Sukses


Perusahaan Jepang Jadi Sponsor Utama Barcelona

Bola.com, Barcelona - Barcelona dikabarkan Marca pada Rabu (16/11/2016), menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Jepang, Rakuten, yang akan menjadi sponsor utama klub mulai musim 2017-2018.

Rakuten didaulat menjadi pengganti Qatar Airways yang sudah menjadi sponsor utama Barcelona sejak musim 2011-2012. Perjanjian kerja sama ini membuat Rakuten akan terpampang di seragam Barcelona hingga musim 2021-2022.

Dari hasil kerja sama tersebut, Barcelona meraup keuntungan 60 juta euro atau sekitar Rp 867 miliar per musim. Dengan demikian, secara keseluruhan Barcelona mendapatkan keuntungan 300 juta euro atau setara Rp 4,3 triliun dalam kerja sama berdurasi lima tahun.

Nilai kerja sama ini dua kali lipat dari yang pernah dijalin dengan Qatar Airways. Pada kerja sama dengan sebelumnya, Barcelona meraup keuntungan senilai 150 juta euro selama lima musim.

Rakuten merupakan perusahaan internet dan perdagangan elektronik yang berbasis di Tokyo, Jepang. Perusahaan tersebut didirikan pada 7 Februari 1997.

Kerja sama ini tentunya akan membuat nama Rakuten meroket. Pasalnya, Barcelona saat ini dianggap sebagai klub terbaik dunia dan satu di antara klub yang memiliki basis pendukung terbesar di dunia.

Sumber: Marca

 

Video Populer

Foto Populer