan kecemasan, melakukan olahraga ini secara rutin dapat menciptakan rasa damai yang dapat menurunkan kadar kecemasan yang dirasakan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung merupakan manfaat yoga bagi tubuh yang juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. 

Satu studi menemukan bahwa peserta berusia di atas 40 tahun yang berlatih yoga selama lima tahun, memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Tekanan darah tinggi adalah satu di antara penyebab utama penyakit jantung dan hipertensi. Jadi, dengan mengontrol tekanan darah, risiko kondisi tersebut dapat dikurangi. 

5. Mengurangi Peradangan 

Peradangan adalah respons kekebalan yang normal dari dalam tubuh. Tetapi, jika peradangan berlanjut terus-menerus (kronis), kondisi dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Guna mencega kondisi tersebut, melakukan olahraga yoga menjadi pilihan yang tepat. Studi menyatakan, yoga mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh asalkan dilakukan dengan tepat dan secara rutin.

6. Melawan Depresi

Yoga dapat mengurangi produksi kortisol. Hormon tersebut juga memengaruhi kadar serotonin, yaitu senyawa kimia yang sering dikaitkan dengan depresi.

Bagi Anda yang mengalami depresi, yoga bisa menjadi pilihan olahraga untuk membantu mempercepat penyembuhan masalah kesehatan mental tersebut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

7. Meredakan Nyeri Punggung

Tak hanya yang bersifat kronis, yoga juga dapat meredakan nyeri punggung. Manfaat yoga yang satu ini didapatkan karena olahraga tersebut terbukti bisa meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. 

Bahkan, American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai pengobatan lini pertama untuk nyeri punggung bawah.

8. Mengurangi Nyeri Kronis

Nyeri kronis merupakan masalah yang memengaruhi jutaan orang di dunia. Penyebabnya pun macam-macam, mulai dari cedera hingga artritis. 

Jika Anda termasuk orang yang mengalami nyeri kronis, cobalah untuk rutin berolahraga yoga agar dapat mengurangi keluhan yang dirasakan.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga Anda menjadi gampang sakit. 

Guna mencegah kondisi tersebut, Anda dapat melakukan olahraga yoga secara rutin dan teratur. Faktanya, yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, yaitu hormon yang mengatur tidur.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mengagumkan Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

10. Membantu Meningkatkan Pernapasan

Bernapas dalam-dalam adalah bagian penting dari setiap latihan yoga. Teknik pernapasan dalam yoga berfokus untuk meningkatkan pernapasan dari perut ke bagian atas paru-paru. 

Teknik tersebut juga meningkatkan kapasitas jumlah total udara yang dapat ditampung paru-paru Anda pada satu waktu.

11. Meredakan Migrain

Manfaat olahraga yoga yang berikutnya adalah dapat meredakan migrain. Jenis sakit kepala yang satu ini sering kali kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Anda dapat melakukan yoga sebagai alternatif untuk mengatasi migrain secara alami. Peneliti mengatakan, yoga dapat membantu merangsang saraf vagus sehingga efektif dalam meredakan migrain alias sakit kepala sebelah.

12. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Selain melatih kelenturan, yoga merupakan pilihan olahraga yang baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Pada dasarnya, beberapa pose dalam yoga bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot.

13. Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat olahraga yoga yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

Berlatih yoga secara signifikan terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup, suasana hati, dan mencegah kelelahan. Bahkan, olahraga ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala pada pasien kanker.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 15/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer