Sukses


Macam-Macam Suplemen yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta - Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang selalu dirindukan oleh umat muslim. Dalam menjalani bulan suci tersebut, alangkah baiknya mempersiapkan beberapa hal agar momen bulan puasa menjadi hikmat. Satu di antaranya mempersiapkan pola makan yang sehat. 

Untuk mendapatkan energi dan nutrisi selama puasa di bulan Ramadan, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi.

Di sisi lain, kondisi puasa sedikit banyak bisa memengaruhi status gizi seseorang. Secara umum, terbatasnya waktu untuk makan dan minum membuat kamu lebih rentan kekurangan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Untuk itu, selain mengandalkan makanan bergizi yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka, kamu bisa menambah asupan gizi dengan mengonsumsi suplemen.

Nah, berikut macam-macam suplemen yang cocok dikonsumsi saat puasa Ramadan, seperti disadur dari Klikdoter, Senin (27/3/2023).

2 dari 4 halaman

Suplemen yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa Ramadan

1. Suplemen yang Mengandung Vitamin D

Kamu termasuk yang kerap mengalami peningkatan berat badan selama puasa? Kondisi itu memang bisa terjadi, sebab puasa membuat metabolisme melambat sehingga tubuh cenderung menyimpan lemak.

Satu di antara hal yang memengaruhinya adalah kecukupan vitamin D. Selain berperan dalam menjaga kesehatan tulang, vitamin D berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan menunjang kerja hormon insulin yang memengaruhi penyimpanan lemak dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhannya, pilih suplemen vitamin D dalam bentuk aktif yang mudah diserap, yakni vitamin D3.

Bila aktivitasmu banyak di luar ruang, cukup konsumsi 400-800 IU vitamin D3 per hari. Sedangkan bila aktivitasmu banyak di dalam ruang, konsumsi 1.000-2.000 IU per hari.

2. Suplemen yang Mengandung Asam Lemak Sehat

Asam lemak sehat seperti omega-3 dan omega-6 penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Setidaknya, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi 100 gram asam lemak omega-3 sebanyak dua kali seminggu.

Untuk mencapai jumlah tersebut, kamu dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan sebanyak 1.000 mg per harinya.

3 dari 4 halaman

Suplemen yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa Ramadan

4. Suplemen yang Mengandung Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks memiliki peran penting dalam metabolisme energi tubuh. Kecukupannya memastikan tubuh dapat secara efektif mengolah lemak, protein, dan karbohidrat dari makanan menjadi sumber energi.

Jenis vitamin B kompleks di antaranya vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6, asam folat, biotin, dan B12.

Kekurangan satu di antara vitamin B kompleks ini dapat memengaruhi fungsi vitamin B lainnya sehingga metabolisme bisa terganggu.

5. Suplemen yang Mengandung Vitamin C

Bila aktivitasmu termasuk padat, konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin C. Vitamin ini tergolong antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Pilihlah suplemen yang mengandung vitamin C dengan dosis 500-1000 mg. Untuk mengurangi efek mual, sebaiknya suplemen ini dikonsumsi setelah makan, yaitu setelah sahur atau berbuka puasa.

4 dari 4 halaman

Suplemen yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa Ramadan

5. Suplemen yang Mengandung Mineral Penting

Beberapa mineral seperti magnesium, seng (zinc), dan kalsium dibutuhkan untuk menjaga kelancaran berbagai jalur metabolisme dalam tubuh. Bila kadarnya kurang, metabolisme tidak akan berjalan baik dan tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Berikut anjuran kecukupan masing-masing mineral dalam bentuk suplemen:

- Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam metabolisme energi dan pembentukan protein. Mineral ini juga berkontribusi menjaga fungsi otak, kesehatan tulang, serta aktivitas jantung dan otot.

Untuk memenuhi kebutuhannya, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung 300-450 mg magnesium per hari.

- Seng (Zinc)

Kadar seng dalam tubuh akan segera turun bila kamu berpuasa lebih dari tiga hari. Padahal, kecukupan mineral ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, perbaikan sel-sel tubuh yang rusak, serta menunjang kesuburan, baik untuk pria maupun wanita.

Kamu dapat memilih suplemen yang mengandung 20-25 mg seng per hari agar tercukupi kebutuhannya.

- Kalsium

Selain menjaga kesehatan tulang, kalsium dibutuhkan untuk menjaga fungsi dan integritas otot. Agar tercukupi, kamu dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung 500-1.000 mg kalsium per harinya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 12/6/2019)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer