Sukses


Contoh-Contoh Teks Eksposisi dari Berbagai Tema, Lengkap beserta Strukturnya

Bola.com, Jakarta Teks eksposisi adalah tulisan yang menjelaskan informasi atau ilmu pengetahuan tertentu secara faktual.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan.

Dengan kata lain, teks eksposisi hanya memuat informasi ilmiah dan sudah terbukti kebenarannya.

Untuk mendukung penjelasan tertulis, biasanya teks eksposisi dilengkapi dengan data dalam bentuk tabel, grafik, hingga foto pendukung.

Sedangkan, bahasa yang digunakan pada teks eksposisi bersifat lugas, padat, dan jelas. Jadi, penulisan teks eksposisi tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena informasi yang dimuat bakal dibaca oleh banyak orang.

Untuk memahami lebih dalam tentang teks eksposisi, kamu bisa membaca contoh-contohnya.

Berikut ini contoh teks eksposisi dari berbagai tema, lengkap dengan strukturnya, dikutip dari laman Kudupinter dan Bocahkampus, Jumat (24/6/2022).

2 dari 5 halaman

Menjaga Lingkungan Hidup

- Tesis

Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan berimbas pada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah dan lembaga kesehatan sering menggalakkan kegiatan-kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan. Hal itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diingnkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamatan masyarakat. Kegiatan penanggulangan tersebut di antaranya membuang sampah pada tempatnya, pendauran ulang sampah organik dan non organik, dan lain sebagainya.

- Argumentasi

Gotong royong dalam membersihkan dan menjaga lingkungan secara rutin dengan cara menjadwal setiap kelompok kepala keluarga merupakan satu di antara alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan.

Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari yang ada dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Selain itu, Hari minggu juga digunakan sebagai kegiatan kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa yang di mulai pada pagi hari. Terdapat banyak manfaat yang di dapat dalam kegiatan tersebut, selain kebersihan dan kesehatan yang di dapat, juga akan terjalin hubungan solidaritas antarwarga yang kuat di antara mereka.

- Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan hidup merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan dari masyarakat dan merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat.

Kebersihan lingkungan masyarakat akan menjamin kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan tercapai jika dilakukan secara gotong royong melalui kerja bakti yang terorganisir, terjadwal, dan terpadu.

3 dari 5 halaman

Penetapan Standar Caleg dalam Meminimalisir Tindakan Korupsi

- Tesis

Dalam pemilihan umum, seharusnya setiap partai politik memiliki standar yang ketat dan tegas dalam perekrutan calon anggoya legislatif. Standar kriteria setiap calon wakil rakyat haruslah bisa menjadi kualifikasi tegas bagi para calon anggota wakil rakyat yang bermasalah, khususnya korupsi.

Seperti contoh, para calon legislatif yang pernah tercantun dalam permasalahan pelanggaran HAM atau permasalahan korupsi, tidak diperkenankan untuk menjadi dan diterima sebagai anggota legislatif.

Hal tersebut perlu diperhatikan dengan tegas, karena anggota dewas diharapkan adalah benar-benar orang yang bermasalah dan memiliki integritas tinggi terhadap negeri.

- Argumentasi

Penetapan standar dalam pemilihan calon anggota legislatif menjadi satu di antara tindakan yang sangat penting untuk di galakkan. Berdasarkan fakta dan hasil survei, menunjukkan bahwa lemabaga parlemen dalam sistem pemerintahan parlementer, baik itu lembaga tingkat pusat maupun lembaga yang ada ditingkat daerah, dianggap sebagai lembaga-lemabaga dengan tingkat pelanggaran korupsi tertinggi. Hal tersebut dijelaskan oleh Jojo Rohi yang menjabat sebagai Sekertaris Jendral Komite Indpenden Pemantau Pemilu (KIPP).

- Penegasan Ulang

Penetapan standar caleg merupakan tindakan yang perlu dan penting untuk digalakkan. Hal tersebut dikarenakan anti korupsi menjadi hal prinsip yang harus di cantumkan dalam kriteria pencalonan anggota legislatif.

Setiap caleg yang memiliki track record yang buruk seperti pelanggaran HAM (poligami, selingkuh, dsb) dan korupsi, seharusnya tidak diperkenankan menjadi anggota dewas legislatif. Harapan dari tindakan tersebut adalah berkurangnya angka korupsi di tingkat lembaga legislatif.

4 dari 5 halaman

Peran Penting Orang Tua terhadap Remaja

- Tesis

Orang tua tentu merasa bahagia ketika melihat pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada anaknya. Namun, ketika anak-anak mulai menginjak usia remaja, mereka lebih suka menghabiskan waktu tanpa ingin diawasi oleh orang tua. Inilah satu di antara hal yang mengkhawatirkan dan cukup berbahaya bagi remaja. Maka dari itu peran orang tua tetap sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, meski mereka sudah beranjak dewasa.

- Argumentasi

Diawali dengan karakter seorang remaja yang ingin tahu dan ingin mencoba banyak hal baru, tak jarang mereka tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Selain itu, remaja merupakan masa ketika anak-anak mulai belajar tentang siapa diri mereka dan bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, peran orang tua dibutuhkan sebagai penyangga agar anak-anak tidak jatuh ke lubang yang salah dan dapat menempatkan diri dengan baik di lingkungan mereka.

Komunikasi antara orang tua dan anak juga merupakan satu di antara peranan penting dalam mendidik dan membimbing anak remajanya, misalnya dengan membantu mengarahkan, menyayangi, menasehati, dan lain sebagainya.

- Penegasan Ulang

Berdasarkan pernyataan tersebut, orang tua akan selalu memegang peranan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Meskipun mereka sudah beranjak remaja, mereka tetap harus dikontrol dan dibina oleh orang yang lebih tua.

5 dari 5 halaman

Kemacetan dan Masa Depan Kota

- Tesis

Transportasi merupakan kebutuhan dari berbagai kegiatan sosial maupun ekonomi. Tipe kegiatan sosial maupun ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

- Argumentasi

Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang sifatnya berulang, misalnya terjadi pada para pekerja dan orang-orang yang menempuh pendidikan di sekolah atau kampus.

Di Kota Yogyakarta, kemacetan terjadi hampir setiap hari di titik-titik yang menjadi jalur pergerakan utama para pekerja kantoran menuju lokasi kerja, serta siswa dan mahasiswa yang menuju sekolah maupun kampus.

Kemacetan yang berulang dalam jangka waktu yang lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan dan menjelang hari raya. Pada tahap arus mudik dan arus balik, kemacetan parah akan terjadi di jalan-jalan arah luar kota, seperti Jalan Magelang, Jalan Solo, dan Jalan Wates.

Dalam rentang waktu tersebut, kemacetan juga dapat dirasakan di pusat kota sebagai tujuan wisata dan tempat menginap seperti Malioboro, Prawirotaman, serta jalan-jalan yang menuju objek wisata seperti Parangtritis.

- Penegasan Ulang

Kemacetan harian yang dominan umumnya ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan satu di antara solusi yang dapat diterapkan. Jika tidak, maka kemacetan akan terus berulang dan akan memberikan dampak pada masyarakat itu sendiri.

 

Sumber: Kudupinter, Bocahkampus

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer