Sukses


    SEA Games 2019: Dua Atlet Indonesia Tinju Lolos ke Final

    Bola.com, Manila - Dua petinju Indonesia yakni Kornelis Kwangu Langu dan Endang melaju ke babak final SEA Games 2019 setelah mengalahkan lawan-lawannya dalam pertandingan yang digelar di Philipine International Convention Centre (PICC) Manila, Filipina, Jumat (6/12/2019).

    Tampil di semifinal kelas Layang Ringan (46-48kg) putra SEA Games 2019, Kornelis Kwangu Langu tampil agresif. Dia tidak memberikan petinju Kamboja, Rangsey Sao mengembangkan permainannya dan cukup banyak pukulan telak yang dilepaskannya.

    "Ya, saya memang sengaja tampil agresif dan tidak memberikannya ruang pukul agar permainannya tidak berkembang. Saya senang bisa tampil di babak final," kata Kornelis yang ditemui usai pertandingan.

    Di final, Kornelis akan menghadapi petinju tuan rumah, Filipina, Carlo Paalam yang menyingkirkan petinju Malaysia, Moh Redzuan Muhammad Fuad dengan skor 5-0.

    Sukses Kornelis diikuti petinju putri, Endang yang juga turun di kelas Layang Ringan (45-48kg) putri. Dia sukses mengalahkan petinju Myanmar Aye Nyien Htoo dengan skor 5-0.  Di final, Endang akan menghadapi petinju Josi Gabuco (Filipina) yang menang atas Diem ieu Trinh Thi (Vietnam) dengan skor 5-0.

    Sementara itu, Grece Savon Simangunsong yang turun di kelas Menengah Ringan (69kg) harus puas meraih medali perunggu, Di semifinal, anak mantan petinju nasional, Hendrik Simangunsong ini kalah angka dari petinju Thailand, Wuttichai Masuk.

    Ketua Umum PB Pertina, Jhony Asadoma yang langsung menyaksikan pertandingan mengapresiasi keberhasilan Kornelis dan Endang melaju ke final. Dia berharap kedua petinju mampu mempersembahkan medai emas. "Kita sudah berhasil meloloskan Kornelis dan Endang ke final. Semoga mereka bisa meraih kemenangan di final nanti," katanya.

    Indonesia masih menyisakan dua petinju lagi di babak semifinal yakni Farrand Papendang dan Hasana Huswatun. Farran akan menghadapi petinju Thailand Pidnuch Khunatip (Thailand) di kelas Ringan (60kg) dan Hasana akan bertemu petinju tuan rumah SEA Games 2019, Pasuit Riza di kelas Ringan (60kg) putri.

    2 dari 3 halaman

    Akan Bertarung Habis-habisan

    Petinju andalan Indonesia, Kornelis Kwangu Langu tak rela melepaskan kesempatan untuk meraih medali emas pada SEA Games 2019 Filipina. Bahkan, dia menjanjikan akan bertarung habis-habisan saat menghadapi petinju tuan rumah Filipina, Carlo Paalam dalam laga final yang akan digelar di Philipine International Convention Centre (PICC) Manila, Filipina, Senin (9/12/2019).

    "Pokoknya, saya akan fight habis untuk bisa meraih emas. Dan, saya juga memahami bahwa untuk meraih kemenangan menghadapi petinju tuan rumah harus menang angka mutlak," kata Kornelis Kwangu Langu yang ditemui di Philipine International Convention Centre (PICC) Manila, Filipina, Jumat (6/12/2019).

    Di SEA Games 2019 Filipina, Kornelis tampil untuk yang ketiga kalinya. Di SEA Games Myanmar 2013, dia meraih perak. Kemudian, meraih emas pada SEA Games Singapura 2015 dan kalah di babak penyisihan pada SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia 2017.

    "Ini penampilan saya yang keempat kalinya di SEA Games. Dan, saya ingin mengulang sukses empat tahun lalu," tegas ayah dua anak ini.

    Bagi pria kelahiran Sumba, Nusa Tenggara Timur, 3 Agustus 1990 ini bukan yang pertama kali menghadapi petinju Filipina. "Saya memang belum pernah ketemu Carlo. Namun, saya sudah empat kali bertemu dengan petinju Filipina dan saya sudah mengenal karakternya. Mudah-mudahan saya bisa mengatasinya," ujar suami Friskanty Ompusunggu Aritonang.

    Petinju sasana Adi Swandana Boxing Camp ini mengaku telah menjadi pegawai di Kemenpora atas prestasi yang dicapainya di dunia olahraga. "Saya ditugskan di bidang Analis Keolahragaan. Karena, saya masih atlet jadi tetap latihan dan tidak diwajibkan ke kantor Kemenpora," katanya.

    3 dari 3 halaman

    Kabar Langsung dari Filipina

    Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina di dengan mengklik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer