Sukses


Makna Surah Al Kahfi dan Keutamaannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Surah Al Kahfi merupakan satu di antara surah dalam Al-Qur'an. Surah Al Kahfi adalah surah ke 18 dalam Al Qur'an. Surah Kahfi terdiri dari 110 ayat, 1.577 kata, 6.360 huruf.

Arti surah Al Kahfi adalah gua. Surah Al Kahfi juga termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah yang turun di kota Mekah.

Al Kahfi merupakan surah yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat. Membaca dan mengamalkan surat dalam Al-Qur'an tentunya mengandung nilai kebaikan dan keberkahan.

Adapun ayat dalam surah Al Kahfi yang dianjurkan untuk dibaca ialah 1-10. Surah Al Kahfi ayat 1-10 diketahui mengandung keistimewaan luar biasa. Hal ini juga telah dijelaskan dalam sejumlah riwayat dan hadis.

Maka itui, sebelum membaca atau menghafalkannya perlu mengetahui makna surah Al Kahfi ayat 1-10 tersebut. Apa makna surah Al Kahfi ayat 1-10?

Berikut ini makna surah Al Kahfi dan keutamannya yang perlu diketahui, disadur dari KapanLagi, Jumat (25/11/2022).

 

 

 

2 dari 4 halaman

Arti Surah Al Kahfi Ayat 1-10

Arti ayat 1-10 dalam surah Al Kahfi yang penting untuk diketahui agar semakin membuatmu memahami makna dan kandungan dari surat Al Kahfi. Berikut ini arti surah Al Kahfi ayat 1-10.

1. Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kitab (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok.

2. Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.

3. Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.

4. Dan untuk memperingatkan kepada orang yang berkata, "Allah mengambil seorang anak."

5. Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.

6. Maka barangkali engkau (Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur'an).

7. Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.

8. Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah yang tandus lagi kering.

9. Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?

10. (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

3 dari 4 halaman

4 Kisah Populer dalam Kandungan Surat Al Kahfi

Terdapat kisah populer yang terkandung di dalam surah Al Kahfi. Kisah dalam surat Al Kahfi ini mengandung banyak hikmah yang bisa dijadikan renungan, pelajaran dan introspeksi diri bagi umat muslim.

Adapun beberapa kisah populer dalam kandungan surah Al Kahfi dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Kisah tentang Ashabul Kahfi yakni tujuh orang pemuda yang bersembunyi di dalam gua dan tertidur selama ratusan tahun atas izin Allah Swt. Tujuh pemuda ini bersembunyi untuk menyelamatkan diri dari kezaliman pemimpinnya.

2. Kisah tentang seorang pemilik kebun dan sahabatnya yang berbanding terbalik. Di mana pemilik kebun punya harta berlimpah sedangkan sang sahabat hidup dalam kekurangan. Namun, keduanya memiliki sifat berbeda yakni sang sahabat mendapatkan nikmat iman dari Allah Swt.

Sedangkan pemilik kebun hidup dalam kesombongan. Sang sahabat mengingatkan pemilik kebun agar beriman kepada Allah Swt. Akhirnya Allah memberikan ujian dengan kehancuran kebun dan hartanya.

3. Kisah tentang pertemuan Nabi Musa a.s. dan Nabi Khidir a.s. yang ingin mendapatkan ilmu pengetahuan meskipun harus menempuh perjalanan jauh.

4. Kisah tentang Dzul Qarnain seorang raja yang memiliki kebijaksanaan serta pengetahuan luas. Meski begitu Dzul Qarnain tidaklah sombong walaupun punya kekuatan, pengetahuan, ataupun kebijaksanaan dengan tetap menebarkan kebaikan.

4 dari 4 halaman

Keutamaannya Surat Al Kahfi

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, ada beberapa keutamaan surat Al Kahfi. Di mana keutamaan surat Al Kahfi bisa didapatkan oleh umat muslim dengan membaca atau justru menghafalnya.

Sementara terkait arti surat Al Kahfi ayat 1-10 disebutkan dalam sebuah riwayat tentang keistimewaan menghafal 10 ayat pertama surat Al Kahfi. Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.

Sedangkan beberapa keutamaan surah Al Kahfi dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Mendapatkan Cahaya di Antara Dua Jumat

Adapun riwayatnya dari Abu Sai'id Al-Khudri r.a., nabi Muhammad saw. bersabda:

"Barangsiapa membawa surah Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq."

Ada juga riwayat lain yang menyebutkan tentang keistimewaan surat Al Kahfi yakni dalam riwayat Abu Sa'id al-Khudri r.a.,

"Barangsiapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat."

2. Petunjuk Cahaya di Hari Kiamat

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah saw. bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka baginya cahaya di hari kiamat dari tempat berdirinya hingga Kota Makkah." (HR. An-Nasa'i, As-Silsilah, Ash-Shahihah, No. 2651).

3. Terlindung dari Fitnah Dajjal

Hal ini seperti riwayat yang menjelaskan tentang keutamaan surat Al Kahfi sebagai berikut,

"Maka barang siapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al Kahfi." (HR. Muslim)

4. Mendapat Ampunan Segala Dosa

Keutamaan surah Al Kahfi berikutnya yakni mendapat ampunan segala dosa. Seperti diketahui, tidak ada manusia yang terhindar dari perbuatan dosa.

Namun tahukah kalian bahwa keutamaan surah Al Kahfi ternyata bisa membuat seseorang yang membacanya diampuni segala dosa. Hal ini sesuai dengan sebuah riwayat yang berbunyi.

Rasulullah saw. bersabda, "Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

5. Terhindar dari Godaan Setan

Keutamaan surah Al Kahfi selanjutnya adalah terhindar dari godaan setan. Seperti diketahui godaan setan seringkali jadi sumber utama manusia bisa melakukan perbuatan dosa.

Oleh karena itu, setiap perbuatan dosa yang manusia perbuat berasal dari godaan setan akan membuat setan tersebut merasa senang.

Nah, menakjubkannya lagi keutamaan surah Al Kahfi adalah membuat seseorang terhindar dari godaan setan. Sebuah Hadis Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal mengatakan:

"Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al Kahfi dan surah Al Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surah Al Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk."

6. Mendapat Karunia dan Ridha Allah Swt.

Keutamaan surah Al Kahfi lainnya adalah mendapat karunia dan rida Allah Swt. Satu di antara keistimewaan membaca ayat Al-Qur'an tentunya bisa mendapat keberkahan karunia dan rida Allah Swt.

Termasuk surat Al Kahfi yang juga mengandung keutamaan serupa. Selain itu seseorang akan mendapat cahaya keberkahan serta mendapat ketenangan jiwa dengan membaca surat Al Kahfi.

Sebuah riwayat menunjukkan betapa istimewanya ketika mengamalkan surah Al Kahfi yakni:

"Siapa yang membaca surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad).

Disadur dari: KapanLagi.com (Published: 1/5/2022)

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer