Sukses


Daftar Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang tepat. Beberapa nutrisi mampu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan dan membantu mengurangi risiko penyakit mata.

Untuk mengetahui sehat atau tidaknya mata, kamu dapat mencoba menghitung jumlah kedipan yang dilakukan selama jangka waktu tertentu. Mata yang sehat berkedip sebanyak 10-15 kali per menit.

Mata yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit serius yang efek sampingnya terbilang fatal.

Mengonsumsi makanan rendah lemak dan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dapat membantu tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga mata.

Bagi kamu yang tidak ingin mengalami gangguan kesehatan mata, penting mengetahui makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut daftar makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata, disadur dari Klikdokter, Senin (27/2/2023).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia.

Kacang-kacangan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi sistem tubuh karena mengandung antioksidan dan berbagai zat gizi penting lainnya.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa jadi pilihan adalah kacang kenari, kacang brazil, kacang mete, kacang almond, dan kacang lentil.

2. Jeruk

Jeruk dan beberapa jenis buah asam lainnya kaya akan vitamin C. Vitamin tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal dampak buruk proses penuaan pada kesehatan mata.

Vitamin C memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan tersebut bekerja untuk mencegah terjadinya katarak dan kerusakan mata akibat proses penuaan.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

3. Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Sejumlah penelitian menemukan bahwa minyak ikan dapat menjadi solusi dari mata kering.

Sebagai rekomendasi, kamu dapat mengonsumsi jenis ikan, seperti tuna, salmon, kembung, sarden, dan teri.

4. Daging sapi

Daging sapi kaya akan zink. Zat tersebut baik untuk kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Hal ini karena zink dapat membantu menunda menurunnya kemampuan penglihatan, yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

5. Paprika 

Paprika, terutama paprika merah dan kuning mengandung beta karoten tinggi. Selain itu, paprika tinggi vitamin C. Vitamin dan mineral lain dalam paprika termasuk vitamin K1, vitamin E, folat, dan kalium.

Paprika mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk capsanthin, violaxanthin, lutein, quercetin, dan luteolin. Senyawa tanaman ini dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. 

6. Wortel

Wortel makanan yang identik untuk meningkatkan kesehatan mata. Sayur berwarna oranye berbentuk kerucut ini kaya akan vitamin A dan beta karoten, yang bermanfaat untuk menjernihkan penglihatan mata.

Selain itu, komponen protein dalam vitamin A bernama rhodopsin yang ada pada wortel mampu membantu retina menyerap cahaya, dapat mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 27/12/2019)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer