Sukses


Jenis-Jenis Toleransi Beserta Penjelasannya yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, baik antarindividu maupun kelompok. Istilah toleransi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Secara etimologi, toleransi berasal dari bahasa latin, 'tolerare' yang artinya sabar dan menahan diri. Sementara secara terminologi, toleransi berarti sikap saling menghargai, menghormati, menyampaikan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada antarsesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), toleransi mempunyai pengertian menahan diri, bersikap sabar, dan juga membiarkan pendapat orang lain dan berhati lapang terhadap orang yang mempunyai pendapat yang bisa berbeda.

Dengan adanya sikap toleransi, konflik dan perpecahan antarindividu maupun kelompok tidak akan terjadi. Maka itu, penting memiliki sikap toleransi terhadap sesama.

Ada beberapa jenis toleransi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja jenis-jenis toleransi tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis toleransi beserta penjelasannya yang perlu dipahami, seperti dilansir dari belajargiat.id, Senin (23/5/2022).

2 dari 8 halaman

1. Toleransi Pemikiran

Toleransi pemikiran adalah bagiaman seseorang mau menerima dan menghormati perbedaan gagasan, meski gagasan yang dimiliki berbeda atau bahkan bertentangan dengan apa yang ia anut.

Tujuan adanya toleransi pemikiran ialah untuk menghasilkan penyatuan berbagai pemikiran dan gagasan dari berbagai sudut pandang, seperti keluarga, pengalaman sosial, studi akademis atau pembelajaran yang diperoleh di tempat kerja, dan lingkungan tempat tinggal.

Mengingat berbagai keyakinan dan pedoman hidup masing-masing orang berbeda dan tidak bisa dipaksakan maka toleransi perlu dimiliki agar bisa hidup damai berdampingan dalam konteks yang sama.

3 dari 8 halaman

2. Toleransi Rasial

Toleransi rasial berkaitan dengan hubungan yang mungkin ada antara orang-orang dari ras atau etnis yang berbeda.

Toleransi rasial adalah tentang bagaimana orang berinteraksi secara harmonis dengan orang-orang yang memiliki latar belakang ras yang berbeda. Asal-usul toleransi ini melibatkan karakteristik fisik seseorang, bentuk perilaku dan tabiatnya.

4 dari 8 halaman

3. Toleransi Beragama

Toleransi beragama adalah sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan agama yang ada dalam kehidupan.

Dalam beragama, contoh toleransi adalah dengan menghormati hak setiap orang untuk memilih agamanya serta memberikan ruang bagi mereka untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing.

Dengan memiliki sikap toleransi maka itu sama halnya dengan menghormati keyakinan orang lain.

5 dari 8 halaman

4. Toleransi Sosial

Arti dari toleransi sosial mengacu pada keberadaan orang-orang yang masuk kelas sosial berbeda.

Secara historis, ada banyak kasus intoleransi sosial, terutama karena adanya superioritas yang dimiliki sebagian orang dibandingkan orang lain yang dianggap lebih rendah.

Intoleransi sosial menghasilkan kebencian, prasangka, dan ketakutan yang membuat orang-orang tidak bisa hidup dalam harmoni, berdasarkan rasa hormat dan pengakuan dari yang lain.

6 dari 8 halaman

5. Toleransi Seksual

Toleransi seksual berhubungan dengan rasa hormat antara orang-orang yang berbeda jenis kelamin. Makna dari toleransi sosial juga bagimana seseorang mau menerima keberagaman seksual.

7 dari 8 halaman

6. Toleransi Budaya

Di Indonesia yang memiliki ragam budaya, toleransi adalah kunci untuk hidup rukun satu sama lain. Dengan toleransi, tidak ada sikap merendahkan antarbudaya. Maka itu, setiap orang harus mampu untuk memandang sama rata terhadap budaya yang lain.

8 dari 8 halaman

7. Toleransi Berpolitik

Toleransi ini lebih mengarah pada bagaimana setiap orang dapat menghargai dan menghormati pendapat politik yang dimiliki oleh orang lain. Dengan toleransi, setiap orang dapat sama-sama menjaga hak politik orang lain.

 

Sumber: Belajargiat

Video Populer

Foto Populer