Sukses


Menpora Revisi Target Emas Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyesuaikan target perolehan medali emas di SEA Games 2019 di Filipina. Pemerintah hanya mematok target kontingen Merah Putih meraih 45 medali emas, dari awal 51 emas.

"Maka setelah saya pastikan pada CdM (ketua kontingen) tadi, kira-kira kita sekitar 45 emas, lebih dibanding perolehan kita pada di SEA Games Kuala Lumpur yakni 38 emas, kita di peringkat lima," ungkap Zainudin dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Kamis, 14 September 2019.

Penurunan target perolehan medali emas SEA Games 2019, kata Zainudin, setelah menghitung margin of error. Ia pesimistis bisa menembus target awal di atas 50 medali emas karena tidak bertanding di Indonesia.

"Hal-hal non-teknis yang tidak kita duga, kita tidak perkirakan sebelumnya bisa saja muncul di lapangan nanti," ungkap menteri yang juga politisi Partai Golkar tersebut.

Menpora Zainudin Amali memastikan kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games Filipina 2019 akan berjuang untuk memperbaiki peringkat lebih baik dari hasil di SEA Games Malaysia 2017 lalu dan akan menyiapkan bonus total sebesar Rp 8 miliar.

Seperti diketahui skuat Merah-Putih untuk SEA Games Filipina sebanyak 1.297 orang, 837 orang di antaranya adalah atlet dengan komposisi 60% atlet junior dan 40% atlet senior.

"Kita mengirimkan 837 atlet untuk mengikuti 51 cabang olahraga dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan," ujar Menpora.

 

2 dari 2 halaman

Posisi Tiga Besar

Pada rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR pada 13 November silam, Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, mengatakan bahwa target di SEA Games 2019 minimal 51 emas. "Nanti pada saat SEA Games di Filipina target aspek rangking minimal lebih baik dari SEA Games sebelumnya," kata Gatot.

Ia menyebutkan kontigen Indonesia lebih realitis untuk tidak mematok peringaat di tiga besar. Indonesia juga lebih banyak mengirimkan atlet muda supaya bisa menambah jam terbang di kejuaraan internasional.

"Target utama di Olimpiade dan Asian Games," ungkap Gatot.

Pekan lalu dalam rapat kerja bersama Komisi X DRP, Ketua Kontigen Indonesia, Harry Warganegara, mengatakan bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah melakukan pemetaan untuk bisa mematok jumlah medali emas yang bisa diraih. Ia menyebutkan memiliki tim monitoring dan evaluasi serta tim asitensi data.

Menurut dia, berdasarkan referensi dan hasil kajian telah ditetapkan 54 medali emas yang bisa diraih di SEA Games 2019. Hasil pemetaan itu sudah tertera nama cabang olahraga, nomor yang diperlombakan serta nama atlet. "Tentu kita berharap tidak terlalu banyak margin error dengan dukungan seluruh pihak bakal mendekati," katanya.

Hendro Yap Si Raja Jalan Cepat Lengkapi Medali Emas Keempatnya di SEA Games 2019

Video Populer

Foto Populer