Sukses


Manfaat Seni Teater bagi Kehidupan Masyarakat yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Teater adalah jenis kesenian pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung. Secara spesifik, seni teater merupakan sebuah seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan dengan dialog dan akting.

Dalam sejarahnya, kata 'teater' berasal dari bahasa Inggris 'theater' atau 'theatre', bahasa Perancis 'théâtre', dan dari bahasa Yunani 'theatron'.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, teater mempunyai tiga pengertian, pertama ,berarti gedung atau ruangan tempat pertunjukan film, sandiwara, dan sebagainya.

Pengertian kedua ialah ruangan besar dengan deretan kursi-kursi ke samping dan ke belakang untuk mengikuti kuliah atau untuk peragaan ilmiah. Pengertian ketiga ialah pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi; seni drama; sandiwara; drama.

Sementara secara etimologis, kata 'teater' dapat diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Sedangkan secara istilah, kata 'teater' diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan di atas panggung untuk konsumsi penikmatnya.

Mungkin tak banyak yang tahu, seni teater memilki manfaat dalam kehidupan sehari. Apa saja manfaat adanya seni teater?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat seni teater dalam kehidupan masyarakat, yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman ilmuseni.com, Kamis (6/1/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Seni Teater

Manfaat Seni Teater bagi Pemeran atau Pemain.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan pemain atau pemeran:

  • Melatih kerja sama yang baik dalam organisasi atau kelompok.
  • Mengembangkan kecakapan sosial
  • Menambah relasi/pertemanan
  • Mengembangkan tiap individu dalam hal daya kreasi.
  • Mengembangkan emosi yang sehat pada tiap diri pemain
  • Menghilangkan sifat malu, gugup, tegang, takut, dan lain-lain.
  • Belajar memberikan apresiasi kepada diri sendiri dan orang lain dalam kelompok.
  • Melatih kepemimpinan dan kerja keras.

 

Manfaat Seni Tetaer bagi Penonton

Sedangkan manfaat bagi penonton yang menyaksikan sebuah pertunjukan teater, di antaranya :

  • Belajar memberikan apresiasi atas karya seni seseorang/kelompok,
  • Memperkaya ilmu pengetahuan sosial karena sebuah pertunjukan sosial biasanya membawakan cerita rakyat atau cerita sosial.
  • Sebagai sarana pendidikan.
3 dari 5 halaman

Manfaat Seni Teater

Manfaat Belajar Seni Teater

Manfaat belajar seni teater ialah dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Hal ini berguna bagi anak-anak yang sedang berada dalam usia pertumbuhan.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri anak, orang tua bisa memasukan anak ke sanggar-sanggar seni. Selain itu, seseorang yang mempelajari dunia teater biasanya cenderung cepat dalam proses pertumbuhan non fisiknya.

Adapun pertumbuhan non fisik yang dimaksud ialah kemampuan bersosialisasi, kreativitas, daya pikir, imajinasi, empati, dan apresiasi.

Seseorang yang menekuni dunia teater biasanya dapat bersosialisasi dengan lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

4 dari 5 halaman

Manfaat Seni Teater

Manfaat Sosial

Seperti diketahui, teater bukan sebuah pertunjukan seni yang dapat dikerjakan oleh satu orang saja. Sebuah pertunjukan seni teater melibatkan banyak pihak, baik pihak manajemen maupun non manajemen.

Pihak manajemen mencakup semua orang di balik layar, seperti produser, sutradara, bagian keuangan, dan lain-lain. Sedangkan non manajemen adalah pihak-pihak yang bersentuhan langsung dengan pentas seperti penulis naskah, artis/pemeran, MUA, dan sebagainya.

Keterlibatan semua pihak dalam sebuah pertunjukan teater dapat memiliki manfaat tersendiri, seperti relasi yang baik antara pihak-pihak yang terlibat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Seni Teater

Manfaat Ekonomi

Aspek ekonomi dalam pertunjukan teater merupakan hal yang penting. Adanya pertunjukan teater dapat membantu kebutuhan finansial setiap pihak yang terlibat di dalamnya.

Ketika sebuah komunitas atau sanggar tertentu membuat pertunjukan teater, akan ada biaya yang harus dikeluarkan. Baik untuk venue, kostum, makeup, konsumsi, dan lain-lain.

Dari manakah mereka mendapatkan dana tersebut? Dana didapatkan dari investor dan sponsor. Dana yang didapatkan komunitas berasal dari penjualan tiket masuk.

Jika lebih, keuntungan yang didapatkan bisa dibagikan kembali ke setiap pemainnya atau pihak yang terlibat. Tetapi, sebuah pertunjukan teater juga bisa saja diselenggarakan untuk sebuah kegiatan amal.

 

Sumber: Ilmuseni

Video Populer

Foto Populer