Sukses


    Timnas Triathlon Targetkan Lima Medali di SEA Games 2019

    Jakarta - Cabang olahraga triathlon kembali akan dipertandingkan di SEA Games 2019. Ini menjadi kali keempat triathlon diperlombakan setelah pada 2005, 2007 dan 2015. Timnas Triathlon juga akan ambil bagian dan menargetkan membawa pulang lima medali.

    Timnas Triathlon Indonesia akan menurunkan empat atlet di Filipina yakni Jauhari Johan (32), Eva Desiana (29), M.Ahlul Firman (21), dan Nethavani Octarina (18). Ini akan menjadi kali pertama, timnas Triathlon Indonesia mengikuti kejuaraan kualifikasi Olimpiade 2024 di luar negeri, setelah tahun lalu berlaga di Asian Games 2018.

    Dari keempat atlet yang akan bertarung di SEA Games 2019, Jauhari Johan diharapkan bisa menyumbang medali emas. Sedangkan sisanya diproyeksikan membawa pulang perak.

    "Berdasarkan data yang ada, Jauhari Johan dan Eva Desiana berpeluang meraih medali emas dan perak di Duathlon. Di Triathlon, Ahlul Firman dan Nethavani masing-masing berpotensi meraih medali perak, dan untuk mixed relay kita harapkan bisa mendapat medali perak.” kata manager dari timnas Triathlon, Akbar Nasution saat Latihan Gabungan di Rocca Space, Senayan.

    Demi mewujudkan merebut lima medali di SEA Games 2019, timnas Triathlon sudah berlatih keras. Mereka sebelumnya melakukan latihan khusus di Pelatnas Bandung dan Camp Jasalindo Malang.

    "Persiapan kami sudah oke, yang utama adalah menyiapkan mental. Lawan terberat saya perkirakan datang dari tuan rumah Filipina. Mereka sudah mengetahui rutenya," kata Jauhari Johan.

    Ahlul Firman yang sebelumnya menjadi satu-satunya atlet yang diturunkan dalam nomor triathlon putra Asian Games 2018 optimis hasil SEA Games akan lebih baik.

    "Kali ini persiapan saya lebih matang. Sejak berlaga di tahun lalu, saya memang sudah menargetkan akan bawa pulangmedali di SEA Games 2019," ujarnya.

    2 dari 2 halaman

    Olimpiade 2024

    Olimpiade 2024 adalah target utama dari timnas triathlon dan saat ini tim tengah berupaya mengumpulkan poin. "Saya ingin bisa berlaga di Olimpiade. Ingin menjadi atlet triathlon pertama Indonesia yang tampil di Olimpiade," kata Ahlul.

    SEA Games 2019 dijadwalkan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember. Sedangkan untuk cabang olahraga Triathlon akan digelar pada 1-4 Desember 2019.

    "Dengan manajemen baru Federasi Triathlon Indonesia, kita akan sinergikan semua elemenkomunitas, pembina, atlet, dan organisasi demi tujuan jangka panjang Triathlon Indonesiamenuju Olimpiade 2024," ujar Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia, Mayor Jenderal TNI Joko Warsito.

     

    Sumber asli: Antara

    Disadur dari: Liputan6.com (Thomas, Published 25/11/2019)

    Video Populer

    Foto Populer