Sukses


    Jalan Terjal Thailand Pertahankan Medali Emas di SEA Games 2017

    Bola.com, Jakarta - Thailand U-22 bertekad mempertahankan medali emas yang mereka raih di SEA Games 2015 pada tahun ini. Target itu tetap dicanangkan walau the War Elephants tampil tidak terlalu meyakinkan di kualifikasi Piala Asia U-23 2018.

    Tim asuhan Worrawoot Srimakha gagal lolos dengan status juara grup dalam turnamen yang dihelat di hadapan publik sendiri. Meski tetap lolos ke putaran final, Thailand U-22 berada di bawah Malaysia U-22, yang di luar dugaan memuncaki Grup H.

    Penampilan Thailand di kualifikasi Piala Asia U-23 2018 memang jauh dari mengesankan.Chenrop Samphaodi dan kawan-kawan mengalahkan Malaysia (3-0) dan bermain imbang kontra Mongolia (1-1) serta Timnas Indonesia (0-0).

    "Kami sudah pernah melewati krisis sebelumnya. Kami mampu bertahan dan itu berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami seharusnya bisa memenangi medali emas," ujar Worrawoot.

    Thailand U-22 memang berada di grup yang sulit di SEA Games 2017. Mereka berada satu grup dengan Vietnam, Indonesia, Kamboja, Filipina, dan Timor Leste.

    Vietnam dan Indonesia diperkirakan bakal menjadi batu sandungan bagi Thailand U-22 untuk lolos ke babak semifinal SEA Games 2017. "Semua tim merupakan ancaman buat kami, khususnya Vietnam dan Indonesia. Kedua tim ini termasuk kandidat kuat peraih medali," ucap Worrawoot yang meraih tiga medali emas SEA Games saat masih menjadi pemain.

    Pelatih berusia 45 tahun ini juga tidak banyak melakukan perubahan komposisi pemain. Ia membangun fondasi tim dari skuat di kualifikasi Piala Asia U-23 plus pemain baru seperti Kevin Deeromram.

    Pemuda berdarah Swedia bakal menjadi andalan Thailand U-22 di sektor bek sayap kiri. Pemain yang pernah memperkuat Swedia U-17 dan U-19 itu kerap disebut sebagai penerus Theerathon Bunmathan.

    Kendati baru berusia 19 tahun, Deeromram sudah masuk skuat senior Thailand. Ia menjalani debut bersama The War Elephant pada pertandingan melawan Uzbekistan di laga persahabatan, 6 Juni 2017.

    Pemain yang memperkuat klub peserta Thai League, Ratchaburi Mitr Phol, itu pun antusias menatap persaingan menjadi yang terbaik di SEA Games 2017.

    "Saya sebelumnya tidak pernah ikut turnamen besar di sepak bola. Bersama Thailand, ini pertama kalinya buat saya," ia mengungkapkan.

    Thailand merupakan tim tersukses di SEA Games. Tim dari Negeri Gajah Putih itu sudah mengoleksi 15 medali emas sejak ajang ini mulai dihelat tahun 1959.

    Bahkan, Thailand pernah mencatat rekor dengan meraih tujuh medali emas secara beruntun dari SEA Games Chiang Mai 1995 sampai SEA Games Nakhon Ratchasima 2007.

    Video Populer

    Foto Populer