Sukses


Daftar Makanan dan Minuman Pemicu Dehidrasi

Bola.com, Jakarta - Daftar makanan dan minuman yang dapat memicu dehidrasi perlu kamu ketahui sehingga kamu bisa melakukan antisipasi.

Dehidrasi adalah kondisi ketika seseorang mengalami kekurangan cairan tubuh. Beberapa tanda dehidrasi, di antaranya timbul rasa haus, urine pekat, bibir kering, hingga rasa ingin pingsan.

Untuk mengatasi dehidrasi adalah dengan rehidrasi atau banyak minum. Akan tetapi, tidak boleh sembarang dalam memilih asupan tersebut. Hal ini karena ada makanan dan minuman yang mengandung zat tertentu sehingga justru dapat memperparah kondisi dehidrasimu.

Saat kamu mengalami dehidrasi, makanan dan minuman tersebut harus kamu "singkirkan". Alih-alih, konsumsilah air putih yang cukup. Konsumsi air putih, yakni dua liter atau sekitar delapan gelas sehari juga dapat mencegah dehidrasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar makanan dan minuman yang bisa memicu atau memperparah dehidrasi, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (28/4/2023).

2 dari 5 halaman

Minuman Pemicu Dehidrasi

1. Alkohol

Alkohol memiliki sifat diuretik. Jadi, jangan heran kamu akan sering merasa kebelet untuk buang air kecil saat mengonsumsi alkohol.

Jika kamu mengonsumsi alkohol terlalu banyak, kemungkinan untuk muntah juga dapat terjadi. Saat muntah banyak cairan keluar dan akan menyebabkan dehidrasi.

2. Minuman Berenergi

Minuman berenergi umumnya mengandung tinggi gula dan kafein sebagai ‘penambah energi’. Kandungan kafein ini malah akan menarik cairan untuk dibuang melalui urine dan menyebabkan dehidrasi.

3. Minuman Ringan (soft drink)

Minuman ini bukan merupakan pilihan minuman ketika kamu mengalami dehidrasi. Meski menyegarkan, kandungan gula yang tinggi dalam produk minuman ringan malah akan menyebabkan dehidrasi.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Minuman Pemicu Dehidrasi

4. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi merupakan sesuatu yang diincar bagi para penikmat kopi karena dapat meningkatkan konsentrasi dan mencegah rasa mengantuk.

Di satu sisi, kafein adalah zat yang bersifat diuretik, yang artinya meningkatkan laju pembuangan air dari tubuh melalui urine. 

Bagi kamu yang sedang mengalami dehidrasi, sebaiknya hindari kopi untuk sementara karena malah akan memperparah kondisi dehidrasi. Selain itu, hindari mengonsumsi kopi saset yang tinggi kandungan gula karena akan menyebabkanmu makin haus.

5. Teh Herbal dan Teh Detoks

Sama halnya kopi, teh juga mengandung kafein. Selain itu, minuman teh detoks, terutama yang dipasarkan untuk menurunkan berat badan, sering kali mengandung daun senna yang memiliki efek laksatif atau bersifat pencahar.

Banyak BAB akibat efek tersebut juga dapat mengeluarkan cairan dari tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kandungan parsley, biji seledri, dandelion, atau selada air dalam teh herbal memiliki sifat diuretik. 

4 dari 5 halaman

Makanan Pemicu Dehidrasi

6. Makanan Pencuci Mulut

Kue, wafel, pancake, apalagi ditambah es krim adalah jenis makanan pencuci mulut yang mengandung tinggi gula. Kadar gula darah yang terlalu tinggi akibat mengonsumsi jenis makanan ini akan menyebabkan darah menjadi kental. 

Cara tubuh untuk mengatasinya adalah dengan menarik cairan ke pembuluh darah dan membuang kelebihan gula melalui urine. Maka dari itu, jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan tinggi gula, dehidrasi bisa terjadi.

7. Makanan Kalengan

Makanan kaleng juga termasuk makanan penyebab dehidrasi. Sebab, makanan kalengan menggunakan garam sebagai pengawet agar tidak ditumbuhi bakteri.

Jika kamu sedang mengalami dehidrasi, hindari dulu makanan kalengan untuk sementara.

5 dari 5 halaman

Makanan Pemicu Dehidrasi

8. Makanan Cepat Saji

Fast food atau makanan cepat saji umumnya mengandung tinggi garam. Garam atau natrium berperan menarik cairan ke dalam pembuluh darah, sehingga cairan yang menuju ginjal untuk dibuang sebagai urine menjadi banyak.

Lantaran urine banyak keluar, tubuh akan mengalami dehidrasi.

9. Asparagus

Asparagus termasuk makanan penyebab dehidrasi. Sebab, kandungan aspargin dalam asparagus merupakan jenis asam amino yang bersifat diuretik sehingga kamu menjadi sering kencing, disertai bau khas urine dari asparagus.

10. Bumbu dan Penyedap Rasa Masakan

Bumbu masak seperti kecap, kaldu, dan micin memiliki kandungan garam yang tinggi.

Untuk ganti rasa asin dan gurih, sementara waktu kamu bisa menggunakan bahan alami seperti kaldu tulang, tomat, jamur, atau rumput laut.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/8/2020)

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel kesehatan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer