Sukses


Manfaat Sehat Mengonsumsi Kimchi

Bola.com, Jakarta - Manfaat sehat mengonsumsi kimchi perlu Anda ketahui. Selama ini banyak dari kita mengenal kimchi sebagai pendamping makanan-makanan Korea, seperti ramen.

Ketenaran kimchi mulai merebak seiring masuknya gelombang budaya Korea ke berbagai negara dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya budaya seperti musik, film, drama, makanan khas asal Negeri Ginseng juga ikut booming.

Satu di antara makanan khas tersebut ialah kimchi. Kimchi adalah makanan yang terbuat dari sayuran segar yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. 

Sayuran yang paling sering digunakan adalah sawi putih, tetapi juga bisa menggunakan lobak, wortel, atau mentimun untuk membuatnya.

Dilansir dari Klikdokter, kimchi memiliki kandungan gizi beragam dan termasuk makanan rendah kalori serta tidak memiliki lemak. Dalam 100 gram kimchi mengandung 18 kkal kalori, 7 gram karbohidrat, 2 gram serat, serta berbagai vitamin dan mineral.

Maka itu, kimchi termasuk makanan sehat. Mengonsumsinya dengan bijak dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat sehat mengonsumsi kimchi, disadur dari Klikdokter, Kamis (30/6/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Mengonsumsi Kimchi

1. Mengandung bakteri baik

Proses fermentasi dalam pembuatannya telah membuat kimchi mengandung probiotik, seperti Lactobacillus

Lactobacillus merupakan bakteri baik yang secara alami terdapat di saluran pencernaan dan dapat membantu tubuh mencerna makanan yang Anda konsumsi. 

2. Sarat nutrisi

Kubis sebagai satu di antara bahan utama dalam kimchi, contohnya, menawarkan vitamin A, vitamin C, setidaknya 10 mineral berbeda, serta lebih dari 34 asam amino. 

Terlebih lagi, proses fermentasi dapat mengembangkan nutrisi tambahan yang lebih mudah diserap oleh tubuh Anda.

Lantaran bahan kimchi sangat bervariasi maka beragam nutrisi baik seperti vitamin K dan riboflavin juga hadir dalam makanan ini. 

Vitamin K memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme tulang dan pembekuan darah. Sementara riboflavin membantu mengatur produksi energi, pertumbuhan sel, dan metabolisme.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Satu di antara manfaat kimchi bagi kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung Anda. 

Selain sawi putih, kimchi juga terbuat dari cabai, bawang putih, lobak, serta jahe. 

Bahan-bahan tersebut dapat berperan sebagai antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena memiliki efek antiperadangan dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Mengonsumsi Kimchi

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kaitan antara kimchi dan kolesterol sebenarnya belum jelas. Namun, beberapa studi menemukan bahwa mereka yang teratur mengonsumsi kimchi cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. 

Para ilmuwan belum sepenuhnya yakin bahan mana dalam kimchi yang bertanggung jawab secara spesifik menurunkan kolesterol jahat tersebut.

Namun, yang bisa dipastikan adalah bahan penyusun kimchi seperti kubis, cabai merah, bawang putih, jahe, dan daun bawang, semuanya menawarkan potensi manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

5. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kimchi juga berhubungan dengan organ mata. Satu porsi kimchi dapat memenuhi 18 persen dari nilai harian vitamin A di dalam tubuh. 

Seperti yang diketahui, vitamin A merupakan antioksidan alami yang diperlukan untuk kesehatan mata.

6. Menurunkan risiko terkena kanker

Kandungan vitamin A dan C dalam kimchi yang cukup tinggi dapat berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Itulah mengapa, konsumsi kimchi secara teratur yang diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Mengonsumsi Kimchi

7. Mencegah infeksi jamur

Kandungan bakteri baik di dalam kimchi membuatnya bermanfaat sebagai pengobatan alami untuk mengatasi infeksi jamur. Satu di antaranya jamur Candida albicans. 

Satu di antara studi laboratorium menunjukkan bahwa Lactobacillus dari kimchi menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap jamur tersebut. 

Selain itu, sulfida dan isosianat yang terkandung di dalam kimchi dapat berperan sebagai antimikroba.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sekitar 75 persen sistem imunitas tubuh terdapat di saluran pencernaan, sebab itu berasal dari apa yang Anda konsumsi sehari-hari. 

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food menyebutkan bahwa bakteri baik yang dihasilkan dari fermentasi kimchi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah mengapa, makan kimchi secara teratur bermanfaat untuk menjauhkan Anda dari berbagai serangan penyakit. 

9. Mengurangi peradangan

Kimchi bermanfaat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh Anda. 

Dalam satu di antara penelitian mengenai kimchi, didapatkan bahwa probiotik dan komponen aktif yang terkandung di dalamnya dapat berperan sebagai antiradang bagi tubuh.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Sehat Mengonsumsi Kimchi

10. Memperlambat penuaan

Terpapar radikal bebas setiap hari dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh dan mempercepat proses penuaan. 

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Medicinal Food, senyawa fenolik, vitamin C, klorofil, dan karotenoid yang terdapat di dalam kimchi mampu memperpanjang umur sel dengan melawan radikal bebas.

11. Membantu menurunkan berat badan

Lantaran terbuat dari sayuran segar, kimchi mengandung kalori yang rendah, serat tinggi, dan tentunya probiotik. Hal tersebut berguna untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Ini diperkuat dalam satu di antara studi yang diikuti oleh 22 orang yang obesitas. Mereka yang rutin mengonsumsi kimchi mengalami penurunan berat badan dan juga kadar gula darah.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 14/5/2022)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer