Sukses


    Kisah Triady Sabet Emas Berkat Ganti Gaya Renang

    Bola.com, Kuala Lumpur - Penantian perenang Triady Fauzi Sidiq meraih medali emas SEA Games 2017 terwujud setelah memenangi nomor 200 meter gaya ganti putra di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Kamis (24/8/2017). Menurut Triady, hasil apik tersebut tak lepas dari keputusan pindah nomor renang yang lebih menjanjikan medali emas.  

    Triady sebelumnya merupakan salah satu atlet renang andalan Indonesia pada nomor gaya bebas. Dia memilih pindah haluan ke nomor 200 meter gaya ganti karena melihat peluang meraih medali emas lebih besar.

    Perenang asal Tasikmalaya itu menjadi yang tercepat dengan catatan 2 menit 1,72 detik. Dia unggul atas perenang Singapura, Sheng Jun Pang, yang mencatatkan waktu 3 menit 2,06 detik dan berhak mendulang medali perak. 

    "Perasaan saya senang sekali. Akhirnya, target tercapai, saya memang dipersiapkan di 200 meter gaya ganti sejak awal tahun," kata Triady setelah lomba.

    "Kalau ada peluang di gaya lain kenapa tidak.  Saya awalnya fokus di nomor gaya bebas 50 meter dan 100 100 meter. Setelah dilihat-lihat pelatih ternyata peluang lebih besar pada 200 meter meter gaya ganti. Jadi saya di 200 mainnya," ujar perenang berusia 26 tahun tersebut.

    Triady menambahkan medali emas tersebut diraihnya dengan susah payah. Dia harus kejar-kejaran dengan Sheng Jun.

    "Pas gaya dada lebih yakin bisa nyusul, dorongan ke air sudah lumayan bagus. Tapi, saya sempat kendor di punggung dan pas dada saya coba tingkatkan lagi. Akhirnya saya maksimalkan di gaya bebas yang terakhir," kata Triady. 

    Sebelumnya, Triady Fauzi Sidiq juga telah meraih medali perak pada nomor 50 meter gaya kupu-kupu SEA Games 2017. Dia gagal bersaing dengan perenang Singapura, Joseph Schooling, yang sukses merebut medali emas pada nomor ini. 

    (Laporan Jurnalis Liputan6.com, Cakrayuri Nuralam, dari Kuala Lumpur, Malaysia)

     

    Video Populer

    Foto Populer