Sukses


Arti Anak Indie beserta Ciri-cirinya

Bola.com, Jakarta - Anak indie merupakan istilah yang familier di kalangan kaum milenial. Istilah tersebut umum digunakan oleh para remaja hingga orang dewasa dalam pergaulan sosial mereka.

Fenomena penyebutan anak indie lantas membuat orang yang belum pernah mendengarnya menjadi bertanya-tanya, apa sebenarnya arti dari anak indie ini?

Kata "indie" sebenarnya adalah singkatan dari kata "independent", dalam bahasa Inggris yang artinya sendiri atau mandiri.

Kata indie juga digunakan dalam dunia musik untuk menyebut genre yang bebas dan merdeka. Hal itu berarti musik-musik tersebut diproduksi sendiri di luar label rekaman besar.

Di Indonesia, kata "indie" seolah mengalami pelebaran makna. Indie diidentikkan dengan seseorang yang suka mendengarkan musik-musik karya musisi indie sekaligus menyukai aktivitas daki gunung, menikmati sunset di senja hari, suka membaca buku-buku puisi, minum kopi, dan cenderung berkepribadian mellow terutama saat hujan turun.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang anak indie, disadur dari Merdeka, Sabtu (3/12/2022).

2 dari 3 halaman

Genre Musik Indie

Seperti yang telah disebutkan di atas, kata indie merupakan singkatan dari kata 'independent'. Dalam dunia musik, istilah indie cukup sulit dipetakan karena ia bukan bagian dari genre musik.

Namun, secara umum, artis atau musisi indie memproduksi musik secara independen dari label rekaman komersial. Klasifikasi indie ini mencakup artis dari berbagai genre.

Dikutip dari repeatreplay.com, tiga label musik terbesar seperti Sony BMG, Universal Music Group, dan Warner Music Group, menguasai sekitar 80 persen pasar musik.

Ketika seorang artis atau band menempuh jalur indie, mereka tidak memiliki koneksi ke tiga label rekaman besar tersebut.

Meski begitu, artis indie lebih mudah diakses dan meraih kesuksesan tanpa menandatangani kontrak dengan label besar.

Di samping itu ada makna sekunder dari indie, yang mengacu pada pengaruh genre. Indie telah dikaitkan dengan genre musik folk, eksperimental, atau alternatif, seperti rock alternatif.

Jadi, pada dasarnya anak indie adalah orang yang menggemari karya-karya musisi indie dan mendukung penuh musik-musik indie. Hal ini bisa terjadi karena memang merupakan selera pribadi, pengaruh lingkungan pergaulan, dan masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Anak Indie

Dalam pergaulan sehari-hari, anak indie adalah istilah yang sering disematkan pada seseorang dengan kepribadian dan ciri-ciri khusus sebagai berikut:

1. Menyukai dan mengikuti perkembangan musik indie baik musisi indie dalam negeri maupun luar negeri.

2. Menyukai kata-kata atau kalimat yang puitis dan sastrawi. Hal itu berkat lirik-lirik lagu non-konvensional dari musisi indie yang ia sukai atau dari buku-buku kumpulan puisi yang dibaca.

3. Memiliki hobi mendaki gunung. Entah dimulai sejak kapan, tren mendaki gunung di Indonesia sering kali dikaitkan dengan istilah anak indie. Seseorang yang "indie" adalah yang suka mendaki gunung, menikmati pemandangan alam, dan sejenisnya.

4. Terobsesi pada senja dan sunset. Ya, kata anak indie sangat erat kaitannya dengan kata senja. Senja, sunset, hujan, dan sesuatu yang mellow dikaitkan dengan kepribadian anak indie. Jika kamu menyukai senja, ada kemungkinan kamu sudah termasuk kategori anak indie.

5. Hobi minum kopi. Satu lagi hal yang dikaitkan secara erat dengan istilah anak indie, yaitu kopi. Mengilustrasikan seorang anak indie tak boleh lepas dari secangkir kopi.

Kemunculan kedai kopi secara masif di seluruh wilayah Indonesia belakangan ini juga secara tidak langsung dipicu oleh tren "anak indie" yang tengah berkembang dalam pergaulan anak muda zaman now.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 22/5/2022)

Yuk, baca artikel arti lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer