Sukses


Sistem Keamanan SEA Games 2019 Filipina Diklaim Sudah Sempurna

Bola.com, Jakarta - Philippine National Police (PNP) mempersiapkan 27.440 personil untuk amankan SEA Games 2019 Filipina. Multievent dua tahunan yang diselenggarakan dari 30 November hingga 11 Desember 2019.

“Jelang SEA Games ke-30, kami mempersiapkan dengan baik untuk pesta olahraga se-ASEAN tersebut. Kami sudah mulai mempersiapkannya sejak tahun lalu,” kata Letnan Jenderal Archie Francisco Gamboa, Ketua PNP.

Gamboa mengatakan bahwa 20.000 personel tambahan dari berbagai lembaga dipersiapkan untuk membantu kinerja PNP dalam mengamankan SEA Games 2019. Pelatihan kepada anggota PNP dan personel tambah terus dilakukan demi lancarnya pagelaran event dua tahunan tersebut.

“Kami terus berlatih dan menyempurnakan semua sistem dan prosedur untuk suksesnya acara ini. Kami telah membentuk sistem cadangan untuk mengatasi hal yang tak diinginkan,” tambah Gamboa.

Secara rinci, 18.105 polisi ditempatkan di Metro Manila, 6.554 berada di Luzon Pusat, 1.865 di Luzon Selatan, dan 916 di La Union. Personel polisi juga akan dikerahkan di beberapa tempat lainnya sekitar New Clark City, Metro Manila, Laguna, Tagaytay, Subic, dan Bulacan selama SEA Games 2019.

 

2 dari 2 halaman

Tetap Siaga

Menteri Pertahanan, Delfin Lorenzana, mengatakan bahwa hal yang tidak diinginkan selama pagelaran SEA Games 2019 tidak mungkin terjadi. Sebab, pihak berwenang telah melakukan pencegahan demi lancarnya SEA Games tahun ini.

“Walau kami tidak melihat ancaman tersebut, tetapi pencegahan harus tetap dipersiapkan. Kita semua tanpa lelah mempersiapkan event penting ini,” ujar Lorenzana.

Terakhir kali Filipina menjadi tuan rumah SEA Games pada tahun 2005. Jika sesuai rencana, upacara pembukaan SEA Games akan dilaksanakan pada 30 November di Philippine Arena, Bulacan. (Bola.com/Tegar Juel)

Sumber: Manila Times

Video Populer

Foto Populer