Sukses


    Momen Bersejarah Manny Pacquiao Menyalakan Obor SEA Games 2019

    Bulacan - SEA Games 2019 di Filipina sudah resmi dimulai. Setelah, Presiden Filipina Rodrigo Duterte membuka acara di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu malam (30/11/2019), kejuaraan multi-event se-Asia Tenggara ke-30 ini ditandai dengan penyalaan obor turnamen.

    Petinju terkenal Manny Pacquiao bertugas untuk menyalakan obor. Pria berjuluk Pacman ini menyalakannya bersama petinju wanita Filipina, Nesthy Petecio. Api akan dinyalakan di atas menara yang tingginya mencapai 50 meter.

    SEA Games 2019 akan berlangsung selama 12 hari kedepan, dari 30 November 2019 hingga 11 Desember 2019. Event ini diikuti 11 negara melombakan 529 nomor dari 56 cabang olahraga dan venue pertandingan tersebar di 15 kota di Filipina.

    Sebelumnya, acara diawali laporan dari Ketua Panitia Pelaksana SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC), Alan Peter Cayetano dan Presiden Komite Olimpiade Filipina (POC), Abraham Tolentino.

    Alan Peter Cayetano mengatakan bahwa penyelenggaraan SEA Games 2019 mengusung tema besar bertajuk “We Win As One” Sementara, Abraham Tolentino menjanjikan pagelaran kali ini akan menjadi yang terbaik.

    2 dari 3 halaman

    Defile Peserta

    Prosesi pembukaan diawali dengan pagelaran kolosal tari-tarian dari suku-suku yang ada di Filipina. Selain tari, tampil pula seni bela diri khas negara tersebut yang dibawakan puluhan orang.

    Selepas pagelaran tari-tarian, acara dilanjutkan dengan defile peserta SEA Games 2019, yang diawali rombongan Brunei Darusallam, kemudian Kamboja. Indonesia ada di urutan ketiga peserta parade.

    3 dari 3 halaman

    Pakaian Tradisional

    Kontingen Indonesia yang mengenakan baju tradisional Tanah Air mendapat sambutan meriah dari penonton. Aktris Filipina, Megan Young, memimpin arak-arakan kontingen Indonesia. Sedangkan, pembawa bendera Merah Putih adalah atlet polo air putra Indonesia, Ridjkie Mulia.

    Defile peserta SEA Games 2019 dilanjutkan dengan kontingen Laos, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam. Dan peserta terakhir adalah kontingen tuan rumah Filipina, yang langsung mendapat sambutan meriah dari penonton, termasuk Presiden Duterte yang didampingi Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

    Sumber: Liputan6.com

    Disadur dari: Liputan6.com (Achmad Yani Yustiawan/Jonathan Pandapotan Purba, published 30/11/2019)

     

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina di dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer