Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar Bola Voli yang Perlu Dikuasai

Bola.com, Jakarta - Bola voli termasuk jenis cabang olahraga bola besar yang diminati, termasuk masyarakat di Indonesia.

Bola voli fleksibel dimainkan karena bisa digelar di berbagai lokasi, seperti lapangan semen, rumput, maupun pasir di pinggir pantai. Selain itu, bola voli bisa diikuti oleh semua kalangan, tua, muda, dengan beragam usia serta gender.

Bola voli dimainkan secara berkelompok. Jumlah pemain bola voli dalam satu tim terdiri dari enam pemain utama di dalam lapangan.

Bagi kamu yang tertarik memainkan olahraga ini, kamu perlu menguasai berbagai macam teknik dasar bola voli. Sebab, menguasai teknik dasar bola voli dapat memengaruhi permainan dan karenanya, kamu bisa meraih kemenangan.

Berikut ini macam-macam teknik dasar bola voli harus dikuasai oleh setiap pemain, dikutip dari laman Pintarnesia dan ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, Kamis (16/6/2022).

2 dari 5 halaman

Teknik Dasar Bola Voli Service

Pada permainan bola voli, servis merupakan pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai rally dalam suatu pertandingan bola voli.

Ada beberapa teknik dasar service dalam bola voli, yakni service lompat, service bawah, service samping serta service atas. Berikut ini penjelasan dari keempat service di atas:

  • Service lompat; Servis dengan cara melambungkan bola voli ke arah atas depan, setelah itu pemain melompat serta memukul bola voli saat di udara ke arah daerah lawan.
  • Service bawah; Servis dengan cara melambungkan bawah secukupnya (perlahan), setelah itu pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan cara tangan pemain mengepal.
  • Service atas; Servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian bola yang ideal, setelah itu pemain memukul bola dengan telapak tangan ketika bola voli berada pada atas kepala.
  • Servis samping; Servis bola voli dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian secukupnya, setelah itu pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil pemain tersebut memutar tubuh.
3 dari 5 halaman

Teknik Dasar Bola Voli Passing

Pada permainan bola voli, passing merupakan cara mengarahkan bola langsung ke daerah lawan ataupun memberikan umpan kepada rekan satu tim. Dalam permainan bola voli, ada dua teknik passing yang sering dilakukan oleh para pemain bola voli, yakni:

  • Passing bawah; Passing yang dilakukan pemain saat menerima bola, di mana posisi bola voli lebih rendah dari posisi kepala pemain bola voli yang akan menerima bola tersebut. Teknik passing ini umumnya digunakan saat menerima servis dari lawan permainan.
  • Passing atas; Passing yang bisa dilakukan saat menerima bola di mana posisi bola tersebut berada pada atas kepala pemain bola voli yang akan menerima bola tersebut. Teknik passing yang satu ini umumnya dilakukan saat memberikan umpan kepada rekan satu tim, tetapi teknik ini juga bisa digunakan untuk menerima servis dari lawan.
4 dari 5 halaman

Teknik Dasar Bola Voli Smash

Pada permainan bola voli, smash merupakan teknik menyerang dengan cara memukul bola sekeras mungkin supaya bola tersebut jatuh ke daerah lapangan lawan. Teknik smash bisa dilakukan dengan beberapa teknik, sebagai berikut:

  • Push smash (third tempo); Teknik smash yang dilakukan saat setter memberikan umpan bola (passing) sangat tinggi, setelah itu penyerang berlari dan melompat ke arah bola, serta memukul bola ke daerah lawan.
  • Ace smash; Teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli dengan cara melakukan pukulan yang keras ke daerah lapangan lawan.
  • Quick smash (first tempo); Teknik smash yang dilakukan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang yang satu ini dilakukan saat seorang setter memberikan umpan (passing) dan si penyerang sudah melompat untuk memukul bola ke daerah lawan.
  • Semi smash (second tempo); Teknik smash yang dilakukan saat seorang setter memberikan umpan bola (passing) tidak terlalu tinggi, lalu penyerang yang akan memukul bola sudah mulai melompat setelah mengetahui arah bola serta kemudian memukul bola ke daerah lawan.
  • Pull smash; Teknik smash disertai dengan gerakan menipu lawan sehingga membuat lawan menebak teknik serangan yang digunakan si penyerang, antara quick smash atau semi smash.
5 dari 5 halaman

Teknik Dasar Bola Voli Blocking

Pada permainan ini, blocking merupakan satu di antara teknik yang perlu dikuasai untuk memainkan permainan bola voli. Teknik ini merupakan teknik untuk menghalau serangan smash dari lawan supaya bola tidak bisa melewati net dan terjatuh di daerah lawan.

Teknik blocking hanya bisa dilakukan oleh pemain yang berada di depan garis serangan. Sedangkan untuk pemain yang berada pada posisi belakang garis serang, tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Teknik ini umumnya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya karena dengan posisi yang tinggi tersebut, bisa memudahkan pemain untuk menghalau atau membalikkan bola yang di smash oleh tim lawan.

 

Sumber: Pintarnesia, ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer