Sukses


    SEA Games 2019: Persani Bantah Mencoret Atlet Senam Artistik karena Faktor X

    Bola.com, Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) membantah telah memulangkan atlet senam artistik, Shalfa Avrila Siani dari skuat SEA Games 2019, karena faktor x.

    Ketua PB Persani, Ita Yuliati Irawan mengatakan, Shalfa dikeluarkan dari tim karena prestasi yang tidak memenuhi kriteria. Shalfa digantikan oleh Yogi Novia Ramadhani.

    "Di nomor artistik putri ada empat atlet yaitu Rifda, Amalia, Titalia, Tasya, dan Mutia. Saat kejuaraan di Doha, Tasya mengalami cedera sehingga Shalfa dipanggil menggantikan. Lalu menjelang entry by name, dari hasil Kejurnas, pencapaian Shalfa menurun drastis ke peringkat 37, sementara Yogi di peringkat ketiga," kata Ita dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, dikutip dari Antara.

    Atas dasar itulah, PB Persani melakukan promosi-degradasi dengan mengganti Shalva dengan Yogi.

    Ita juga meluruskan adanya rumor bahwa Shalfa dicoret karena masalah keperawanan. Namun, Ita tak memastikan apakah ada tes keperawanan atau tidak dalam memilih atlet yang diberangkatkan ke SEA Games.

    "Mohon maaf kami tidak bisa menanggapinya saat ini. Kami tidak tahu apakah tes (keperawanan) itu dilakukan atau tidak. Yang jelas kami memilih atlet untuk SEA Games 2019 berdasarkan prestasi," kata Ita.

    2 dari 2 halaman

    Respons Keluarga

    Pencoretan Shalva dari anggota senam artistik Indonesia SEA Games 2019 membuat orang tua atlet asal Kediri itu kecewa berat. Pasalnya, alasan pencoretan tidak masuk akal dan mempermalukan atlet.

    Ayu mengungkapkan, alasan Shalfa dipulangkan, di antaranya sering keluar malam dan sudah tidak perawan.

    "Tidak ada surat pemberitahuan, langsung disuruh ambil saja," kata Ayu Kurniawati, dikutip dari Antara.

    Pihak keluarga Shalfa langsung memeriksakan anaknya ke Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. Hasil tes menyimpulkan selaput dara Shalfa masih utuh. "Tetapi pelatih meragukan hasil itu. Katanya harus dites lagi di Rumah Sakit Petro," katanya.

    Sumber: Antara 

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina di dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer