Sukses


Cara Paling Sehat untuk Mengonsumsi Madu

Bola.com, Jakarta - Cara sehat untuk mengonsumsi madu perlu diperhatikan sejak kamu membelinya. Kendati memang dikaitkan dengan berbagai macam manfaat untuk tubuh, madu tetaplah termasuk pemanis tambahan.

Itulah mengapa madu bisa memberikan sejumlah kalori tambahan pada tubuh, sama seperti gula dan pemanis pada umumnya. 

Mengonsumsi madu secara berlebihan dapat berakibat buruk pada kesehatan, dengan alasan itu kamu harus memerhatikan porsi saat mengonsumsinya.

Agar bisa mendapatkan manfaat madu secara maksimal untuk tubuh, perhatikan beberapa cara sehat di bawah ini dalam mengonsumsi madu.

Berikut cara paling sehat untuk mengonsumsi madu agar manfaatnya lebih terasa, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (25/1/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Paling Sehat untuk Mengonsumsi Madu

1. Pelajari Tekstur Madu 

Cara memilih produk madu yang berkualitas dilakukan dengan pemilihan tekstur madu. Biasanya, produk bagus bertekstur tebal, lalu ketika diaduk, madu bergerak sangat lambat (kendati, tekstur madu bergantung pada jenisnya—raw atau unfiltered).

Madu yang bagus seharusnya tidak cair seperti sirup dan tidak terlalu lengket di tangan. Kamu juga bisa memeriksa dari baunya yang cenderung beraroma bunga.

Jika memungkinkan, belilah produk lokal yang memang terkenal dan sudah terbukti memproduksi madu yang berkualitas.

2. Madu untuk Daya Tahan Tubuh

Madu memiliki manfaat untuk antioksidan dan antibakteri sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seorang ahli gizi dari Delhi, Anshul Jaibharat, merekomendasikan untuk mengonsumsi madu saat pagi hari untuk mendapatkan manfaat madu tersebut. 

Menurut rekomendasi lainnya, cara minum madu yang benar dilakukan dengan menambahkan satu sendok madu dan jus lemon ke dalam secangkir teh hangat di pagi hari. Minumlah sebelum sarapan dan rasakan khasiatnya. 

3. Hindari Memberikan Madu pada Anak di Bawah 2 Tahun 

Cara minum madu yang benar pada bayi tentu berbeda. Perlu dicatat, konsumsi madu pada bayi berusia kurang dari 1 tahun dapat meningkatkan risiko penyakit botulisme.

Penyakit ini diakibatkan oleh toksin dan juga spora yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini bisa ditemukan pada madu. Selain itu, flora baik pada usus bayi belum berkembang dengan sempurna sehingga tidak dapat mengatasi spora bakteri yang masuk tersebut.

Toksin botulinum akan menyebabkan kelemahan pada sistem otot dan saraf pada bayi hingga berisiko kematian.

Berbeda pada orang dewasa dan anak di atas 2 tahun, bakteri dapat diatasi oleh flora usus normal yang sudah berkembang sehingga tidak akan menimbulkan penyakit. 

3 dari 4 halaman

Cara Paling Sehat untuk Mengonsumsi Madu

4. Batasi Konsumsi Madu Harian

Aturan minum madu yang berikutnya adalah membatasi konsumsi madu harian. Hal ini sejalan dengan para pakar yang menyarankan untuk mengonsumsi madu secara moderat.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori dan 17 gram gula. Usahakan untuk menjaga asupan harian gula tambahan di bawah 100 kalori per hari bagi wanita dan 150 kalori bagi pria.

Cara mengonsumsi madu cukup variatif, kamu dapat menambahkan madu dalam berbagai jenis hidangan seperti:

  • Mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam teh.
  • Menyiramkan madu ke atas yoghurt.
  • Mencampurkan madu ke oatmeal pagi, roti panggang, dan selai kacang.
  • Menjadi alternatif saus dressing salad.

5. Kenali Jenis Madu

Jenis utama madu adalah organik, dark, light, raw, dan filtered. Jenis tersebut mengacu pada sumber madu, yakni jenis bunga yang nektarnya dikonsumsi lebah. Warna, rasa, dan kandungan nutrisi madu bergantung pada nektar yang digunakan lebah.

Cara tepat konsumsi madu adalah dengan memilih jenis madu sesuai selera dan bagaimana kamu akan menggunakan madu tersebut.

Contohnya, madu manuka yang mempunyai rasa yang lebih kuat sehingga baik untuk baking. Madu yang berwarna gelap juga dikatakan memiliki lebih banyak antioksidan, meski rasanya cenderung lebih pahit.

6. Jangan Malas Membaca Kemasan Madu

Sebelum menerapkan cara minum madu yang benar, ada baiknya saat ingin membeli madu, kamu melakukan riset terlebih dulu. Apalagi, madu yang akan kamu beli adalah impor.

Pasalnya, madu dari luar bisa dicampurkan dengan sirup jagung. Jadi, jika ingin memperoleh manfaat sehat madu, jangan malas membaca kemasan. Kamu juga patut mewaspadai madu palsu yang bisa diidentifikasi lewat harga yang lebih murah.

4 dari 4 halaman

Cara Paling Sehat untuk Mengonsumsi Madu

7. Madu untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Apakah kamu sering merasakan sulit tertidur saat malam hari? Kamu dapat memanfaatkan madu sebagai solusinya.

Madu dapat membantu melepaskan hormon serotonin dan mengubahnya menjadi melatonin. Hormon ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Cara mengonsumsi madu untuk mendapatkan manfaat ini cukup mudah. Kamu dapat mencampurkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu panas sebelum tidur.

Kamu juga bisa mencampurkan 1-2 sendok teh madu ke dalam teh chamomile. Teh ini sudah dikenal dapat membantu kesulitan tidur.

8. Madu untuk Melegakan Sakit Tenggorokan 

Menurut penelitian yang diterbitkan pada 2016 oleh National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, satu di antara cara mengonsumsi madu ialah sebagai terapi tambahan untuk sakit tenggorokan. Manfaat ini diperoleh dari efek antibakteri dan antiinflamasi pada madu.

Penelitian yang dilakukan tersebut melibatkan 100 responden yang mengalami sakit tenggorokan. Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi madu di samping pengobatan utama mengalami perbaikan lebih cepat ketimbang responden lain yang tidak mengonsumsi madu.

Cara tepat konsumsi madu dalam pengobatan sakit tenggorokan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Minumlah sebanyak 1 sendok makan madu.
  • Konsumsi sebanyak dua kali sehari.
  • Telan madu secara perlahan-lahan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/10/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer