Sukses


Contoh Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan

Bola.com, Jakarta - Segi banyak merupakan suatu kurva tertutup sederhana yang terdiri dari ruas-ruas garis. Ruas garis-ruas garis itu disebut sisi.

Segi banyak paling sedikit mempunyai tiga buah sisi. Segi banyak yang mempunyai tiga buah sisi disebut segitiga, segi banyak yang mempunyai empat buah sisi disebut segiempat, segi banyak yang mempunyai lima buah sisi disebut segi lima, dan seterusnya.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri segi banyak antara lain, disebut sebagai bangun tertutup, memiliki minimal tiga sudut, minimal memiliki tiga buah sisi.

Selain itu, segi banyak memiliki jumlah sudut sama banyak dengan jumlah sisi dan isinya dibatasi oleh garis lurus (tidak melengkung).

Pada bangun segi banyak ini garisnya tidak terputus, melainkan saling bersambung. Oleh sebab itulah disebut bangun tertutup.

Agar lebih paham, berikut penjelasan lanjutan tentang segi banyak, dilansir dari laman Mikirbae, Senin (6/2/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Bangun Segi Banyak

  • Segitiga
  • Segi empat
  • Persegi
  • Jajar Genjang
  • Layang-layang
  • Trapesium

 

Bukan Segibanyak

Bukan segi banyak adalah bangun tertutup yang tidak hanya terdiri atas garis saja, melainkan dibentuk juga oleh kurva lengkung dan tidak selalu memiliki sudut.

Contoh : Lingkaran, oval, 3/4 lingkaran, bentuk bulan sabit, bentuk hati dan lain-lain. Beberapa ciri bukan segi banyak, antara lain sebagai berikut:

  • Kurva tidak selalu tertutup.
  • Bentuk bisa cembung atau cekung.
  • Tidak selalu memiliki sudut.
  • Tidak selalu memiliki sisi berupa garis lurus.
3 dari 4 halaman

Segi Banyak Beraturan

Segi banyak beraturan adalah sebuah bangun yang semua sisinya sama panjang dan semua sudutnya juga sama besar.

Jika sisi-sisi dan sudut-sudut pada suatu segi banyak mempunyai ukuran sama maka segi banyak itu disebut segi banyak beraturan. Bangun segi banyak beraturan juga disebut poligon.

Di lihat dari bentuk bangunnya, bangun segi banyak beraturan memiliki ciri ciri antara lain:

a. memiliki sisi yang sama panjang

b. mempunyai sudut yang sama besar.

Contoh bentuk bangun segi banyak beraturan adalah segitiga sama sisi (trigon), persegi (tetragon), segi lima beraturan (pentagon), segi enam beraturan (heksagon), segi tujuh beraturan (heptagon), segi delapan beraturan (oktagon), segi sembilan beraturan (nonagon), segi sepuluh beraturan (dekagon).

4 dari 4 halaman

Segi Banyak Tidak Beraturan

Bangun segi banyak tidak beraturan adalah bangun segi banyak yang sisinya tidak sama panjang atau sudutnya tidak sama besar. Ciri-ciri bangun segi banyak tak beraturan, antara lain:

  • Panjang sisi bangun tersebut tidak sama.
  • Besar sudut bangun tersebut tidak sama besar.

Contoh bangun segibanyak tak beraturan antara lain: segitiga sama kaki, segitiga sembarang, segitiga siku-siku, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, layang-layang, dan trapesium.

Perbadaan segibanyak beraturan dan tidak beraturan antara lain.sebagai berikut. Segi banyak beraturan memiliki sisi yang sama panjang dan sudut yang sama besar. Sedangkan segi banyak tak beraturan memiliki salah satunya atau kedua duanya.

 

Sumber: Mikirbae

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer