Sukses


Daftar Gurun Terluas di Dunia, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta Mungkin belum banyak yang mengetahui, bahwa sekitar 1/3 daratan yang terdapat di muka bumi ini berupa gurun. Mendengar kata gurun, tidak sedikit orang yang langsung terlintas dengan Gurun Sahara.

Gurun yang terletak di utara Afrika ini termasuk satu di antara gurun terluas di dunia. Namun, untuk kategori gurun semua tipe, Gurun Sahara merupakan gurun terluas ketiga di dunia.

Di sisi lain, berdasarkan lintas dan lokasi keberadaannya, gurun dapat digolongkan menjadi empat tipe, yaitu Gurun Kutub (Polar Deserts), Gurun Subtropis (Subtropical Deserts), Gurun Musim dingin (Cold winter Deserts), dan Gurun Pantai Dingin (Cool Coastal Deserts).

Umumnya, orang-orang mengetahui gurun berupa pada pasir. Padahal, gurun tidak hanya berupa pasir dan batu-batuan, tetapi ada juga gurun yang berupa berupa es. 

Selain Gurun Sahara, masih ada gurun lain yang terluas di dunia. Apa saja nama gurun terluas di dunia tersebut?

Berikut ini daftar gurun terluas di dunia, yang menarik untuk diketahui, dilansir dari laman Ilmugeografi, Senin (8/8/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Gurun Terluas di Dunia

1. Gurun Antartika

Gurun Antartika adalah gurun terluas pertama dalam daftar ini. Gurun Antartika memiliki luas 14.000.000 km² (5,5 juta mil persegi).

Gurun Antartika mempunyai suhu sekitar -85 hingga -90 derajat celcius sehingga gurun ini banyak ditutupi dengan es yang sangat dingin.

Kondisi tersebut membuat tidak banyak makhluk hidup yang bisa bertahan lama di gurun tersebut. Pada musim panas, suhu di gurun ini mencapai sekitar 30 derajat celcius, lebih tinggi dari musim dingin.

2. Gurun Sahara

Gurun Sahara telah lama dikenal sebagai gurun luas di dunia. Gurun Sahara merupakan gurun bertipe subtropis yang berada di benua Afrika bagian utara.

Luas gurun tersebut kira-kira 3,5 juta mil persegi atau 9 juta km². Gurun Sahara terbentang di beberapa negara, di antaranya Algeria, Libya, Mesir, Mauritania, Mali, Chad, dan Sudan.

3. Gurun Arabia

Gurun Arabia terletak di Semenanjung Arab. Gurun ini dipenuhi dengan pasir. Hamparan luas dari padang pasir ini terdiri dari bukit-bukit pasir bergerak.

Suhu di gurun Arab sekitar 40-50 derajat celcius pada musim panas, serta memiliki suhu dingin sekitar 5-15 derajat celcius, dan terkadang turun sampai 0 derajat celcius.

3 dari 4 halaman

Daftar Gurun Terluas di Dunia

4. Gurun Gobi

Gurun Gobi merupakan gurun terluas di dunia keempat. Gurun Gobi adalah gurun terbesar di China yang terletak di bagian selatan Mongolia.

Gurun ini memiliki banyak padang dan semi gurun pasir. Gurun Gobi memiliki luas sekitar 1.300.000 km², sehingga membentang luas dari pegunungan, bukit, hingga lembah yang mendekati bagian selatan Mongolia.

5. Gurun Kalahari

Gurun Kalahari terdapat di bagian Afrika Selatan, tepatnya berada di daerah Bostwana dan Nabimia. Gurun Kalahari memiliki luas sekitar 900.000 km².

Gurun ini memiliki iklim kering dengan hujan yang lama turun dan musim dingin yang ringan.

6. Gurun Patagonia

Gurun Patagonia memiliki luas sekitar 637.000 km², terletak di bagian selatan Argentina dan sebagian Cile. Gurun ini merupakan gurun yang beriklim dingin dengan suhu rata-rata 3-12 derajat celcius.

Wilayah di bagian gurun ini mengalami musim dingin selama tujuh bulan dan sisanya lima bulan untuk musim panas.

4 dari 4 halaman

Daftar Gurun Terluas di Dunia

7. Gurun Syria

Gurun Syria disebut juga dengan Gurun Siro Arab. Gurun Syria memiliki luas sekitar 520.000 km². Gurun ini memiliki cuaca subtropis.

8. Gurun Taklamakan

Gurun Taklimakan berada di bagian Asia Tengah tepatnya di wilayah China. Gurun ini memiliki luas sekitar 480.000 km².

9. Gurun Great Victoria

Gurun Great Victoria berada di benua Australia, tepatnya di bagian barat dan Selatan.

Luas wilayah gurun ini sekitar 647.000 km² dengan intensitas hujan rata-rata rendah yaitu sekitar 200-250 mm sepanjang tahun.

Wilayah ini bisa mengalami badai secara rutin dengan suhu di musim panas sekitar 32-40 derajat celcius.

 

Sumber: Ilmugeografi

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer