Sukses


3 Contoh Teks Eksposisi Singkat dari Berbagai Tema yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Di bangku sekolah, satu di antara materi yang dipelajari dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah mengenai teks eksposisi.

Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu teks eksposisi. Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

Secara umum, teks eksposisi digunakan untuk menyampaikan pendapat atau gagasan secara terperinci.

Teks eksposisi sifatnya ilmiah atau nonfiksi. Dengan kata lain, teks eksposisi hanya memuat informasi ilmiah dan sudah terbukti kebenarannya.

Dalam teks eksposisi bisa membahas isu tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Untuk memahami lebih dalam tentang teks eksposisi, kamu bisa membaca contoh-contohnya.

Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi singkat berbagai tema, yang bisa dicermati, dikutip dari laman Pendidikan dan Kudupinter, Selasa (23/8/2022).

2 dari 4 halaman

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

- Tesis

Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu di antara faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.

- Argumentasi

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari Jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Satu di antara manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid makin akrab.

- Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetap sehat dab terawat secara terus-menerus.

3 dari 4 halaman

Realita Hukum di Indonesia

- Tesis

Hukum di Indonesia sebenarnya telah mengatur bagaimana para pelaku tindak kriminal dihukum berdasarkan undang-undang.

Namun, pada kenyataannya sering terjadi ketakadilan hukum yang sangat merugikan berbagai pihak. Sering dikatakan hukum di Indonesia tajam ke bawah, tetapi tumpul di atas.

- Argumentasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para pelaku korupsi mendapatkan hukuman yang lebih rendah dibandingkan para pelaku kejahatan lainnya. Bahkan ada beberapa koruptor yang menerima fasilitas sekelas hotel mewah di penjara.

Kita sering sekali mendengar berita maling yang dihajar massa sampai tewas. Namun, rasanya kita belum pernah dengar ada koruptor yang dihajar sampai mati. Di layar-layar televisi mereka malah bisa berbangga diri dengan menunjukkan senyumnya.

- Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia hanya tegas ketika berhadapan dengan rakyat kecil saja. Sebagai contoh, kita bisa mengingat kasus nenek Asyani.

Hanya karena dugaan pencurian kayu, beliau terancam hukuman penjara sampai lima tahun. Jelas-jelas tidak adil apabila dibandingkan dengan hukuman yang diterima para koruptor.

4 dari 4 halaman

Kemacetan dan Masa Depan Kota

- Tesis

Transportasi merupakan kebutuhan dari berbagai kegiatan sosial maupun ekonomi. Tipe kegiatan sosial maupun ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

- Argumentasi

Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang sifatnya berulang, misalnya terjadi pada para pekerja dan orang-orang yang menempuh pendidikan di sekolah atau kampus.

Di Kota Yogyakarta, kemacetan terjadi hampir setiap hari di titik-titik yang menjadi jalur pergerakan utama para pekerja kantoran menuju lokasi kerja, serta siswa dan mahasiswa yang menuju sekolah atau kampus.

Kemacetan yang berulang dalam jangka waktu yang lebih panjang, cenderung terjadi pada musim liburan dan menjelang hari raya. Kemudian pada saat arus mudik dan arus balik, kemacetan parah akan terjadi di jalan-jalan arah luar kota, seperti Jalan Magelang, Jalan Solo, dan Jalan Wates.

Dalam rentang waktu tersebut, kemacetan juga dirasakan di pusat kota yang dijadikan sebagai tujuan wisata dan tempat menginap, seperti Malioboro, Prawirotaman, serta jalan-jalan yang menuju objek wisata.

- Penegasan Ulang

Kemacetan yang dominan umumnya ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan satu di antara solusi yang dapat diterapkan. Jika tidak, kemacetan akan terus berulang dan akan memberikan dampak pada masyarakat itu sendiri.

 

Sumber: Pendidikan, Kudupinter

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer