Sukses


    Timnas Cabor Menembak SEA Games 2019 Fokus Benahi Mental dan Adaptasi

    Bola.com, Jakarta - Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) memastikan persiapan atlet untuk SEA Games 2019 Filipina sudah mencapai 90 persen. Fokus persiapan kini dialihkan ke penguatan mental dan adaptasi lingkungan.

    Menembak menjadi satu di antara cabang olahraga (cabor) yang diandalkan mampu meraih emas pada SEA Games 2019. Sayang, persiapan atlet terhambat karena mahalnya biaya pajak impor peluru dan buruknya infrastruktur cabor menembak di Filipina.

    Akan tetapi, Fitrian Yudit Swandarta selaku Sekretaris Jendral Perbakin menegaskan persiapan teknis para atlet peserta SEA Games 2019 sudah optimal. Sport intelegent jga sudah disiapkan.

    "Secara teknik, persiapan sudah optimal. Kini, tinggal masalah mental, psikologi, dan penyesuaian lapangan di sana," ujar Fitrian.

    "Sudah 90 persen, pokoknya secara teknik dan lain-lainnya kita sudah siap. Nanti kita juga sudah menyiapkan sport intelegent," tambahnya.

    Meskipun menemui kendala, cabor menembak mampu memenuhi target perolehan medali SEA Games 2019 Filipina. Hal itu diungkapkan Menpora Zainudin Amali saat meninjau langsung persiapan atlet menembak di Lapangan Tembak, Senayan.

    "Kita optimistis cabang olahraga menembak ini bisa mendulang emas. Dari penjelasan manajer mau pun pelatih, sepintas melihat performa atlet kita, mereka bisa menyumbangkan emas untuk Indonesia," tambah Zainudin.

     

    2 dari 2 halaman

    Miris dengan Infrastruktur di Filipina

    Selain terkendala masalah biaya impor peluru, Perbakin juga menyoroti venue cabor menembak SEA Games 2019 di Filipina. Menurutnya, kondisi infrastruktur di sana jauh dari kata layak.

    "Karena di sana bekas lapangan marinir, pernah dipakai SEA Games 1988, dan saya sudah ke sana, kondisinya jauh berbeda. Tidak ada kata mewah, tidak ada kata layak," keluh Fitrian.

    Untuk penyesuaian lebih cepat, sebanyak 16 atlet diberangkatkan lebih awal ke Filipina. Ini dilakukan juga untuk adaptasi lingkungan.

    "Ada 16 atlet yang berangkat lebih awal di nomor PPC (Police Practical Championship) tembakan pakai kaliber 9mm," pungkas Fitrian.

    Sumber: Antara

    Video Populer

    Foto Populer