Sukses


Makna dan Hakikat Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Bola.com, Jakarta - Persatuan dan kesatuan merupakan hal penting bagi bangsa Indonesia. Hal tersebut harus dimiliki setiap warga negara Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, sebuah negara akan mudah terombang-ambing serta terpecah belah.

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah-pecah. Pengertian kesatuan berarti perihal satu; keesaan; sifat tunggal; satuan. Persatuan secara sederhana berarti gabungan dari beberapa bagian menjadi sesuatu yang utuh.

Dengan kata lain, persatuan itu berkonotasi disatukannya bermacam-macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh.

Indonesia sebagai negara yang mempunyai banyak keberagaman dan perbedaan perlu mempunyai persatuan dan kesatuan.

Perbedaan yang ada di Indonesia, antara lain agama, suku, etnis, budaya bahasa, maupun adat istiadat. Tanpa adanya rasa persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia bisa terpecah.

Untuk bisa menerapkan persatuan dan kesatuan, warga Indonesia bisa terlebih dahulu makna dan hakikatnya.

Berikut ini makna dan hakikat persatuan dan kesatuan Indonesia, dilansir dari Modul pembelajaran SMA PPKn Kelas XI terbitan Kemdikbud, Senin (5/6/2023).

2 dari 4 halaman

Makna dan Hakikat Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman suku, budaya, dan bahasa. Hal ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri.

Cara kita mensyukuri perbedaan-perbedaan tersebut merupakan sikap dan perilaku kita dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Kita tidak boleh merasa bahwa suku kita lebih tinggi dari suku bangsa lain, bahasa kita bahasa yang paling bagus dan benar dibandingkan bahasa daerah lain, tetapi setiap suku bangsa, bahasa, adat istiadat dari daerah lain adalah kekayaan budaya yang menjadi kekayaan budaya nasional.

Persatuan bangsa merupakan syarat yang mutlak bagi kejayaan Indonesia. Jika masyarakatnya tidak bersatu dan selalu memprioritaskan kepentingannya sendiri, cita-cita Indonesia yang terdapat dalam sila ketiga Pancasila hanya akan menjadi mimpi yang tak akan pernah terwujud.

Setiap warga negara Indonesia harus mampu menghidupkan kembali semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda, tetapi tetap satu.

3 dari 4 halaman

Makna dan Hakikat Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan rasa saling menghargai untuk menjaga perbedaan tersebut.

Kuncinya terdapat persatuan bangsa Indonesia dalam keberagaman. Bangsa Indonesia adalah suku bangsa yang menghuni wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Persatuan secara sederhana berarti gabungan dari beberapa bagian menjadi sesuatu yang utuh. Dengan kata lain persatuan itu berkonotasi disatukannya bermacam-macam corak yang beragam ke dalam suatu kebulatan yang utuh.

Adapun yang dimaksud konsep bangsa dalam substansi ini adalah bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang menghuni wilayah Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Jadi, persatuan bangsa mengandung pengertian persatuan bangsa Indonesia yang menghuni wilayah Nusantara atau bersatunya berbagai bangsa dengan yang memilki perbedaan suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah Indonesia menjadi satu kebulatan utuh dan serasi. 

4 dari 4 halaman

Faktor Pendorong Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Ada tiga faktor yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. Ketiga faktor tersebut merupakan pemersatu seluruh bangsa Indonesia.

Ketiga faktor tersebut dapat mempersatukan perbedaan dan keanekaragaman yang telah mewarnai kehidupan bangsa Indonesia.

Perbedaan suku bangsa, agama, bahasa dan sebagainya dapat dipersatukan dengan menjalankan nilai-nilai yang terdapat dalam ketiga faktor tersebut sehingga pada akhirnya akan memperkuat persatuan dan kesatuan.

Ketiga faktor tersebut adalah:

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan sumpah yang menunjukkan kebulatan tekad dari seluruh pemuda Indonesia yang merupakan unsur utama perjuangan bangsa dalam melawan penjajah untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam perjuangan meraih kemerdekaan.

Dalam isi rumusan Sumpah Pemuda tersebut terkandung nilai utama yaitu satu nusa (tanah air), satu bangsa dan satu bahasa, yaitu Indonesia.

Pancasila

Pancasila dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia. Hal itu dikarenakan nilai-nilai Pancasila bersifat universal atau menyeluruh. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, pemersatu bangsa, dan perjanjian luhur bangsa.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi faktor mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Semboyan Bhineka Tunggal Ika

Semboyan Bhineka Tunggal Ika penting bagi negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman suku, bangsa, budaya, bahasa, maupun agama.

Bhinneka Tunggal Ika artinya walaupun Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan multikultural, bangsa Indonesia tidak terpecah tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer