Sukses


5 Masalah Barcelona Setelah Ditahan Real Madrid di Camp Nou

Bola.com — Barcelona dianggap sedang dirudung beberapa masalah setelah bermain 1-1 dengan Real Madrid pada laga lanjutan La Liga, di Stadion Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Hasil itu pun membuat jarak Barcelona dengan Real Madrid di klasemen sementara semakin jauh. 

Barcelona sempat memimpin lebih dulu melalui gol Luis Suarez pada menit ke-59. Namun, skuat asuhan Luis Enrique harus memupus asa meraih poin penuh setelah Sergio Ramos menorehkan gol, sekaligus mengubah skor menjadi 1-1 pada masa injury time babak kedua. 

Hingga pekan ke-14, Barcelona masih berada di peringkat kedua klasemen sementara La Liga dengan poin 28. Sementara itu, Real Madrid kian kukuh di puncak klasemen dengan perolehan poin 34. 

Berikut ini adalah lima hal yang terlihat menjadi masalah dalam skuat Barcelona setelah menghadapi Real Madrid: 

1. Kiper

Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen. (AFP).

Selama dua musim terakhir, kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen berjuang mendapatkan status kiper nomor satu dengan Claudio Bravo. Padahal, Claudio Bravo, sebelum dijual ke Manchester City, dianggap sebagai salah satu kiper yang cocok menjadi pengganti Victor Valdes. 

Setelah Claudio Bravo hijrah, Ter Stegen pun didaulat menjadi kiper utama Barcelona. Namun, kiper asal Jerman itu ternyata dianggap belum membuktikan kemampuannya. Apalagi, dalam beberapa pertandingan terakhir, Ter Stegen kerap melakukan blunder yang berujung keuntungan bagi klub lawan. 

2 dari 3 halaman

Javier Masherano

2. Javier Mascherano

Javier Mascherano sempat dianggap sebagai solusi tepat untuk mengatasi persoalan di lini barisan belakang Barcelona. Namun, di usia 32 tahun, Barcelona mau tidak mau harus segera mencari pengganti Mascherano yang belakangan ini mulai sering melakukan kesalahan elementer.

Pada musim panas 2016, Barcelona sudah merekrut Samuel Umtitit. Namun, Barcelona harus mengatasi permasalahan Umtiti yang sering mengalami cedera. Andai bisa terus menjaga kondisi sang pemain untuk tetap fit, Umtiti akan menjadi partner bagus bagi Gerard Pique.

3. Bek kanan

Pada musim ini, Aleix Vidal baru dua kali memperkuat Barcelona, yakni saat melawan Sevilla pada leg kedua Piala Super Spanyol dan melawan Deportivo Alaves di ajang La Liga Spanyol. (AFP/Lluis Gene)

Masalah pada bek kanan kiranya sama seperti persoalan yang dihadapi Barcelona untuk posisi bek tengah. Setelah ditinggal Dani Alves, yang hijrah ke Juventus, posisi bek kanan terkadang menjadi celah yang dimanfaatkan lawan untuk masuk ke kotak penalti lawan.

Barcelona sebenarnya sudah memiliki Aleix Vidal. Namun, sang pemain sejauh ini hanya kerap duduk di bangku cadangan. Pelatih Luis Enrique lebih sering memainkan Sergi Roberto yang dianggap cukup memiliki kemampuan baik dalam hal menyerang ketimbang Vidal.

3 dari 3 halaman

Lini Tengah

4. Lini tengah

Dalam beberapa musim terakhir, Sergio Busquets dan Andres Iniesta tidak tergantikan di lini tengah Barcelona. Namun, setelah kehadiran Ivan Rakitic, pelatih Luis Enrique dinilai membuat beberapa keputusan yang dianggap kurang tepat, khususnya pada laga besar.

Saat menghadapi Real Madrid, misalnya, keputusan Enrique untuk mencadangkan Andres Iniesta dan lebih memilih memainkan Andre Gomes dipertanyakan. Pada babak kedua, setelah menilai Ivan Rakitic tidak maksimal, Enrique pun baru memasukkan Iniesta.

5. Cadangan

Striker baru Barcelona, Paco Alcacer menyapa suporter Barca. Alcacer dibeli La Blaugrana dari Valencia dengan nilai transfer yang diperkirakan 30 juta euro atau sekitar Rp 442,51 miliar. (AFP/Lluis Gene).

Masalah kedalaman skuat saat ini juga dianggap sebagai salah satu persoalan yang sedang dihadapi Barcelona. Sebut saja kehadiran Paco Alcacer yang sejauh ini sudah melakoni sembilan pertandingan, namun belum pernah sama sekali menorehkan gol ke gawang lawan.

Sementara itu, Munir El Haddadi, yang sedang dipinjamkan ke Valencia, sudah menorehkan tiga gol, bahkan salah satunya ke gawang Barcelona. Demikian halnya dengan Sandro, yang dilepas ke Malaga, saat ini sudah mencetak enam gol untuk klub barunya tersebut.

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga

Video Populer

Foto Populer