Sukses


Cara Menjaga Kesehatan Mata bagi Para Pengguna Gadget

Bola.com, Jakarta - Mata merupakan indra penglihatan yang penting untuk tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika mata mengalami masalah, aktivitasmu juga terganggu.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kesehatan mata terganggu. Satu di antara penyebabnya karena penggunaan gadget yang terlalu lama.

Di era digital seperti sekarang, penggunaan gawai makin tak bisa dihindari. Kehadiran gawai bisa dibilang terasa begitu vital.

Kini, gadget digunakan untuk berbagai hal, mulai kebutuhan komunikasi, menghimpun informasi, dokumentasi, sampai dengan kebutuhan transaksi dapat terpenuhi lewat satu buah gawai.

Kondisi tersebut yang membuat intensitas penggunaan gawai menjadi lebih sering. Namun, perlu diingat, penggunaan gawai yang terlalu lama dapat menyebabkan gejala kelelahan pada mata atau bisa disebut denganĀ Computer Vision Syndrome.

Hal tersebut disebabkan mata yang melihat layar komputer atau gawai dengan jarak tertentu secara terus-menerus. Akibatnya akan terjadi kekakuan pada otot mata sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau tidak jelas.

Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari gangguan mata karena penggunaan gawai yang terlalu lama?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata bagi para pengguna gawa, dilansir dari laman ditsmp.kemdikbud.go.id, Senin (6/2/2023).

2 dari 3 halaman

Efek Menggunakan Gadget Terlalu Lama

Efek pada Mata Apabila Menggunakan Gawai Terlalu Lama

Apabila terlalu sering menggunakan gawai terlalu lama, yaitu :

  • Mata lelah
  • Mata kemerahan
  • Pandangan kabur
  • Sakit kepala

Kiat yang Dapat Dilakukan untuk Merawat Kesehatan Mata

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan mata.
  • Memakai pelindung mata (kacamata, topi).
  • Penggunaan cahaya yang cukup.
  • Rutin memeriksakan mata.
  • Menggunakan filter pada monitor.
3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Menjaga jarak pandang

Saat menggunakan gawai, pastikanĀ kamu tetap menjaga jarak pandang yang aman yakni sekitar 40-50 centimeter dari layar. Dengan menjauhkan mata dari layar gawai, paparan cahaya yang diterima mata dari layar gawai dapat berkurang.

2. Mengurangi kecerahan layar

Selain menjaga jarak pandang,Ā bisa dengan mengurangi tingkat kecerahan layar pada gawai yang sedang digunakan. Hal ini juga dapat membantu mata agar tidak cepat lelah akibat paparan cahaya dari layar gawai.

3. Menerapkan rumus 20-20-20

ApakahĀ kamu pernah mengenal rumus 20-20-20 atau Rule of Twenty? Rule of Twenty menerapkan istirahat untuk mata selama 20 detik setelah melihat layar selama 20 menit dengan cara melihat benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari posisi mata.

4. Relaksasi mata

Untuk mengurangi beban kerja mata, kamu juga dapat melakukan relaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan, lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis.

5. Membatasi durasi

Meski telah melakukan hal-hal di atas, durasi penggunaan gawai tetap harus dibatasi. Durasi penggunaan gawai dapat dibatasi maksimal selama 2 jam, kemudian istirahat selama 10 menit sampai 15 menit.

Ā 

Sumber: Kemdibud

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Ā 

Video Populer

Foto Populer