Sukses


Apa itu Sumber Energi Panas? Kenali Arti dan Macam-macamnya

Bola.com, Jakarta - Sumber energi panas yaitu energi yang dipindahkan dari satu benda ke benda lain sebagai akibat perpindahan suhu.

Sumber energi panas bukan sekadar sifat suatu benda yang terasa panas. Namun, energi panas ini merupakan energi yang dipindahkan dari satu benda ke benda lain sebagai akibat perpindahan suhu.

Sumber energi panas bukan bukan sekadar sifat suatu benda yang terasa panas, tetapi merupakan suatu bentuk energi.

Ada berbagai macam sumber energi yang bisa menghasilkan manfaat bagi kehidupan. Dalam hal pembagiannya, sumber energi secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu sumber energi yang dapat diperbarui dan sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

Sumber energi yang dapat diperbarui antara lain matahari, ombak, angin, dan air. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui antara lain minyak bumi, gas alam, batu bara, dan energi nuklir.

Sumber energi panas terdiri dari lima macam, yaitu energi panas matahari, energi panas bumi, energi panas api, energi panas listrik, dan energi panas dari gesekan dua benda. Setiap macam sumber energi panas tersebut memiliki manfaatnya masing-masing untuk kehidupan.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasannya, disadur dari Liputan6, Jumat (26/5/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Sumber Energi Panas

Energi Panas Matahari

Sumber energi panas tentu tidak lepas dari pembahasan tentang matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar bagi bumi dan seluruh isinya. Energi panas matahari memiliki manfaat untuk manusia, hewan, dan tumbuhan.

Bagi manusia, energi panas matahari membantu bumi lebih hangat di siang hari. Energi panas matahari juga membantu tubuh untuk membentuk vitamin D, membantu mengeringkan pakaian, dan bisa menjadi sumber energi alternatif.

Sementara itu, bagi tumbuhan, energi panas matahari bermanfaat untuk proses tumbuhan membuat makanan atau berfotosintesis.

Bagi hewan, energi panas matahari secara tidak langsung memberikan manfaat melalui tumbuhan, yaitu berupa makanan dan oksigen. Energi panas matahari juga membantu tubuh hewan membentuk vitamin D, layaknya yang didapatkan manusia.

Energi Panas Bumi

Di dalam bumi terdapat sumber energi panas yang berasal dari batuan di dalam bumi. Energi panas bumi ini disebut juga dengan energi geothermal.

Energi panas bumi ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang menghasilkan listrik. Panas bumi juga bisa dijadikan sumber pemanas di gedung-gedung.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Sumber Energi Panas

Energi Panas Api

Api merupakan zat berupa cahaya dan panas. Api bisa dihasilkan dari bahan bakar minyak, gas, dan batu bara. Memahami energi panas api dalam apa yang dimaksud dengan sumber energi panas tentunya sangat penting.

Manfaat energi panas api antara lain membantu menghangatkan tubuh di tempat bercuaca dingin, memasak makanan, hingga menyalakan lilin atau lampu minyak saat gelap.

Energi Panas Listrik

Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas tentunya juga harus membahas tentang energi panas listrik. Pasalnya, sumber energi panas satu ini sudah digunakan di mana-mana saat ini. Bahkan, energi listrik bisa dihasilkan dari energi panas dan bisa diubah menjadi energi panas juga.

Di rumah, ada banyak energi panas yang bersumber dari listrik. Contoh energi panas listrik di rumah di antaranya yaitu rice cooker, setrika listrik, oven, dan kompor listrik.

Energi Panas dari Gesekan

Gesekan dua benda juga bisa menghasilkan energi panas. Saat berada di tempat yang dingin, kamu bisa menggosokkan kedua telapak tangan dengan cepat dan hasilnya telapak tanganmu akan terasa hangat.

Hal ini juga dilakukan oleh manusia purba yang menghasilkan panas dengan cara menggosokkan dua buah batu atau dua batang kayu.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 11/4/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer