Sukses


Contoh Teks MC Malam Tasyakuran 17 Agustus, Bisa Menjadi Referensi

Bola.com, Jakarta - Seorang MC (Master of Ceremony) menjadi perangkat penting dalam sebuah acara. Jika tidak diatur ataupun dipandu seorang MC, acara tersebut bisa terkendala.

Seorang MC juga memegang tanggung jawab untuk menjaga mood para tamu agar tetap merasa nyaman dan senang menikmati acara yang diselenggarakan.

Seperti diketahui, malam sebelum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, biasanya diselenggarakan malam tasyakuran 17 Agustus. Acara ini juga bisa dipandu seorang MC.

Sebelum seorang MC membawa acara malam tasyakuran 17 Agustus, seorang MC sebaiknya mempersiapkannya dengan baik dan benar. Tujuannya untuk meminimalkan kesalahan dalam memandu acara tersebut dan diharapkan dapat berjalan dengan runtut.

Bagi Anda yang mendapatkan kesempatan menjadi MC di acara malam tasyakuran 17 Agustus, ada beberapa contoh teks MC, yang bisa dijadikan rujukan.

Berikut ini contoh teks MC malam tasyakuran 17 Agustus, yang bisa menjadi referensi, dikutip dari laman Ninopedia dan Ragamkatakita, Selasa (16/8/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Malam Tasyakuran 17 Agustus 1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Alhadulillahirabbil 'alamiin, washolatu wassalmu 'ala asyrofil ambiyaa'i wal mursaliin, wa'ala alihi wa ashhabihi waman tabi'ahum bi ihsanin ilaa yaumuddin.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. atas limpahan rahmat serta rida-Nya kita dapat berkumpul pada acara malam tasyakuran untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

Selawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw. beserta keluarga, para sahabat, serta para pengikutnya. Mudah-mudahan kita semua akan mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti, aamiin.

Yang terhormat Bapak RT/RW... dan Ustadz....

Yang saya hormati seluruh warga RT/RW.../...

Para hadirin yang berbahagia

Langsung saja untuk mempersingkat waktu, izinkan saya selaku pembawa acara untuk menyampaikan serangkaian acara pada malam hari ini, yakni sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur'an
  • Sambutan RT/RW
  • Doa
  • Penutup

Para hadirin, mari Kita buka acara ini dengan membaca Al Fatihah bersama-sama.

Ilaahadratin nabiyyil musthofaa shollallahu 'alaihi wa sallama, wa aalihi wa azwajihi wa aulaadihi wa dzurriyatihi. Al Fatihah.

Semoga acara pada malam hari ini dapat berjalan lancar dan berkah bagi Kita semua.

Acara berikutnya yakni pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Saudara....

Kepada Saudara dipersilakan.

Terima kasih kami ucapkan kepada Saudara... yang telah melantunkan ayat suci Al-Qur'an secara merdu.

Acara selanjutnya yaitu sambutan oleh Bapak Ketua RT/RW...

Kepada Bapak... kami persilakan.

Terima kasih atas sambutanya.

Dilanjutkan dengan acara yang keempat yakni doa bersama.

Doa akan dipimpin oleh Ustaz..., kepada beliau, kami persilakan.

Terima kasih, semoga doa yang telah Kita panjatkan bersama-sama dikabulkan oleh Allah Swt. Semoga negeri Indonesia ini menjadi negeri yang aman dan damai.

Mari kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah bersama-sama.

Alhamdulillahirabbil 'aalamiin.

Saya sebagai MC yang memandu acara ini memohon maaf sebesar-besarnya kepada semua hadirin apabila terdapat kata atau perbuatan yang kurang berkenan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Malam Tasyakuran 17 Agustus 2

Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin washolatu wassalamu 'ala asrofil anbiyaa ii wal mursalin sayyidina muhammadin, wa'ala alihi wa ashabihi ajmain.

Sebelumnya, yang kami hormati Ananda… selaku ketua panitia malam tasyakuran 17 Agustus, yang kami hormati bapak ketua RW… , dan yang saya hormati para bapak/ibu saudara sekalian.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah Swt. yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul di jalan poros ini untuk memperingati malam tirakatan HUT RI yang ke-77.

Para hadirin yang dirahmati oleh Allah, selanjutnya, marilah kita panjatkan selawat serta salam yang senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Nabi Muhammad saw. karena beliaulah yang membimbing kita dari jalan kegelapan untuk menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.

Selanjutnya, langsung saja untuk mempersingkat waktu, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Berikut ini merupakan susunan acaranya:

  • Susunan acara yang pertama adalah pembukaan.
  • Susunan acara yang kedua adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga lagu 17 Agustus.
  • Acara yang ketiga adalah melakukan doa bersama.
  • Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama akan disampaikan oleh  Ananda… selaku ketua panitia malam tirakatan.
  • Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Bapak… selaku ketua RW…
  • Acara yang keenam adalah acara hiburan dan ramah tamah.
  • Dan acara yang terakhir adalah penutup.

Demikian susunan acara yang akan berlangsung pada hari ini. Langsung saja untuk mempersingkat waktu, marilah kita mengawali acara yang pertama yakni pembukaan.

Acara yang pertama adalah pembukaan, di mana sebelum memulai acara malam tirakatan pada hari ini, alangkah lebih baiknya kita membuka acara dengan membaca basmallah dan Al Fatihah.

Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga lagu 17 Agustus yang akan dipandu oleh Ananda… waktu dan tempat kami persilakan.

Terima kasih, acara selanjutnya yakni pembacaan doa bersama untuk mengenang jasa dari para pahlawan bangsa. Pembacaan doa akan dipimpin oleh Bapak… kepada Bapak… waktu dan tempat kami persilakan.

Terima kasih, kepada Bapak... yang telah bersedia untuk memimpin pembacaan doa tersebut. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Ananda… selaku ketua panitia acara pada malam hari ini. Kepada Ananda… waktu dan tempat kami persilakan.

Terima kasih atas sambutan yang sudah diberikan oleh Ananda… Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh Bapak… selaku ketua RW dari Desa… Kepada Bapak… waktu dan tempat kami persilakan.

Terima kasih atas sambutan yang sudah disampaikan oleh Bapak… selaku ketua RW dari Desa… Acara selanjutnya adalah acara hiburan dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

Hiburan pertama berupa pencak silat yang akan dilakukan oleh Ananda… kepada Ananda… dipersilakan untuk naik ke panggung.

Terima kasih atas pertunjukan yang sudah diberikan oleh Ananda… hiburan yang kedua berupa drama yang akan diperankan oleh remaja dari RT… kepada para pemain yang bertugas, dipersilakan untuk maju ke pentas.

Tidak terasa waktu cepat berlalu sehingga kita sudah mencapai akhir acara.

Karena pada pembukaan tadi kita tutup dengan basmalah maka alangkah lebih baik acara juga kita tutup dengan bacaan hamdalah.

Terima kasih kepada para bapak dan ibu warga serta adik-adik sekalian yang sudah menghadiri acara malam tirakatan pada malam hari ini. Hendaklah kita selalu mengingatkan jasa para pahlawan untuk membuat negara ini bisa merdeka, semoga juga kita bisa bertemu malam tirakatan lagi di lain waktu.

Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan perkataan dan perbuatannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Malam Tasyakuran 17 Agustus 3

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua.

A'udzubillah, bismillah, Alhamdulillah, laa haula walaa quwwata illa billah. Amma ba'dah.

Yang terhormat, Kepala Desa… beserta perangkatnya.

Yang kami hormati Ketua… dan Ketua Karang Taruna…, serta para tokoh masyarakat…, yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu

Segenap panitia pelaksana Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia yang kami hormati.

Serta hadirin tamu undangan yang berbahagia.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. karena dengan limpahan rahmat, taufik, hidayah, serta inayah-Nya yang diberikan pada kita sehingga kita bisa menghadiri rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia,  pada malam hari ini yaitu, malam tasyakuran 17 Agustus tahun 2022.

Selawat beriring salam, semoga tertap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad saw. beserta para sahabat, dan pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Aamiin.

Hadirin tamu undangan yang kami hormati.

Sebelum acara malam tasyakuran 17 Agustus ini kita mulai, berikut ini kami bacakan susunan acara yang yang akan berlangsung pada kesempatan kali ini:

  • Pertama, pembukaan
  • Kedua, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta
  • Ketiga, sambutan-sambutan
  • Ketua Panitia
  • Kepala Desa…
  • Keempat, pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah dan dorprize dilanjutkan penampilan-penampilan.
  • Kelima, pembacaan doa
  • Ke enam, pemotongan tumpeng
  • Terakhir, penutup

Bismillahirrohmaanirrohim.

Melanjutkan acara yang kedua yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta, hadirin dimohon berdiri.

Terima kasih, para hadirin dipersilakan duduk kembali.

Melanjutkan acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus tahun 2022, yaitu Bapak…, kepada Bapak … kami persilakan.

Kepada Bapak… kami sampaikan terima kasih.

Sambutan yang kedua yaitu sambutan Kepala Desa… yang akan disampaikan oleh Bapak…, kepada Bapak… disilakan.

Demikian sambutan Kepala Desa…, kepada Bapak… disampaikan terima kasih.

Meningkat acara yang keempat yaitu pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah serta doorprize dilanjutkan penampilan-penampilan. Kepada panitia yang bertugas disilakan.

Melanjutkan acara berikutnya yaitu pemotongan tumpeng, tapi sebelumnya akan diawali dengan doa yang akan di pimpin oleh Bapak…, kepada Bapak … disilakan.

Aamiin. Aamiin. Aamiin ya robbal 'alamin. Kepada Bapak… diucapkan terima kasih. Untuk selanjutnya pemotongan tumpeng kepada Bapak Kepala Desa… , didampingi Bapak… dan panitia, kami persilakan.

Bapak ibu hadirin yang berbahagia.

Demikian tadi telah kita mengikuti bersama rangkaian acara malam tasyakuran 17 Agustus tahun 2022, semoga acara malam hari ini dapat membawa manfaat bagi kita semua. Aamiin.

Dan tibalah di pengujung acara yakni penutup. Namun, sebelum acara ini kita tutup, saya selaku pembawa acara dari awal sampai akhir, apabila ada kesalahan baik tutur kata maupun tingkah laku, saya mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Marilah kita tutup acara ini dengan membaca lafal hamdalah bersama. Alhamdulillahirobbil ‘alamiin.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamiththoriq,

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

Sumber: Ninopedia, Ragamkatakita

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer