Sukses


    Mariska Halinda dan Misi Berburu Medali Emas Kedua

    Bola.com, Jakarta - Dari hobi jadi prestasi. Begitulah lika-liku perjalanan Mariska Halinda di kancah taekwondo jika dirangkum dalam sebaris kalimat pendek. Gara-gara mengikuti jejak sang ayah dan kakak, Mariska kini menjelma menjadi salah satu taekwondoin andalan Indonesia, termasuk pada ajang SEA Games 2017, di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus.   

    SEA Games 2015 di Singapura menjadi pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara pertama yang diikuti Mariska. Pengalaman pertama tersebut berujung membanggakan. Mariska langsung bersinar dengan meraih medali emas di nomor 53 kg.

    Mariska sepertinya tak menyangka bisa melangkah sejauh itu. Apalagi awal mula dia menggeluti taekwondo hanya gara-gara mengikuti jejak sang ayah dan kakak. 

    "Saya ikut taekwondo sudah sejak TK. Awalnya ikut taekwondo karena melihat kakak yang sedang latihan dan jadi ingin juga ikut latihan taekwondo. Seiring waktu ini jadi hobi. Bapak yang mengenalkan kakak dengan taekwondo dan akhirnya saya juga serius berlatih," kisah Mariska kepada Bola.com, pada awal Juli. 

    "Saya mulai ikut pertandingan saat kelas 3 SD. Kemudian semakin serius ketika SMA saya bersekolah di Ragunan yang memang merupakan sekolah khusus olahraga. Dari sana saya benar-benar serius untuk menjadi atlet taekwondo," lanjut Mariska.

    Bakat Mariska di taekwondo sudah terlihat sejak masih bocah. Dia sering mendapatkan penghargaan sejak bertanding di level sekolah dasar. Prestasinya berlanjut di kejuaraan daerah maupun nasional. Prestasi gemilang itu membuatnya terpilih mewakili Indonesia di Asian Games 2014 di Incheon. Sayangnya, Mariska belum berhasil membawa pulang medali dari ajang bergengsi ini. 

    Mariska kali pertama mengukir prestasi di kancah internasional saat menyabet medali perunggu pada Universiade 2015, ajang olahraga antarpelajar, di Guangzhou, Korea Selatan.  Dua tahun berselang, giliran emas SEA Games 2017 disabetnya. 

    Mariska Halinda mengalahkan atlet putri Thailand, Phannapa Harnsujin, di pertandingan final nomor 53 kg putri. Berhasil mengumandangkan Indonesia Raya yang mengiringi berkibarnya bendera Merah Putih membuat Mariska tak bisa menahan tangis haru.

    "Waktu SEA Games 2015 itu pertama kalinya saya ikut dan langsung mendapatkan medali emas. Saat itu saya tidak menyangka bisa mempersembahkan medali emas. Saya sangat senang bisa membuat keluarga dan masyarakat Indonesia bangga," kata Mariska. 

    "Rasanya sangat bangga melihat bendera Merah Putih berkibar. Terharu saaat itu dan saya sampai tidak bisa bicara apa-apa karena saat itu sampai menangis," imbuh Mariska.

     

    2 dari 2 halaman

    Mempertahankan Prestasi di SEA Games 2017

    Mariska Halinda kini harus bekerja keras untuk kembali mempersembahkan medali emas untuk Indonesia pada SEA Games 2017. Namun, Mariska sama sekali tak merasa terbebani. Kebanggaan yang dirasakan saat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional membuatnya terlecut untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

    "Target saya tentu untuk mempertahankan gelar juara yang saya dapatkan di Singapura dua tahun lalu. Saya merasakan kebanggaan karena bisa mengharumkan nama negara," ujar Mariska.

    Target medali emas itu juga diamini oleh Sabeum Timnas Taekwondo Indonesia untuk kategori kyorugi, Taufik Krisna. Sang pelatih menegaskan dua taekwondoin yang meraih emas pada SEA GAmes 2015 harus bisa mempertahankan prestasinya, meski tidak menutup kemungkinan atlet lain juga bisa menorehkan prestasi serupa.

    "Untuk dua atlet yang sebelumnya meraih emas, tentu kami targetkan bisa mempertahankan, bisa meraih emas lagi. Empat atlet lain yang berangkat pada 2017 ini, semoga juga bisa meraih medali emas. Tidak menutup kemungkinan mereka bisa melakukannya," ujar Taufik Krisna.

    Berbagai persiapan telah dijalani Mariska untuk memenuhi target yang dipanggulny, yaitu mempersembahkan emas kedua di ajang SEA Games. Bersama tim taekwondo Indonesia, dia melakoni sejumlah tryout, salah satunya di Kazakhstan Open. Pada ajang yang digelar 15 April 2017 tersebut, Mariska Halinda sukses membawa pulang medali emas.

    Islamic Solidarity Games 2017 di Baku, Azerbaijan, juga menjadi ajang persiapan bagi Mariska untuk berlaga di SEA Games 2017. Ia melaju hingga semifinal dan meraih medali perunggu di nomor 53 kg. Tak hanya tryout, latihan-latihan khusus pun dilakukan oleh Mariska dalam beberapa bulan terakhir.

    "Ya biasanya memang kalau sudah dekat-dekat waktu bertanding seperti ini, mulai ada latihan khusus yang diberikan, termasuk ada latihan tambahan saat malam hari. Jika biasanya kita berlatih dua kali sehari, ini bisa menjadi tiga kali sehari," ungkap Mariska Halinda.

     

     

    Video Populer

    Foto Populer