Sukses


Daftar Peraturan dalam Permainan Bulu Tangkis yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga permainan bola kecil yang permainannya menggunakan raket, suttlecock, net, dan lapangan tentunya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bulu tangkis adalah permainan dengan memakai raket dan kok yang dipukul melampau jaring yang direntangkan di tengah lapangan.

Bulu tangkis bisa dibilang jenis olahraga yang cukup populer, terutama di Indonesia. Terlebih lagi, banyak atlet bulu tangkis Indonesia yang mengharumkan nama negara di kancah internasional.

Dalam olahraga ini tidak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga gerakan tubuh yang lincah dan kuat. Selain itu, ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai.

Namun, dalam bermain bulu tangkis, tidak hanya aspek fisik dan teknik saja yang perlu dikuasai. Pengetahuan tentang peraturan dalam permainan bulu tangkis juga perlu diketahui dan dipahami.

Berikut ini daftar peraturan dalam permainan bulu tangkis yang perlu diketahui dan dipahami, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (13/4/2022).

2 dari 8 halaman

1. Peraturan Servis Bulutangkis

Servis dalam bulu tangkis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang, menyeberangi jaring ke area lawan. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan keluar dan poin untuk penerima servis.

Partai tunggal dan ganda memiliki area servis masing-masing yang berbeda. Pengundian servis dilakukan sebelum permainan dimulai, seorang wasit melakukan pengundian terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang pertama berhak melakukan servis.

Beberapa aturan servis yang perlu diperhatikan dalam pemainan bulutangkis, antara lain:

  • Pada saat memukul, tinggi kepala (daun) raket harus berada di bawah pegangan raket.
  • Posisi kok harus berada di bawah pinggang.
  • Kaki kiri statis.
  • Kaki hanya bergeser, tetapi tidak lepas dari tanah.
  • Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.

Beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam servis permainan olahraga bulutangkis:

  • Pada saat memukul bola, kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket.
  • Kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang.
  • Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan.
  • Kaki kiri melakukan langkah.
  • Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul.
  • Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul.
3 dari 8 halaman

2. Garis Lapangan untuk Area Permainan dan Servis Bulu tangkis

Lapangan yang digunakan untuk permainan bulu tangkis antara partai ganda dan tunggal memiliki perbedaan. Di dalam permainan bulu tangkis setiap garis lapangan memiliki fungsi masing-masing.

Garis samping memiliki dua garis (luar dan dalam) dan garis belakang juga memiliki dua garis (luar dan dalam). Untuk area bidang permainan bulu tangkis, garis samping dalam dan garis belakang luar digunakan untuk area permainan tunggal.

Sedangkan garis samping luar dan garis belakang luar digunakan untuk area permainan untuk partai ganda.

Kemudian bidang area servis untuk partai tunggal adalah garis samping dalam dan garis belakang luar. Sementara untuk area servis untuk partai ganda adalah garis samping luar dan garis belakang bagian dalam.

4 dari 8 halaman

3. Jenis Pertandingan

 Pertandingan Ganda

Beberapa peraturan dalam pertandingan ganda, sebagai berikut:

  • Telah ditetapkan pihak mana yang akan melakukan servis pertama, pemain di bidang servis kanan memulai pukulan servis ke arah lawan yang berdiri secara diagonal di hadapannya.
  • Hanya pemain yang menjadi sasaran servis saja yang boleh menerima servis. Jika shuttlecock tersentuh atau dipukul oleh pemain pasangannya, pihak yang berada di sisi dalam mendapat angka.
  • Hanya satu pemain pada pihak yang melakukan servis permulaan atau pertama dari suatu pertandingan yang dapat melakukan pukulan servis tersebut.
  • Jika seorang pemain melakukan servis yang tidak pada gilirannya atau dari sisi lapangan yang salah, dan pihak yang melakukan servis yang memenangkan reli tersebut, akan terjadi let kembali yang harus diajukan sebelum pukulan servis berikutnya dilakukan

Pertandingan Tunggal

  • Pemain akan melakukan servis dari atau menerima servis dari bidang servis kanan hanya bila nilai pelaku servis adalah 0 atau angka genap pertandingan. Servis dilakukan dan diterima dari bidang servis kiri bila nilai pelaku servis merupakan angka ganjil.
  • Kedua pemain yang bertanding akan mengubah bidang servis tempat masing-masing pemain itu berdiri setiap kali sebuah angka dibuat.
5 dari 8 halaman

4. Kesalahan

Kesalahan yang dilakukan pemain yang berada pada sisi dalam lapangan akan menggagalkan servis yang dilakukannya.

Jika kesalahan dilakukan oleh pemain yang berada di sisi luar (sisi lapangan yang menerima servis) maka satu angka diperoleh pihak yang berada di sisi dalam (sisi lapangan yang melakukan servis).

Kesalahan lain terjadi jika:

  • Ketika melakukan servis, posisi shuttlecock saat disentuh raket berada di atas ketinggian pinggang pemain; atau satu di antara bagian dari kepala raket berada pada posisi lebih tinggi dari satu di antara bagian tangan pelaku servis yang memegang raket ketika shuttlecock disentuh raket.
  • Saat melakukan servis, shuttlecock jatuh ke bidang servis yang salah, yakni ke sisi yang tidak berhadapan diagonal dengan pelaku servis; atau jatuh di muka garis servis pendek; atau jatuh di belakang garis servis panjang; atau jatuh di luar garis batas samping lapangan.
  • Kaki pelaku servis tidak berada dalam bidang servisnya, atau kaki penerima servis tidak berada dalam bidang servisnya yang terletak berseberangan diagonal dan bidang servis pelaku servis, sampai pukulan servis selesai dilakukan.
  • Sebelum atau ketika melakukan servis, salah seorang pemain melakukan gerak tipu atau pura-pura atau secara sengaja mengejutkan lawannya.
  • Pada servis ataupun sedang reli, shuttlecock jatuh di luar garis batas lapangan, melayang menembus atau di bawah jaring, menyentuh langit-langit, menyentuh dinding samping atau menyentuh tubuh atau pakaian pemain.
  • Shuttlecock yang sedang dalam permainan dipukul sebelum menyeberang ke sisi lapangan pihak yang melakukan pukulan.
  • Waktu shuttlecock dalam permainan, pemain menyentuh jaring atau tiang penyangga dengan raket, bagian tubuh, atau bajunya.
  • Shuttlecock menempel pada raket saat pukulan dilakukan atau shuttlecock dipukul dua kali berurutan.
  • Saat dalam permainan, seorang pemain tersentuh shuttlecock ketika ia berada di dalam atau di luar batas lapangan.
  • Pemain menghalang-halangi lawan.
6 dari 8 halaman

5. Kontinuitas Permainan

Permainan harus berkelanjutan dari servis yang pertama hingga akhir pertandingan, ketika tim menang diputuskan, kecuali:

Pada International Badminton Championship dan Ladies International Badminton Championship harus diizinkan suatu waktu istirahat (tidak lebih dari lima menit) yakni antara pertandingan kedua dan ketiga.

Di daerah yang kondisi cuacanya menyebabkan waktu istirahat terganggu dibutuhkan (maksimal lima menit), yakni antara pertandingan kedua dan ketiga, baik untuk tunggal, ganda atau keduanya.

Lantaran keadaan yang tak terhindarkan oleh pemain, wasit dapat menunda permainan hingga waktu yang menurut pertimbangannya dibutuhkan.

7 dari 8 halaman

6. Partai dalam Permainan Bulu Tangkis

Ada lima partai dalam permainan bulutangkis yang biasa dimainkan, yaitu:

  • Partai tunggal putra

Tunggal putra adalah permainan yang dimainkan oleh seorang pemain putra dengan seorang pemain putra dari lawan.

  • Partai tunggal putri

Tunggal putri adalah permainan yang dimainkan oleh seorang pemain putri dengan seorang pemain putri dari tim lawan.

  • Partai ganda putra

Ganda putra adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang pemain putra dengan dua orang pemain putra dari tim lawan.

  • Partai ganda putri

Ganda putri permainan yang dimainkan oleh dua orang pemain putri dengan dua orang pemain putri dari tim lawan.

  • Partai ganda campuran

Ganda campuran adalah permainan yang dimainkan oleh pasangan putra putra dengan pasangan putra putra putri juga dari tim lawan.

8 dari 8 halaman

7. Sistem Penilaian/Perhitungan Point dalam Permainan Bulu tangkis

Ada beberapa jenis penilaian atau perhitungan poin dalam bulu tangkis, di antaranya sistem pindah bola dan sistem reli poin.

Sistem pindah bola dalam permainan bulu tangkis:

  • Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai orang pertama. Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan.
  • Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi orang pertama saat melakukan servis.
  • Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal settidaknya mendapat kesempatan kedua.
  • Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh orang pertama.

Sistem reli poin dalam permainan bulu tangkis:

  • Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua.
  • Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.
  • Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan.

Terhitung sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai tunggal maupun ganda menggunakan sistem perhitungan 3 × 21 reli poin.

Poin tertinggi dalam setiap set adalah 21 poin kecuali jika terjadi perpanjangan (deuce) hingga selisih jarak dua poin sesuai dengan ketetapan.

Pemain bisa dikatakan menang jika pemain tunggal maupun ganda bisa memenangkan dua set secara langsung. Jika terjadi hasil yang sama kuat dalam dua set, dilanjutkan dengan set permainan yang ketiga.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel bulu tangkis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer