Sukses


Pengertian Kebudayaan beserta Unsur dan Wujudnya

Bola.com, Jakarta - Kebudayaan merupakan satu di antara unsur yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebudayaan menjadikan suatu peradaban manusia dapat dikenali dan diamati dalam jangka waktu yang tak terbatas.

Dalam seperangkat kebudayaan, ada beberapa hal yang menjadi dasarnya. Beberapa hal tersebut antara lain meliputi nilai, akal, budi, moral, tujuan, hingga adat istiadat.

Secara singkat, kebudayaan adalah suatu hal yang menjadi patokan cara hidup suatu masyarakat tertentu. Biasanya, kebudayaan ini tidak semata-mata terbentuk dalam kurun waktu singkat.

Kebiasaan dan sistem yang berlaku di masyarakat membentuk kebudayaan itu melalui proses tertentu sehingga kebudayaan tersebut membentuk suatu identitas pribadi yang unik dan menjadi pembeda antara masyarakat satu dengan lainnya.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang kebudayaan, disadur dari Merdeka, Kamis (18/8/2022).

2 dari 6 halaman

Sejarah Munculnya Istilah Kebudayaan

Sejarah kemunculan istilah kebudayaan tidak jauh dari pengaruh kepercayaan dan agama yang masuk ke Nusantara. Seiring berjalannya waktu, masyarakat lantas menjuluki suatu hal yang dianggap dapat membentuk entitas dengan budaya.

Istilah tersebut yakni berasal dari bahasa Sanskerta yang berupa 'buddhayah'. Istilah tersebut merupakan bentuk plural atau jamak dari kata 'buddhi', yang memiliki makna akal atau budi. Jadi, kebudayaan adalah suatu hal yang dimaknai sebagai akal dan budi sekelompok manusia.

Kebudayaan dalam bahasa Indonesia juga sering kali menggunakan dua kata yang berbeda, yakni budaya dan kebudayaan. Meski berbeda, makna dari keduanya tetap sama.

3 dari 6 halaman

Pengertian Kebudayaan Secara Umum

Secara umum, kebudayaan adalah sesuatu yang berasal dari masyarakat dan memberikan batasan-batasan tertentu sehingga membentuk suatu identitas. Kebudayaan adalah pola hidup masyarakat yang bersifat kompleks, menyeluruh, dan cukup abstrak.

Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai cara hidup masyarakat tertentu untuk mencapai tujuan yang telah menjadi konsensus bersama sehingga kebudayaan dari suatu masyarakat tertentu mungkin akan berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya.

Kebudayaan terbentuk melalui proses panjang dan dalam kurun waktu panjang. Bahkan, kebudayaan tersebut akan diturunkan pada generasi selanjutnya melalui proses internalisasi dan sosialisasi untuk membentuk konstruksi kognitif mengenai identitasnya.

4 dari 6 halaman

Unsur Kebudayaan

1. Sistem Bahasa

Unsur dari kebudayaan yang pertama adalah sistem bahasa. Bahasa menjadi unsur penting yang melandasi terbentuknya kebudayaan. Melalui bahasa, masyarakat dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi.

2. Sistem Kepercayaan

Unsur kebudayaan yang kedua adalah munculnya sistem kepercayaan dari masyarakat sendiri. Kemunculan unsur yang satu ini tidak lain berasal dari permasalahan mengenai kekuatan supranatural yang dianggap penting untuk dicari cara komunikasi beserta wujud hubungannya.

3. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan juga mendasari suatu kebudayaan dari masyarakat. Sebab, sistem pengetahuan akan berkaitan langsung dengan peralatan bertahan hidup hingga teknologi.

Sistem pengetahuan ini tak lain berasal dari akal manusia untuk mempermudah mereka mempertahankan hidup dengan memenuhi kebutuhannya.

5 dari 6 halaman

Unsur Kebudayaan

4. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Unsur yang keempat dari kebudayaan adalah sistem peralatan hidup dan teknologi. Secara langsung, unsur yang satu ini yakni bersifat kebudayaan fisik, yang berasal dari akal pemikiran masyarakat untuk beradaptasi.

5. Sistem Mata Pencaharian Hidup

Unsur dari kebudayaan yang berikutnya yakni berkaitan erat dengan pola pemenuhan kebutuhan melalui sistem perekonomian yang dibangun. Hal ini juga menjadi unsur penting untuk mengkaji kebudayaan secara menyeluruh.

6. Sistem Sosial

Sistem sosial menjadi unsur kebudayaan yang juga tidak kalah penting. Unsur ini meliputi sistem kekerabatan, interaksi, dan organisasi sosial sehingga kebudayaan memudahkan kita untuk melihat perkembangan dan dinamika berbagai kelompok sosial.

7. Kesenian

Unsur yang menjadi perhatian para ahli antropologi adalah bentuk kesenian yang dihasilkan suatu kebudayaan tertentu. Biasanya, kesenian akan memuat beragam kebudayaan fisik seperti artefak, patung, ukuran, hiasan, dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

Wujud Kebudayaan

1. Nilai Budaya

Nilai budaya berkaitan langsung dengan gagasan yang telah dipelajari masyarakat sejak dahulu. Maka itu, nilai budaya yang menghasilkan nilai, pikiran, dan tingkah laku ini cenderung sulit untuk diubah.

2. Sistem Sosial

Wujud dari kebudayaan yang lain adalah sistem sosial atau pola interaksi masyarakat yang didasari pada tingkah lakunya. Wujud yang satu ini cenderung bersifat konkret sehingga dapat diamati dan dikaji secara lebih lanjut oleh para ahli.

3. Kebudayaan Fisik

Selain sistem sosial, wujud kebudayaan adalah berupa kebudayaan fisik yang juga bersifat konkret dan jelas. Hal ini biasanya menjadi peninggalan yang menghasilkan corak khas dan unik seperti candi, piring, pakaian adat, dan lain sebagainya.

4. Sistem Budaya

Berbeda dengan kebudayaan fisik dan sistem sosial, sistem budaya justru cenderung bersifat abstrak yang memuat pola masyarakat dalam bertingkah laku hingga menghasilkan kebudayaan tertentu.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 23/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer