Sukses


Datang ke Pengadilan, Messi Terancam Masuk Penjara 22 Bulan

Bola.com, Barcelona - Ikon Barcelona, Lionel Messi, bersama sang ayah, Jorge Horacio Messi, datang ke pengadilan Spanyol. Keduanya hadir dengan membawa beberapa bukti yang menjelaskan kalau mereka tak terlibat dalam penggelapan pembayaran pajak atas hak cipta Sang Messiah.

Seperti dirilis BBC dan Football Espana, Messi, dengan bantuan sang ayah, diduga melakukan tindakan penggelapan pajak kontrak komersiil pada periode 2007-2008. Nilai yang dituduhkan mencapai angka 4 juta pounds atau sekitar Rp 80 miliar.

Bukti yang sudah ditunjukkan tim jaksa pengadilan Barcelona adalah beberapa megakontrak Messi dengan perusahaan besar. Perjanjian yang dipermasalahkan antara lain kontra dengan Banco Sabadell, Danone, Adidas, Pepsi-Cola, Procter and Gamble dan Kuwait Food Company.

Akibat dari dugaan tindakan tak terpuji itulah, Messi mendapat ancaman hidup di penjara selama 22 bulan. Pada persidangan tersebut, lebih dari 200 jurnalis datang di kantor pengadilan Barcelona tersebut.

Seperti dirilis Sport.es, dokumen Panama mengungkapkan keterlibatan Messi dan sang ayah dalam pembentukan jaringan penipuan pajak. Keduanya diduga menggunakan perusahaan asal Panama, yakni Mega Star Enterprise, sebagai medium untuk 'lari' dari kewajiban membayar pajak. Pajak yang dimaksud berkaitan dengan hak komersiil dan hal citra dari Messi.

Proses yang diduga dilakukan Messi dan Jorge, tergolong berliku. Sebelum berhenti di Mega Star Enterprise, keduanya menggunakan jasa perantara dari perusahaan lain yang berasal dari Uruguay.

Setelah itu, perusahaan asal Uruguay ini menggunakan jasa firma pengelolaan uang dan asset asal Kosta Rika. Nah, pihak terakhir inilah yang memasukkan dana Messi dan Jorge ke Mega Star Enterprise, yang ujung-ujungnya bisa mengurangi atau bahkan meniadakan kewajiban pembayaran pajak atas hak komersiil dan hak citra Messi.

Pihak keluarga sudah melakukan bantahan atas segala tuduhan yang tertera di dokumen Panama Papers. Kubu Barcelona juga mengaku akan memberikan dukungan penuh pada Messi, agar kasus yang menjeratnya bisa segera selesai, dan La Pulga bebas dari tuntutan hukum yang bisa membuatnya mendekam di balik jeruji besi penjara.

"Kami mendukung penuh langkah keluarga. Manajemen juga sudah menyatakan dukungan sejak kali pertama Panama Papers muncul. Kami akan menyiapkan semuanya," tulis kubu Barcelona. Berdasar peringkat Forbes, Lionel Messi memiliki penghasilan 74 juta dolar AS atau lebih dari Rp 1,1 triliun sepanjang tahun 2015. Penghasilan dari gaji dan kegiatan komersiil tersebut membuat Messi berada di peringkat ke-13 daftar selebriti dengan penghasilan terbesar tahun lalu.

Sumber: Football Espana, BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer