Sukses


Contoh Karya Tulis Ilmiah Berbagai Topik yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Karya tulis ilmiah (KTI) berkaitan erat dengan kehidupan seorang pelajar atau mahasiswa sebagai tugas wajib yang diserahkan kepada guru/dosen.

Biasanya karya tulis ilmiah dibuat secara individu, meski ada juga yang dikerjakan berkelompok. Lantas, apa yang dimaksud karya tulis ilmiah?

Karya tulis ilmiah dapat didefinisikan sebagai artikel atau laporan tertulis yang menjelaskan hasil suatu penelitian atau pertanyaan penelitian.

Adapun pengertian lain karya tulis ilmiah ialah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah.

Sementara itu, dalam pembuatan karya tulis ilmiah harus menerapkan kaidah ilmiah, mengutamakan aspek rasionalitas, memiliki fakta dan pertanyaan yang objektif, serta menerapkan struktur yang benar.

Setelah membahas sedikit tentang karya tulis ilmiah, kamu bisa mencermati beberapa contohnya pada artikel ini yang bisa menambah wawasanmu.

Berikut ini beberapa contoh karya tulis ilmiah berbagai topik, dikutip dari laman Saintif dan Pengertiandefinisi, Selasa (7/2/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Karya Tulis Ilmiah 1

Dampak Negatif Penggunaan Internet bagi Anak

BAB I

PENDAHULUAN

 

1. Latar Belakang Masalah

Internet adalah satu di antara penemuan terbaik manusia dalam sejarah perkembangan teknologi di era modern saat ini. Secara definisi, internet terdiri dari sebuah jaringan yang menghubungkan computer satu dengan yang lain dengan standar sistem global Tranmisission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga seluruh manusia di penjuru belahan bumi mampu saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi satu sama lain.

Kecanggihan yang dimiliki internet menyebabkannya mampu diakses bagi segala umur, baik dewasa maupun anak-anak. Sekarang ini, internet juga sering digunakan dikalangan anak-anak. Hal ini menjadi masalah karena kondisi emosi anak yang masih labil sehingga memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan mental dan emosional anak.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana dampak negatif pengunaan internet bagi anak?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dampak negatif pengunaan internet bagi anak?

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Dampak negatif pengunaan internet bagi anak

Sekarang ini internet  telah menjadi kebutuhan primer bagi semua usia, terutama anak-anak. Namun, tidak semua anak dapat memanfaatkan intenet denngan baik dan benar sesuai kaidah penggunaanya. Oleh karena itu, dampak negatif penggunaan internet yang dialami anak, seperti:

  • Menimbulkan keinginan anak untuk berbuat kekerasan.
  • Membuat anak lupa akan waktu sehingga menyebabkannya meninggalkan kewajiban seperti belajar dan mengerjakan tugas.
  • Menimbulkan kasus bullying.
  • Menyebabkan kecanduan internet.

 

BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan

Munculnya internet di era modern ini memang sangat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Internet juga membantu anak dalam melakukan aktivitasnya. Namun, banyak dampak negative yang ditimbulkan intenet yang tidak bisa dianggap sepele oleh orang tua. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengawasi putra-putrinya saat menggunakan internet.

3 dari 4 halaman

Contoh Karya Tulis Ilmiah 2

Pentingnya Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

BAB I

PENDAHULUAN

 

1. Latar Belakang Masalah 

Menjaga kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting bagi setiap insan manusia. Aktivitas seorang akan terganggu apabila tubuhnya merasa tidak sehat.

Sebetulnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti menjaga asupan gizi yang dimakan, melakukan olah raga, dan melakukan pola tidur siang hari karena hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

2. Rumusan Masalah

a. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan?

b. Bagaimana pengaruh tidur siang terhadap kesehatan tubuh?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh setiap hari dan memahami pengaruh tidur siang bagi kesehatan tubuh.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Cara menjaga kesehatan tubuh

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu:

  • Memperbanyak konsumsi mineral dan vitamin dalam tubuh.
  • Konsumsi makanan 5 sehat 4 sempurna.
  • Olahraga yang teratur.
  • Tidur yang cukup, dengan memandang kualitas tidur lebih baik dari pada kuantitas tidur.
  • Menjauhi minuman beralkohol.
  • Pengaruh tidur siang bagi kesehatan tubuh.

Tidur siang sering dilakukan oleh anak-anak. Namun, ternyata aktivitas ini juga banyak dilakukan oleh orang dewasa. Pengaruh tidur siang bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menghilangkan rasa letih dan lelah.
  • Dapat menurunkan rasa sedih dan gelisah seseorang.

 

BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan

Tidur siang adalah satu di antara hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur siang memeliki beberapa manfaat antara lain menurunkan tekanan darah, menghilangkan rasa lelah dan gelisah.

Namun, tidur siang harus dilakukan sesuai waktu yang tepat. Jika aktivitas ini dilakukan secara berlebih, akan menimbulkan efek buruk lain sehingga segala aktivitas harus dilakukan sesuai porsinya masing-masing. Jangan sampai menurunkan kebugaran tubuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Karya Tulis Ilmiah 3

Pengaruh Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak

BAB I

PENDAHULUAN

 

1. Latar Belakang Masalah

Permainan tradisional mempunyai dampak positif bagi pekembangan anak di Indonesia. Bermain bagi anak adalah suatu bentuk refleksi atau pembebasan jiwa dari keterkaitan aturan orang tua.

Ketika bermain anak bisa mengekspresikan suasana kegembiraaan hatinya dan betapa senangnya meraka saat saling berkomunikasi dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, permainan tradisional dapat mengajarkan anak untuk belajar bersosialisasi dan bergaul dengan lingkungan sekitar.

2. Rumusan Masalah

a. Apa pengertian mainan tradisional?

b. Apa pengaruh mainan tradisional terhadap pembentukan karakter anak?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengertian mainan tradisional dan pengaruhnya terhadap perkembangan karakter anak.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Dolanan Tradisional

Kata "dolanan" berasal dari bahasa jawa. Dolanan memiliki arti mainan atau permainan. Sedangkan kata tradisional adalah cara berpikir dan tingkah laku yang sesuai dengan adat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dolanan anak atau mainan anak sebagai simbol pengetahuan bersifat warisan yang turun temurun.

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter adalah segala usaha yang dapat dilakukan untuk memengaruhi karakter para siswa. Oleh karena itu, siswa diharapkan mempunyai karakter yang positif sehingga berguna untuk kehidupan di masa datang.

Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona adalah pendidikan tentang sikap meliputi ilmu hingga tindakan. Selain itu, perasaan juga termasuk pendidikan karakter.

 

BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan

Mainan tradisional adalah suatu mainan yang tidak hanya membawa kegembiraan bagi anak. Mainan tradisional juga mempunyai banyak manfaat.

Manfaat itu seperti mampu melatih kecerdasan otak dan motorik anak serta dapat membentuk karakter yang baik pada anak. Lewat mainan tradisional, anak juga mampu meningkatkan jiwa sosial dan komunikasinya antara satu sama lain.

 

Sumber: Saintif, Pengertiandefinisi

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer